Search Cars

Editor's Pick

Cek Jadwal Buka Tutup Puncak Biar Healing Anti Pusing

Jadwal buka tutup Puncak diberlakukan setiap akhir pekan dan hari libur nasional. Jangan sampai salah, inilah jadwalnya!

jadwal buka tutup puncak

Jadwal buka tutup Puncak memang harus dilakukan untuk menghindari adanya penumpukan mobil-mobil yang ingin kesana. Terutama saat memasuki akhir pekan dimana banyak warga Jakarta yang ingin melakukan wisata dan biasanya menyebabkan kemacetan.

Biasanya terdapat dua jalur dengan dua arah (menuju Puncak dan ke arah Jakarta), namun ketika jam buka tutup Puncak diberlakukan maka hanya terdapat satu jalur atau one way yaitu yang menuju ke arah Puncak saja.

Baca juga: Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Untuk itu, agar tidak salah ketika ingin pergi ke Puncak penting untuk mengetahui jadwalnya.

Jadwal buka tutup Puncak

titik penyekatan puncak

Dikutip dari website TMC Polda Metro Jaya, jadwal buka tutup Puncak secara lengkap adalah:

Hari Sabtu

• Pukul 09:00-11.30 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak. Artinya lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi dialihkan.

• Pukul 15.00 – 17.00 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi. Artinya lalu lintas semua kendaraan yang akan menuju Puncak dialihkan

Hari Minggu

• Pukul 09.00 – 11.30 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak. Artinya lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi dialihkan .

• Pukul 15.00 – 18.00 WIB

Semua kendaraan satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi. Artinya lalu lintas kendaraan yang akan menuju Puncak dialihkan.

Baca juga: Tips Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan

Namun perlu diketahui bahwa aturan buka tutup Puncak ini bisa saja mengalami penyesuaian. Semua itu tergantung pada situasi dan kondisi kendaraan bermotor yang ada di lapangan pada hari H.

Sebagai contoh, pada hari Minggu pihak kepolisian mungkin saja menerapkan one way atau jalur menuju ke arah Jakarta dengan waktu yang lebih lama dari biasanya karena volume kendaraan yang lebih padat dari biasanya.

Rute alternatif Puncak

puncak

Untuk menghindari kemacetan Puncak, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mencari rute alternatif yang bisa dilalui. Buat kamu yang ingin melewati rute alternatif, jika berkendara ke Puncak dari Jakarta bisa melalui daerah Sentul.

Baca juga: Catat, Inilah Kode Pelat Nomor Seluruh Indonesia

Caranya adalah masuk melalui pintu Tol Sentul Selatan, lalu ambil rute yang menuju Babakan Madang atau Perumahan Bukit Pelangi (Rainbow Hill). Rute ini nantinya akan langsung tembus ke Jembatan Megamendung yang sudah berada di area Puncak.

Kemudian dari daerah Megamendung, kamu bisa langsung belok kanan di samping Vimala Hills yang berada setelah area Simpang Gadog lalu ambil rute ke arah Cibedug. Jika sudah sampai di pertigaan Cibedug, ambil  jalur kiri yang menuju Arca Domas.

Dari sana, kamu tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke arah Polsek Megamendung. Disana nantinya, kamu akan melewati beberapa desa seperti Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung, dan Desa Cidokom.

ganjil genap puncak

Jika sudah melewati desa-desa tersebut, kamu akan sampai di desa terakhir yaitu Desa Citeko yang sudah cukup dekat dengan Pasar Cisarua. Dari Pasar Cisarua itu, nantinya kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang dituju.

Baca juga: Fungsi Talang Air Mobil di Musim Hujan, Bukan Cuma Aksesori

Namun, perlu diingat juga bahwa Puncak memiliki kontur jalan yang berkelok-kelok dengan tikungan tajam sehingga harus ekstra hati-hati saat berkendara. Untuk itu, pastikan performa mobil sudah dalam kondisi yang baik.

Jadi, sebelum pergi berwisata di Puncak sebaiknya melakukan servis dan pengecekan mobil di bengkel terlebih dulu ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.