Search Cars

Berita Utama Otomotif

Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Ketahui tips menyalip truk dengan aman. Penting untuk pengemudi agar tidak kikuk saat berada di belakang kendaraan besar.

tips menyalip truk

Tips menyalip truk penting diketahui oleh pengemudi. Pasalnya, truk dan kendaraan besar memiliki sejumlah blind spot atau titik hilang yang membuatnya rawan kecelakaan.

Seperti diketahui, truk atau bus umumnya memiliki dimensi panjang atau lebar kendaraan yang cukup besar. Hal ini harus menjadi perhitungan sebelum mengambil keputusan untuk menyalipnya.

Karena dimensi yang besar itulah truk atau bus rentan mengalami kecelakaan. Viral kejadian kecelakaan truk yang terjadi di Jalan Sultan Agung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8) pagi. 

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Bila Melihat dan Mobil Terlibat Kecelakaan

Kecelakaan truk tersebut menurut saksi mata, berjalan nyelonong hingga menabrak sejumlah kendaraan, halte bus yang dipenuhi anak-anak SD, dan tiang pemancar seluler hingga roboh ke tengah jalan.

Akibatnya, sekitar 10 orang dikabarkan meninggal dunia dan 20 orang lain menjadi korban kecelakaan truk menderita luka-luka. Miris, apalagi tempat kejadian perkara berada persis di depan Sekolah Dasar Negeri Kota Baru II & III.

Sebagai pengemudi juga harus waspada agar terhindar dari kecelakaan truk. Nah begini tips menyalip truk dan kendaraan besar lainnya agar aman di jalan.

isyarat menyalip

Beri isyarat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyalip kendaraan besar di depan mobil adalah memberi sejumlah isyarat atau tanda kepada pengemudinya. 

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Setop, Kapan Diberlakukan di Indonesia?

Caranya, jaga jarak aman dengan truk atau bus di depanmu. Jarak aman tergantung kecepatan mobil, biasanya jarak aman adalah 50 sampai 100 meter.

Setelah jarak aman terjaga, kamu dapat memberikan isyarat dengan memberikan lampu jauh sebanyak dua atau tiga kali yang jadi tanda paling umum sebelum menyalip truk. 

Setelah itu, apa langkah selanjutnya?

tips menyalip truk

Gunakan lampu sein

Lampu sein akan menjadi isyarat pada sopir truk bahwa ada kendaraan di belakangnya yang berusaha meminta jalan.

Baca juga: Baca juga: Modifikasi Lampu Sein Sequential, Berapa Harganya?

Setelah truk mengurangi lajunya, mulailah menyalip dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di lajur depan yang berlawanan. Tunggu sampai situasi aman untuk menyalip. 

Jangan lupa untuk membunyikan klakson dua atau tiga kali saat menyalip truk dan bus. Ini bisa menjadi tanda pengingat juga kepada sopir truk bahwa ada kendaraan lain di sampingnya.

Hal lain apa yang perlu diperhatikan sebelum menyalip truk?

tips menyalip truk

Perhatikan marka jalan

Hal yang juga harus diingat sebelum menyalip truk adalah melihat marka jalan. Di sejumlah jalan, ada kondisi dilarang menyalip kendaraan di depannya. 

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

Pastikan lokasi jalan yang kamu lalui tidak ada marka jalan dilarang menyalip atau dilarang mendahului kendaraan.

Selain itu, kamu wajib perhatikan juga garis pemisah lajur di jalan. Jika berbentuk garis lurus tanpa terputus, maka itu adalah tanda kamu dilarang menyalip atau mendahului kendaraan apapun di depanmu.

Biasanya, jalur garis marka jalan lurus tanpa terputus berlokasi di jalanan dengan medan menanjak atau menurun yang curam, serta tempat-tempat dengan penerangan minim, seperti di perbukitan, di pinggir hutan dan sebagainya.

Baca juga: Terlibat dalam Tabrakan Beruntun, Siapa yang Salah dan Bertanggung Jawab?

Sebaliknya, jika marka garis jalan terputus-putus, maka artinya kamu diperbolehkan menyalip atau mendahului kendaraan lain. 

speedometer mobil

Kondisi kendaraan

Sebelum menyalip, perhitungkan juga kondisi dan kemampuan kendaraan. Karena truk dan bus umumnya memiliki tenaga dan kecepatan yang lebih tinggi. Untuk menyalipnya juga dibutuhkan tenaga dan ketepatan waktu akurat.

Jadi, jika kondisi mobil kamu kurang prima, sebaiknya urungkan niat menyalip truk atau bus. 

Tips menyalip truk dengan pertimbangan lain

Ada hal lain juga yang bisa menjadi pertimbangan sebelum menyalip truk, misalnya urgensi

Baca juga: Knalpot Keluar Air, Apa Mesin Mobil Ada Masalah?

Jika tidak terburu-buru, maka sebaiknya tetap berada dalam jalur dan tidak mendahului truk atau bus di depan. Bagaimanapun, menyalip truk atau bus punya risiko yang tidak kecil. Jadi, demi keamanan sebaiknya tetaplah berada di jalur.

defensive driving

Namun biasanya, banyak pengendara yang tidak sabar saat berada di belakang truk karena berjalan pelan dan cenderung lambat. Sikap tidak sabar ini justru bisa memicu perilaku kurang perhitungan dan salah ambil keputusan yang berujung celaka.

Sebaiknya, sebagai pengemudi selalu pertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum menyalip. Jangan lupa utamakan sikap defensive driving di jalan. Sikap ini bisa menjadi modal penting untuk tertib dan selamat saat berkendara di jalan.

Ayo, jadi pengemudi yang cerdas dan bijak saat berkendara. Kecepatan bukan yang utama, melainkan dahulukan keselamatan diri dan sesama. Drive safe!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.