Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan

Parkir mobil di tanjakan atau turunan bisa bahaya jika dilakukan asal-asalan. Untuk menghindarinya, ini tips yang bisa dilakukan!

parkir mobil di tanjakan

Parkir mobil di tanjakan atau turunan tentunya akan berbeda ketika parkir di jalanan yang normal atau rata. Hal ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian dari pengendara itu sendiri agar mobilnya kondisinya tetap aman. 

Adanya gaya gravitasi bumi, akan membuat mobil yang diparkir pada jalanan yang menurun atau menanjak akan cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah. Jika tidak berhati-hati saat parkir, mobil bisa saja meluncur ke bawah dan membahayakan orang lain. 

Untuk itu, agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Yuk, langsung cek apa saja yang harus dilakukan: 

1. Tidak parkir mobil di titik blind spot

parkir mobil di tanjakan

Tips pertama yang harus diperhatikan saat parkir mobil di tanjakan atau turunan adalah selalu perhatikan lokasi parkir yang dipilih. Jika kondisinya menurun dan terdapat tikungan, sebaiknya tidak parkir mobil pada area blind spot. 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Area blind spot bisa membuat pandangan menjadi terhalang ketika harus pakir. Pada akhirnya, posisi parkir tidak efektif dan bisa membahayakan. 

2. Aktifkan rem saat parkir mobil di tanjakan

parkir mobil di tanjakan

Saat parkir mobil di tanjakan atau turunan, pastikan rem tangan (hand brake) sudah dalam kondisi aktif. Hal ini bertujuan agar mobil tidak bergerak, baik itu maju ataupun mundur karena bisa mengenai mobil lainnya. 

Sebelum meninggalkan mobil, pastikan rem tangan sudah ditarik dengan kuat dan maksimal karena rem tangan akan bekerja lebih keras untuk menahan roda agar tidak berjalan. 

3. Arahkan roda depan ke arah bahu jalan atau trotoar

arahkan roda

Saat parkir mobil di tanjakan atau turunan, arahkan roda berbelok ke bahu jalan atau trotoar. Hal ini berguna jika mobil tiba-tiba bergerak, maka ada trotoar atau bahu jalan yang bisa menahan laju mobil. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Parkir Mundur Bikin Mobil Gampang Dicuri

Arah roda mobil sendiri bisa ke kiri atau kanan, tergantung dari posisi trotoar atau bahu jalan itu sendiri. Tidak perlu khawatir dengan posisi ban yang berbelok karena posisi ini bisa membuat mobil lebih aman. 

4. Posisikan perseneling pada gigi satu atau di ‘P’ 

transmisi P

Tips selanjutnya ketika harus parkir mobil di tanjakan atau turunan adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi gigi satu atau mundur, pada mobil-mobil yang memiliki transmisi manual. 

Kemudian pada mobil-mobil dengan transmisi otomatis, pindahkan tuas transmisi pada posisi ‘P’ atau yang biasa digunakan saat mobil parkir di jalanan biasa. Tuas transmisi tersebut sangat disarankan agar roda yang bertugas sebagai penggerak kendaraan menjadi terkunci. 

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Dengan begitu, roda tidak akan berjalan atau meluncur dengan sendirinya ketika mobil harus ditinggal untuk parkir. 

5. Ganjal ban dengan batu atau balok kayu

ganjal batu

Pada lokasi parkir yang sangat terjal atau licin, pengendara bisa menambahkan ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang. Sebagai contoh, roda yang diganjal adalah roda bagian depan kiri dan bagian roda belakang kanan. 

Hal ini dilakukan agar posisi parkir mobil menjadi lebih kuat dan aman. Pengendara mobil bisa menggunakan barang yang keras seperti batu, balok kayu, atau batu-bata yang bisa ditemukan di sekitar.

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Jika sudah mengetahui tips-tips parkir mobil di tanjakan atau turunan secara aman, tentu tidak takut lagi kan mobil akan meluncur sendiri? Selain tips tadi, pastikan juga mobil dalam kondisi yang maksimal ya. 

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi mobil secara keseluruhan terlebih dulu sebelum menggunakannya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.