Search Cars

Travel & Lifestyle

Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Berapa tarif tol Jakarta Semarang untuk menikmati keindahan pariwisata di Jawa Tengah? Yuk, cari tahu sebelum rencanakan liburan!

tarif tol jakarta semarang

Tarif tol Jakarta Semarang via tol Trans Jawa perlu disiapkan ya sebelum memulai rencana berlibur akhir tahun.

Untuk diketahui, ada banyak lokasi wisata di daerah Semarang yang bisa dijadikan destinasi liburan untuk seluruh keluarga.

Mulai dari wisata pantai, pegunungan sampai wisata sejarah semuanya tersebar lengkap di Semarang, Ungaran, Bantul dan daerah lain di sekitarnya. 

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Biar tidak bingung, Yuk cari tahu berapa tarif tol Jakarta Semarang yang perlu kamu siapkan untuk berkunjung ke lokasi wisata Semarang. 

Tarif tol Jakarta Semarang

tarif tol jakarta semarang

Untuk mencapai wilayah Jawa Tengah, disarankan menempuh rute melalui jalan tol Trans Jawa. Jarak tempuh dari Ibukota ke Kota Lumpia itu sekitar 442 kilometer. 

Rute pertama dimulai dari ruas tol Jakarta Cikampek dengan panjang 72 kilometer. Tarif tol untuk kendaraan golongan I (mobil sedan, jip, minibus dan sejenisnya) adalah Rp20.000.

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Ruas tol berikutnya dalam skema tarif tol Jakarta Semarang adalah ruas Cikopo Palimanan (Cipali) sepanjang 116 kilometer. Tarif untuk Golongan I adalah Rp107.500.

Berikutnya masuk ke ruas tol Palimanan Kanci dengan jarak pendek, sekitar 26,3 kilometer. Tarifnya adalah Rp20.000.

Setelah itu akan masuk ruas tol Kanci Pejagan. Skema tarif tol Jakarta Semarang di ruas ini adalah Rp14.000 untuk jarak 35 kilometer.

Baca juga: Pertama, Indonesia Miliki Terowongan Terpanjang di Tol Cisumdawu

Usai melewati ruas tol ini, kamu akan memasuki ruas Pejagan Pemalang dengan panjang 57.6 kilometer. Tarif mobil golongan I yang dikenakan adalah Rp60.000.

Berikutnya masuk ke ruas Pemalang Batang dengan jarak tempuh 39,19 kilometer. Tarifnya adalah Rp40.000. 

Ruas tol terakhir dalam skema tarif tol Jakarta Semarang adalah ruas Batang Semarang dengan panjang 75,6 kilometer. Tarif golongan I yang dikenakan adalah Rp86.000.

Baca juga: Batas Kecepatan Maksimal di Tol, Awas Kena Tilang!

Total tarif tol Jakarta Semarang yang diperlukan adalah Rp347.500. Agar terhindar dari masalah saldo e-money kurang, sebaiknya kamu menyiapkan Rp500.000 untuk sekali perjalanan. 

Wisata Semarang 

tarif tol jakarta semarang

Beberapa destinasi wisata Semarang dapat menjadi tujuan liburan. Apa saja lokasi wisata tersebut?

  • Lawang Sewu. Ini adalah gedung kuno peninggalan kolonial yang menjadi primadona wisata Semarang. Lawang Sewu artinya Pintu Seribu, karena bangunan ini menampilkan banyak daun pintu besar di dalamnya.
  • Klenteng Sam Po Kong. Klenteng yang berlokasi di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat. Ini tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana China beragama Islam yang dikenal bernama Cheng Ho.
  • Watu Gunung. Buat kamu yang suka pemandian, ini tempatnya berlokasi Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Suasananya yang sejuk, tenang dan jauh dari hingar bingar perkotaan cocok untuk healing.
  • Sabana Rawa Pening. Spot wisata ini merupakan danau yang mengering, ditumbuhi tanaman liar mirip sabana. Jika cerah kamu bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Telomoyo, Merbabu, dan perbukitan Ungaran.
  • Pagoda Avalokitesvara. Beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Bangunan yang berdiri sejak 1955 ini punya tinggi 45 meter dan dipenuhi lampu hias di waktu malam.
  • Ayana Gedong Songo. Berlokasi di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, lokasi ini menawarkan beragam spot cantik yang Instagramable. Sebut saja tempat duduk unik di tengah kolam, bubble tent dan hammock.
  • Curug Lawe. Bagi yang menyukai mandi di air terjun, bisa berkunjung ke sini. Tiket masuknya hanya Rp4.000 dan kamu bisa mandi sepuasnya!
  • Pantai Marina. Penggemar pantai bisa kunjungi lokasi ini di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang. Ciri khasnya dikelilingi oleh batu-batu alami sehingga menciptakan keindahan tersendiri. 
  • Kota Tua Semarang. Daerah ini identik dengan cagar budaya bangunan era kolonial. Selain itu kuliner sekitar Kota Tua Semarang juga patut dicoba saat kamu liburan ke sana. 

Wisata kuliner Semarang

kuliner semarang loenpia

Kurang lengkap rasanya berwisata tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Beberapa destinasi kuliner khas yang wajib dicoba saat wisata Semarang misalnya Nasi Koyor Kota Lama, Nasi Goreng Pak Karmin, atau Toko Oen.

Penyuka olahan daging kambing, wajib mampir ke Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, dan Sate Gule Kambing 29

Bagi para penyuka kuliner peranakan, boleh coba Lunpia Mba Lien, Tio Ciu Sedap Mantap, mie dan kwetiau Xi Huan Lai, Ciak Bak Wotgandul, Hap Kie Chinese Resto, dan Kedai Babi Seteran.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Setop, Kapan Diberlakukan di Indonesia?

Bagaimana, sudah mempersiapkan liburan ke Jawa Tengah? Jangan lupa menyiapkan kondisi kendaraan agar perjalanan berlangsung lancar dan tanpa kendala ya.

Siapkan juga saldo e-money untuk membayar tarif tol Jakarta Semarang. Selamat mempersiapkan liburan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.