Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

Jadi komponen penting, kampas rem mobil ada baiknya selalu dicek dan ganti ya. Jika telat, akan ada banyak efek negatifnya loh!

kampas rem mobil

Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen yang perlu diperiksa secara rutin. Jika kondisinya tidak dalam keadaan baik, maka bisa menimbulkan berbagai risiko yang tentunya bisa sangat fatal. 

Komponen pengereman ini menjadi hal yang cukup vital karena jika pengereman mobil tidak terlalu pakem bisa berbahaya bagi keselamatan pengemudi ataupun penumpang kendaraan. Ketika hal itu terjadi, tidak hanya berbahaya bagi orang yang ada di dalam mobil tetapi juga orang lain. 

Pada dasarnya, rem memang menjadi salah satu bagian penting pada sebuah kendaraan karena fungsinya sebagai berfungsi sebagai pengurang laju saat melakukan deselerasi. 

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Untuk itu, yuk ketahui apa saja dampak telat ganti kampas rem mobil!

pengereman

Pengereman menjadi tidak pakem

Dampak pertama jika telat ganti kampas rem mobil adalah bisa membuat pengereman menjadi tidak maksimal. Ini terjadi karena jepitan kampas rem ke piringan cakram sudah tidak mencengkeram dengan sempurna lagi seperti sedia kala. 

piring cakram

Piringan cakram baret

Pada saat kampas rem mobil sudah habis, plat besi pada dudukan kampas rem akan bergesekan dengan piringan cakram. Jika dibiarkan, ini bisa membuat piringan cakram menjadi baret. 

Baret yang timbul itu akan menyebabkan piringan cakram menjadi rusak dan tampilannya menjadi kurang baik. Piringan cakram yang baret juga akan membuat kampas rem baru yang dipasang akan menjadi cepat habis. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Selain itu, jika kampas rem mobil sudah habis dibiarkan begitu saja akan membuat piringan cakram menjadi terkikis. Hal ini pada akhirnya akan membuat pengeraman menjadi tidak maksimal atau tidak pakem. 

percikan api

Bisa menimbulkan percikan api

Piringan cakram yang lecet dan terkikis bisa menimbulkan percikan api karena adanya gesekan antara kedua besi tersebut. Jika sudah terjadi hal ini, maka sudah terlambat bagi para pemilik kendaraan. 

Kondisi ini bisa membuat sistem pengereman menjadi tidak efektif, atau bahkan lebih parah bisa membuat roda depan menjadi bergetar ketika mobil sedang dijalankan seperti biasa. 

Tidak nyaman saat dikendarai

Efek lainnya dari telat mengganti kampas rem mobil yaitu akan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika sedang dikendarai. Beberapa hal yang mungkin terjadi adalah kemudi yang bergetar, tidak stabil, atau bahkan tersendat-sendat ketika sedang melakukan pengereman. 

kerusakan tambahan

Adanya kerusakan tambahan

Pada jenis rem tromol, telat mengganti kampas rem mobil bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada komponen-komponen lainnya. Tromol yang berfungsi sebagai dudukan kampas rem bisa termakan, sehingga pemilik kendaraan harus mengganti komponen lainnya. 

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Rem Cakram pada Mobil

Akibat lainnya adalah bisa berpengaruh pada kaki-kaki mobil. Piringan cakram mobil yang rusak bisa mengenai kaki-kaki mobil karena seperti diasah menggunakan plat besi kampas remnya. 

Agar kerusakan tidak menjalar karena telat mengganti kampas rem mobil, ada baiknya untuk selalu mengecek dan langsung menggantinya jika memang sudah aus atau habis.

Jika kerusakannya sudah mengenai komponen lain, kamu sebagai pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perbaikan lho! Rugi, kan?