Search Cars

Travel & Lifestyle

Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Cek jadwal ganjil genap Puncak sebelum berniat untuk liburan kesana ya. Jangan sampai salah dan akhirnya healing pun terganggu!

ganjil genap puncak

Ketahui jadwal ganjil genap Puncak yang terbaru, sebelum melakukan liburan kesana agar liburan tidak terganggu. Untuk para pengendara mobil, aturan tersebut bersifat situasional maupun permanen. 

Pemberlakuan aturan ini dilakukan demi pengendalian lalu lintas di daerah Wisata Puncak. Untuk itu, pastikan selalu mematuhi setiap aturan yang sudah ditetapkan karena ada sanksi yang diterapkan yaitu tilang dan denda maksimal Rp 500 ribu. 

Jadi, sebelum berlibur atau mengunjungi Puncak ketahui dulu aturan mengenai ganjil genap Puncak ini ya!

Aturan ganjil genap Puncak

ganjil genap puncak

Aturan ganjil genap Puncak ini ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengatur pengguna jalan yang diperbolehkan melintas di beberapa ruas jalan yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi, terutama saat akhir pekan. 

Baca juga: Perluasan Ganjil Genap, Apa Sanksi Buat yang Melanggar?

Sistemnya adalah mobil dengan pelat nomor ganjil dapat melintasi ruas jalan yang ada di daerah wisata Puncak pada tanggal ganjil. Sedangkan mobil berpelat nomor genap dapat melintasi jalanan di daerah wisata Puncak pada tanggal genap. 

Tidak hanya untuk mengurangi kemacetan, peraturan ini juga diterapkan untuk menekan polusi udara agar terciptanya kualitas udara yang baik di daerah wisata Puncak. 

Titik penyekatan ganjil genap Puncak

titik penyekatan puncak

Terdapat beberapa titik yang diawasi dan memiliki pos pemeriksaan ganjil genap pada jalur menuju Puncak Bogor. Lokasi penyekatan yang ditetapkan oleh pihak berwenang di daerah Puncak Bogor antara lain: 

Baca juga: Daftar Hari Libur 2023, Nasional dan Cuti Bersama

  1. Pos check point gerbang Tol Ciawi 
  2. Pos penutupan arus bendungan
  3. Pos check point Rainbow Hills
  4. Pos check point Pasir Angin
  5. Pos check point pintu gerbang Sirkuit Sentul
  6. Jalur Babakan Madang

Informasi-informasi tersebut berdasarkan Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 yang berisi tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075. 

Jadwal buka tutup Puncak

puncak

Selain aturan ganjil genap, agar kendaraan tidak menumpuk diberlakukan juga jadwal buka tutup Puncak. Berdasarkan informasi dari TMC Polres Bogor, rincian jadwalnya adalah: 

  • Pukul 08.00-12.00 hanya dibuka satu arah ke Jalur Puncak sedangkan jalur ke arah sebaliknya (Jakarta dan Ciawi) ditutup. Kendaraan yang menuju ke arah bawah juga akan dialihkan. 
  • Pukul 13.00-16.00 hanya dibuka satu jalur ke arah bawah (Jakarta dan Ciawi) sedangkan jalur ke arah Puncak ditutup. Kendaraan menuju Puncak akan dialihkan. 

Baca juga: Persiapan Libur Akhir Tahun, Begini Cara Membuat Paspor Terbaru!

Namun jadwal buka tutup Puncak ini bisa saja mengalami perubahan tergantung dari situasi dan kondisi pada saat itu. Misalnya saja, pada hari Minggu pihak kepolisian biasanya menerapkan one way lebih lama karena volume kendaraan yang meningkat. 

Harga vila Puncak

vila puncak

Salah satu daya tarik yang membuat banyak orang mengunjungi Puncak selain tempat wisatanya adalah berbagai penginapan serta vila yang tersedia. Harga vila Puncak dan penginapan di sekitarnya juga sangat beragam. 

Harga vila Puncak yang paling murah untuk satu malam cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Namun, jika ingin mendapatkan pengalaman berlibur yang lebih menyenangkan tentu harus membayar harga vila Puncak dengan lebih mahal. 

Baca juga: SIM Indonesia Bisa Dipakai di Negara Mana Saja Ya?

Beberapa bahkan ada yang ditawarkan sampai Rp 10 juta per malamnya. Tentu fasilitas yang akan didapatkan akan sebanding dengan harga yang harus dibayarkan tersebut. 

Jadi, apakah kamu sudah siap nih untuk menghabiskan waktu libur di akhir pekan nanti untuk ke Puncak? 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.