Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mengenal Electric Parking Brake dan Fitur Auto Hold

Fitur auto hold hadir bersama electric parking brake sering ditemukan pada mobil keluaran terbaru. Bagaimana cara kerjanya?

fitur auto hold

Fitur auto hold biasanya disandingkan dengan fitur electric parking brake agar lebih memudahkan pengemudi dalam berkendara. Fitur electric parking brake sendiri menjadi salah satu fitur canggih pada mobil jaman sekarang. 

Beberapa mobil yang memiliki fitur electric parking brake adalah Toyota All New Avanza, Toyota All New Camry, dan Toyota All New Corolla Altis. Fungsi dari electric parking brake adalah untuk menggantikan tuas rem konvensional. 

Ketika akan menghentikan mobil, pengemudi biasanya akan menarik tuas rem. Dengan adanya fitur electric parking brake ini pengemudi tidak perlu lagi menarik tuas rem karena tinggal memencet tombol saja. 

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Rem Cakram pada Mobil

Hal ini bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih praktis, simpel, dan tentunya modern. Lantas, bagaimana dengan pengertian fitur auto hold pada mobil? 

fitur auto hold

Apa itu fitur auto hold?

Fitur auto hold biasanya ditemukan pada mobil dengan transmisi matik. Dengan adanya fitur ini pad mobil, bisa membantu pengendara ketika sedang berada pada medan jalan yang kurang aman misalnya ketika sedang berada di tanjakan atau turunan. 

Ketika berada di tanjakan atau turunan, biasanya pengemudi harus menahan pedal rem untuk jangka waktu tertentu. Fitur auto hold pada mobil ini akan membuat pengendara tidak perlu repot-repot lagi menekan pedal rem. 

Baca juga: Cara Kerja dan Fungsi Shift Lock Pada Mobil Matik

Bisa dibilang juga, fitur ini berfungsi untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti. Keuntungan lainnya adalah bisa mengurangi risiko kejadian mobil yang  meluncur tiba-tiba karena tidak menginjak rem. 

Untuk menggunakannya, sangatlah mudah karena tidak perlu menarik tuas rem konvensional. Pengemudi hanya tinggal menekan tombol yang sudah tersedia di mobilnya. 

cara kerja

Cara kerja fitur auto hold

Buat yang masih belum paham, cara kerjanya akan menghentikan laju mobil ketika berada di tanjakan atau turunan tanpa pengemudi harus menginjak pedal rem. Sebagai gantinya, pengemudi tinggal menekan tombol auto hold saja.

Baca juga: Mesin Turbo vs Mesin Hybrid, Mana Mobil Paling Irit BBM?

Ketika mobil sudah benar-benar berhenti dengan sempurna, maka akan muncul indikator lampu yang menandakan bahwa fitur telah aktif. Setelah indikator lampu aktif, lepas pedal rem pelan-pelan dan rem akan mengunci secara otomatis. 

Jadi meskipun tidak menginjak pedal rem, mobil tidak akan bergerak. Ini sangat berguna agar mobil tidak meluncur ketika sedang berada di tanjakan atau turunan.

untuk keselamatan

Untuk keselamatan berkendara

Dengan adanya fitur auto hold ini, bisa menunjang kenyamanan dan keselamatan pengemudi saat berkendara. Tentunya lebih nyaman bagi pengendara karena tidak lagi harus menginjak pedal rem ketika sedang berada di tanjakan atau turunan. 

Baca juga: Beli Toyota GR Yaris Bekas Sekarang Worth It Gak Sih?

Selain itu, fitur canggih ini juga bisa dipakai untuk melakukan stop and go ketika sedang berada di tengah kemacetan yang cukup panjang. Ketika sudah aktif, mobil tidak akan bergeraksehingga tidak akan menabrak mobil lain.

Jadi, dengan adanya fitur auto hold ini pengemudi bisa berkendara tanpa harus merasa was-was jika lupa menginjak pedal rem. Meskipun begitu, jangan sampai lengah ketika sedang berkendara ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.