Cara Kerja dan Fungsi Shift Lock Pada Mobil Matik

Sudah pada tahu fungsi tombol shift lock di persneling mobil matik itu untuk apa? Nah, bagaimana dan kapan fitur ini digunakan?

fungsi shift lock

Memahami fungsi tombol shift lock pada transmisi mobil matik amat penting. Pasalnya tombol ini memegang peranan penting utamanya saat mobil dalam posisi parkir.

Pada umumnya, letak tombol ini berada di sekitar persneling kendaraan matik. Bentuknya bisa beragam, tombol atau lubang dengan tanda tulisan shift lock.

Kehadiran shift lock ini biasanya tersedia di mobil-mobil matik keluaran terbaru dengan fitur keyless atau smart key. Sebut saja Toyota All New C-HR, Toyota New Venturer, atau Toyota All New Avanza.  

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Mobil Akan Mogok Saat Digunakan

Untuk kamu yang baru memiliki mobil jenis matik, inilah penjelasan lengkap seputar fungsi shift lock.

fungsi shift lock

Fungsi shift lock

Fungsi utama tombol shift lock adalah untuk menggeser tuas persneling atau dipindah-pindahkan posisi persnelingnya setelah kondisi mesin mobil mati.

Mengapa perlu memindah-mindahkan tuas persneling? Karena pada mobil matik, saat berhenti untuk parkir, kondisi tuas biasanya dipindahkan dari D (driving) ke posisi P (parking). 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Kondisi tuas persneling P ini akan mengunci roda kendaraan. Jadi, mobil akan sulit didorong atau digeser ketika posisinya menghalangi kendaraan lain. Ini tentu menyulitkan ketika mobil diparkir paralel.

Cara kerja

Oleh sebab itulah tombol shift lock diperlukan di mobil matik. Dengan menekan tombol ini, maka tuas persneling akan mudah digerakkan sesuai kondisi yang diperlukan. Tuas dapat digeser ke posisi N (netral) meski mesin sudah mati, agar roda kendaraan tidak terkunci.

Nah buat yang belum tahu, ini penjelasan mengapa tidak bisa menggeser langsung tuas persneling dari posisi P ke N saat akan memarkirkan kendaraan.

Mekanisme mobil matik

Biasanya pada kebanyakan mobil matik, mesin mobil tidak bisa dimatikan saat tuas persneling dari posisi P berpindah ke N. Kunci kendaraan pun tidak bisa dicabut jika tuas persneling dalam posisi tersebut. 

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Jadi, untuk pengendara pemula yang baru mengendarai mobil matik, selalu pindahkan tuas persneling ke posisi P saat memarkir kendaraan, setelah itu matikan mesin. Kemudian jika diperlukan, barulah gunakan tombol shift lock untuk menggeser tuas ke posisi N.

fungsi shift lock

Bentuk shift lock

Selain berbentuk tombol, fitur shift lock ada juga yang berbentuk lubang. Bagaimana cara menggunakannya? Lubang ini sebenarnya adalah tempat memasukkan anak kunci. 

Jadi cukup memasukkan anak kunci ke lubang shift lock dan kemudian pindahkan tuas persneling ke posisi N.

Baca juga: Banyak yang Salah, Ini 5 Perbedaan Carport dan Garasi

Satu hal yang harus diingat saat menggunakan tombol shift lock di parkir paralel adalah, jangan mengaktifkan rem tangan mobil. Kondisi rem tangan aktif akan membuat roda mobil kembali terkunci dan mobil sulit digeser.

Sesuaikan dengan kondisi

Agar tidak salah dalam memarkirkan kendaraan dan menempatkan tuas persneling, ada baiknya kamu memahami beragam jenis parkir kendaraan.

Selain parkir paralel, penggunaan fungsi shift lock dapat diaplikasikan pada posisi parkir ganda, atau di mana terjadi posisi parkir paralel dan parkir lurus akibat lahan parkir yang telah penuh.

Baca juga: Punya Mobil Tapi Tidak Punya Garasi, Bagaimana Solusinya?

Sebaiknya pada posisi parkir tersebut kamu menetralkan posisi tuas persneling sehingga memudahkan juru parkir menggeser kendaraan jika diperlukan. 

kamera parkir

Untuk membantu proses parkir, saat ini banyak kendaraan yang menyiapkan fitur Parking Assistant dengan bantuan sensor mundur dan kamera. Ini jelas membuat parkir mobil menjadi lebih mudah dan nyaman.

Beberapa mobil yang memiliki fitur tersebut misalnya Daihatsu All New Terios, Daihatsu Rocky, atau Toyota New Yaris. Tertarik memiliki mobil-mobil ini? 

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Kamu bisa langsung cek spesifikasi lengkap dan semua fiturnya di SEVA. Jangan lupa manfaatkan kalkulator kredit dan Instant Approval untuk membantu menghitung skema cicilan terbaik untukmu! Semuanya dijamin Jelas dari Awal!