Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fungsi Talang Air Mobil di Musim Hujan, Bukan Cuma Aksesori

Talang air mobil atau juga dikenal dengan istilah door visor. Apakah berfungsi penting bagi mobil atau sekedar pemanis saja?

talang air mobil

Talang air mobil, komponen tambahan atau aksesori mobil ini masih banyak yang bertanya. Apakah fungsinya penting bagi suatu mobil? Atau sekedar pemanis saja?

Kali ini SEVA akan membahas fungsi talang air mobil atau juga dikenal dengan istilah door visior. Sebelumnya kalian pasti tahu, bagian strip plastik yang menempel di bagian atas jendela mobil.

Tapi itu hanya pendapat sebagian orang, menyangkut aksesoris, masing-masing punya pendapat. Di sini, SEVA akan melihat fungsi dari talang air di jendela atau pintu mobil, pro dan kontra pemakaian dari aksesoris populer ini.

Talang air mobil sebenarnya bukanlah barang baru. Mereka yang sudah memiliki mobil dari pabrikan Jepang sudah tahu sejak awal.

Talang Air Mobil Komponen Fungsional

komponen talang air

Talang air mobil di pintu sebenarnya sudah dianggap sebagai barang fungsional; memilikinya fungsi apabila seseorang membuka jendela mobil sedikit, air hujan tidak masuk ke kabin.

Memang dari  sisi harga komponen ini adalah salah satu barang aftermarket dengan harga paling terjangkau. Setiap kali ada mobil yang sangat sukses di pasar, pemiliknya cenderung pergi ke toko aftermarket untuk menambahkan komponen aksesoris agar lebih personal.

Baca juga: Cek! Ini Tren Aksesoris yang Wajib Ada di Mobil

Di Indonesia ada industri aftermarket yang bervariasi dan tersebar luas. Di mana kalian bisa mendapatkan hampir semua yang kalian inginkan. Salah satu aksesoris aftermarket yang paling umum adalah talang air mobil ini. Fungsinya dikenal sebagai penahan angin atau pelindung hujan.

Komponen ini hanya dibuat dari potongan plastik tembus cahaya atau ada juga yang hitam kelam. Menempel di tepi atas jendela mobil, sekarang hadir dengan beragam nuansa warna mulai dari hitam hingga ornamen krom.

Seperti namanya, komponen ini berfungsi sebagai penutup jendela dari elemen eksternal seperti angin, matahari, dan tentu saja hujan.

Baik karena alasan estetika atau kepraktisan, penggunaannya telah menjadi sangat umum, dan sekarang produsen mobil sendiri mulai menawarkannya sebagai opsi.

Dengan talang hujan yang terpasang, jendela kendaraan dapat diturunkan sedikit saja dan air hujan pun tidak bisa masuk kabin, dan ini juga sangat berguna untuk menghilangkan kabut di interior.

Komponen ini juga bisa sedikit mengurangi sinar matahari langsung yang datang dari samping. Meskipun ada beberapa klaim yang meragukan, bahwa perangkat ini dapat membantu aerodinamis kendaraan.

Padahal aksesoris ini hanya terlihat menarik, ketika dipasangkan dengan warna jendela yang serasi. Aksesoris ini berguna saat AC mobil tidak dingin, dan kalian mau sering buka jendela mobil. Jadi, ketika ventilasi alami dibutuhkan saat berkendara, talang air mobil atau door visor ikut berperan.

Kekurangan

kekurangan talang air

Ada juga yang beranggapan bahwa door visor itu keren, dan bisa mempercantik tampilan mobil. Pada umumnya, penambahan talang air mobil di bagian jendela, dapat menimbulkan atau meningkatkan kebisingan angin.

Selain itu, komponen pelindung hujan ini cenderung berubah warna, selama periode waktu tertentu. Apalagi jika terlalu sering terpapar sinar matahari, setelah itu mulai terlihat murah dan perlu diganti.

Baca juga: Kabin Mobil Bocor Saat Hujan, Cek Yuk Titik Penyebabnya!

Door visor juga bukan bagian dari desain asli mobil mana pun, sehingga aerodinamika yang diperhitungkan dengan tepat akan terpengaruh oleh tambahan komponen ini.

Seperti yang kita semua tahu, coefficient drag adalah musuh dari penghematan bahan bakar, meskipun dalam hal ini, perbedaannya akan kecil.

Terakhir, jika tidak dipasang dengan benar, ada potensi jadi bomerang. Seperti plastik terlepas dari mobil dengan kecepatan tinggi, dan itu tidak baik untuk kalian atau pengguna jalan lainnya.

Biasanya door visor ini jadi salah satu item dalam paket aksesoris. Kalau kalian mau, kalian bisa membayarnya. Sebut saja merek Toyota, Honda, dan banyak merek memiliki visor sebagai add-on.

Apakah kalian suka mobilnya pakai talang air? Memang alat pelindung hujan di mobil ini cukup murah dan berguna.

Tetapi apakah itu harus dimiliki untuk kendaraan kalian, terserah kalian untuk memutuskan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.