Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Parkir Mundur Bikin Mobil Gampang Dicuri

Parkir mundur dianggap bisa mempermudah untuk terjadinya pencurian mobil, terutama ketika berada di rumah. Namun, apakah benar?

parkir mundur

Parkir mundur atau ketika bagian depan mobil menghadap jalanan sering menjadi pilihan bagi pengendara karena akan lebih mudah ketika harus mengeluarkannya. Dengan posisi tersebut, pengendara akan lebih leluasa melihat kondisi jalanan di sekitarnya. 

Meskipun memang bisa membuat lebih mudah, tapi ternyata kebiasaan parkir seperti itu bisa membuat mobil menjadi lebih rawan untuk dicuri. Tentunya ini menjadi hal yang tidak diinginkan oleh para pemiliknya. 

Parkir mundur lebih berbahaya?

jenis mobil

Parkir mundur banyak dilakukan oleh pengemudia karena saat bagian depan mobil menghadap ke luar atau jalan raya, pengemudi bisa lebih mudah keluar dan memiliki daya pandang yang lebih luas. 

Baca juga: Alasan Lampu Rem Belakang Mobil Menggunakan Warna Merah

“Tapi ini juga memudahkan kejahatan pencurian kendaraan tersebut,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia dikutip dari Kompas.com. Pencuri akan lebih cepat juga mengeluarkan mobil dan membawanya kabur. 

Tidak hanya membuat pencuri lebih mudah membawa kabur, kenyamanan orang yang ada di rumah juga bisa terganggu jika menyimpan mobil di garasi rumah. Posisi knalpot mobil yang ada di belakang akan membuat asap mobil justru masuk ke dalam rumah. 

Asap yang masuk tersebut tentunya bisa berbahaya, apalagi jika garasi langsung berhadapan dengan ruang dapur yang biasanya banyak terdapat makanan. Selain itu, kebiasaan memanaskan mobil juga bisa membuat asap masuk ke dalam rumah dan bisa mengganggu.

Baca juga: Larangan Tilang Manual Bakal Segera Dimulai, Cek Dulu Aturannya!

Namun, terlepas dari kebiasaan parkir mundur bisa membuat mobil lebih mudah untuk dicuri sebenarnya ada beberapa keuntungan dari melakukannya. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah: 

Parkir mundur bisa melihat kondisi sekitar

parkir mundur

Saat parkir mundur, bagian depan mobil akan langsung berhadapan dengan jalan sehingga pengemudi bisa lebih leluasa memantau kondisi di sekitarnya saat akan mengeluarkan mobil. 

Berbeda jika parkir maju atau bagian depan mobil yang masuk ke garasi atau area parkir. Ketika harus mengeluarkan mobil, pengemudi akan lebih kesulitan untuk mengetahui kondisi bagian belakang mobilnya tersebut. 

Akses darurat

Parkir mundur dengan kepala mobil menghadap ke luar juga memudahkan saat terjadi kondisi darurat. Misal harus segera keluar parkiran, pengemudi dapat dengan mudah melajukan kendaraan tanpa perlu sibuk menghitung sudut keluar dan blind spot.

Mudah menjangkau ruang mesin

ruang mesin

Keuntungan lain parkir mundur memudahkan pengemudi untuk mengakses ruang mesin apabila terjadi hal-hal darurat karena posisi bagian depan mobil menghadap ke area lebih luas. 

Baca juga: Yuk Kenalan Sama Pelat Nomor Menteri, Presiden, dan Pejabat Indonesia

Sebaliknya, jika bagian kepala mobil langsung menghadap ke tempat parkir atau garasi tentunya area akan menjadi lebih sempit. Ini akan membatasi akses pengemudi ke bagian ruang mesin jika terjadi kondisi yang darurat.

aman parkir mundur

Jadi, bagaimana menurut kalian apakah memang parkir mundur bisa membuat mobil jadi semakin mudah untuk dicuri? Terlepas dari bagaimana posisi mobil saat diparkir, tetap harus waspada karena ada faktor lain yang bisa membuat mobil lebih mudah untuk dicuri. 

Untuk itu, sebelum parkir selalu cek kondisi sekitar apakah sudah aman atau belum sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.