Mengenal Fitur Auto Brake Hold dan Cara Menggunakannya

Berkendara jadi makin mudah dengan fitur auto brake hold. Sudah tahu cara menggunakan dan merawatnya? Simak selengkapnya nih.

fitur auto brake hold

Pada mobil matik keluaran terbaru, fitur auto brake hold biasanya telah tersemat di sistem keamanannya. 

Contoh fitur auto brake hold misalnya pada mobil BMW X7 xDrive 40i Opulence, BMW 7 Series 740Li Opulence, BMW X5 xDrive 40i X Line, BMW 5 Series 520i M Sport, atau pada mobil Toyota All New Camry, Toyota All New Veloz dan Toyota All New Avanza.

Lalu, apa sebenarnya fungsi fitur auto brake hold tersebut? Bagaimana cara tepat menggunakan serta merawatnya agar tetap awet dan berfungsi maksimal?

Baca juga: Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

Yuk, bahas dan gali lebih dalam mengenai fitur auto brake hold selengkapnya!

Fungsi auto brake hold

Auto brake hold berfungsi membantu pengemudi kendaraan saat harus berhenti sementara tanpa perlu menginjak pedal rem berlama-lama. Misalnya saat berhenti di lampu merah, saat macet, atau berhenti sementara di bahu jalan. 

Dengan fitur ini membuat pengemudi tidak perlu lelah menginjak pedal rem. Namun demi keamanan, fungsi auto brake hold sebaiknya tidak diaktifkan saat kendaraan berhenti di medan menanjak atau menurun yang berkontur curam.

Cara pakainya

Ingat ya, fitur ini hanya aktif saat mesin mobil menyala dan sabuk keselamatan terpasang sempurna.

Baca juga: Cara Kerja dan Fungsi Shift Lock Pada Mobil Matik

Bagaimana cara yang benar untuk memakai fitur auto brake hold? Begini cara pakai misalnya pada mobil Toyota All New Veloz.

  • Nyalakan mesin mobil, pasang sabuk keselamatan dengan benar.
  • Setelah itu tekan tombol ‘Auto Hold’ atau ‘Hold’ biasanya terletak dekat tuas persneling.
  • Perhatikan layar MID (multi information display) akan muncul tulisan Hold berwarna oranye, menandakan fitur ini telah standby. Kemudian muncul tulisan Hold warna hijau menandakan fitur aktif. 
  • Saat melaju dan mobil berhenti dalam kondisi macet, menunggu lampu lalu lintas atau berhenti di perlintasan rel kereta api, lepas perlahan pedal rem. Posisi persneling tetap di D (drive). 
  • Tulisan Hold warna oranye pada MID akan mati, menandakan sistem tengah bekerja. Mobil dipastikan tidak bergerak meski persneling tetap berada di D.
  • Saat ingin melaju, injak perlahan pedal gas. Maka tombol Hold warna oranye akan menyala kembali di MID sebagai tanda fitur standby dan siap digunakan kembali.

Mudah bukan cara menggunakan fungsi auto brake hold ini? Jika ingin menonaktifkan, cukup tekan tombol ‘auto brake hold’ atau ‘hold’ dan perhatikan tulisannya pada layar MID akan mati. 

fitur auto brake hold

Merawat fitur auto brake hold

Seperti fitur pada sistem mengemudi lainnya, maka fungsi auto brake hold harus dirawat juga. 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

  • Hindari dari percikan air. Pastikan tombol fungsi auto brake hold selalu kering. 
  • Gunakan lap fiber untuk membersihkan bagian tombol ini dan usap dengan lembut. 
  • Jika terkena noda, bersihkan dengan pembersih khusus noda yang banyak dijual di toko aksesoris kendaraan.
  • Jangan letakkan benda dengan medan magnet kuat di sekitar tombol auto brake hold
  • Jangan meletakkan benda apapun di atas tombol fungsi auto brake hold

Sebagai tambahan informasi, fitur auto brake hold biasanya ditandemkan dengan electric parking brake. Apa bedanya?

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Rem Cakram pada Mobil

Fitur electric parking brake berfungsi sebagai pengganti tuas parkir konvensional atau lazim dikenal dengan rem tangan. 

Fitur ini dapat digunakan saat kendaraan berhenti lama pada kondisi parkir paralel, jalanan menanjak atau menurun dan lainnya.

keunggulan toyota veloz

Dengan hadirnya fitur keamanan canggih seperti auto brake hold dan electric parking brake jelas lebih memudahkan pengemudi dalam berkendara. 

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Tertarik mencoba kecanggihan fungsi auto brake hold ini? Kamu bisa mencobanya pada mobil-mobil terbaru keluaran BMW dan Toyota. Agendakan test drive kepada dealer yang dengan senang hati akan membantumu.

Lihat juga deretan mobil-mobil terbarunya di SEVA. Manfaatkan fitur Instant Approval dan kalkulator kredit jika ingin mengajukan pembelian mobil. Anak Kecil Aja Tau, mau beli mobil banyak untungnya ya cuma di SEVA.