Search Cars

Tips & Rekomendasi

Hal yang Harus Dilakukan Bila Melihat dan Mobil Terlibat Kecelakaan

Melihat mobil terlibat kecelakaan jangan malah ditonton atau direkam dengan ponsel. Yuk lakukan ini sebelum petugas datang!

mobil terlibat kecelakaan

Jika melihat mobil terlibat kecelakaan, jangan malah direkam atau divideokan untuk kemudian disebar di media sosial. Awas, kamu bisa terkena pidana jika melakukan hal itu loh!

Selain tidak bijak dan kurang etis, merekam kejadian kecelakaan tidak membuat situasi di lokasi kejadian menjadi lebih baik. Saat melihat mobil terlibat kecelakaan, akan lebih bermanfaat jika kamu melakukan beberapa hal di bawah ini.

Melihat mobil terlibat kecelakaan

Hal pertama dan utama saat melihat kecelakaan di jalan raya adalah, menghubungi petugas kepolisian.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang KM 92, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Beritahu secara jelas, lokasi kecelakaan dan jam terjadinya, serta perkiraan jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan. Selain itu, berikan juga perkiraan kondisi korban di lokasi kejadian.

Informasi yang akurat dan jelas dapat membantu petugas menerjunkan bantuan secara tepat. Misalnya dapat memperkirakan berapa jumlah ambulans dan atau jumlah mobil derek ke lokasi kejadian.

mobil terlibat kecelakaan

Bantu korban

Hal kedua yang bisa dilakukan saat melihat kecelakaan adalah membantu korban. Namun ingat, tidak semua kondisi korban dapat segera diberikan pertolongan pertama.

Baca juga: Terlibat dalam Tabrakan Beruntun, Siapa yang Salah dan Bertanggung Jawab?

Kondisi korban yang kritis, mengalami patah tulang, cedera leher ataupun kondisi tidak sadar, sebaiknya menunggu petugas paramedis datang ke lokasi kejadian.

Membantu korban dengan sembarangan atau tanpa pengetahuan dasar medis yang benar, dikhawatirkan justru bakal membuat cidera lebih parah atau fatal.

mobil terlibat kecelakaan

Hubungi keluarga korban

Saat menemukan korban kecelakaan yang masih sadar atau bisa diajak berkomunikasi, segera bantu untuk menghubungi keluarganya.

Baca juga: Tidak Bisa Sembarangan, Begini Aturan Pasang Lampu Merah

Berikan informasi yang jelas terkait lokasi kecelakaan dan kondisi korban, serta kemungkinan evakuasi ke rumah sakit terdekat. 

Kamu dapat juga memberikan nomor kontak petugas medis atau polisi yang telah tiba di lokasi kejadian sebagai nara hubung selanjutnya bagi pihak keluarga.

asuransi mobil

Mengatur lalu lintas

Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi kecelakaan. Dengan membantu mengatur lalu lintas pasca kecelakaan, dapat mengurai kemacetan yang terjadi.

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Sebelum mengatur lalu lintas di lokasi tersebut, pastikan semua kendaraan yang melintas tidak terhambat serpihan benda kecelakaan yang masih berserakan.

Beberapa barang yang tercecer misalnya kunci kendaraan, dompet korban, dapat kamu simpan dan amankan untuk kemudian diberikan kepada petugas yang datang.

Beri batas pengaman di sekitar lokasi kejadian. Biasanya dalam keadaan darurat dengan memberikan patahan dahan pohon. Namun sebisa mungkin gunakan traffic cone atau segitiga darurat yang biasanya tersedia di dalam setiap mobil.

Baca juga: Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

Namun, bagaimana jika kecelakaan itu justru menimpa dan melibatkan mobilmu? Jangan panik, lakukan beberapa hal ini.

mobil terlibat kecelakaan

Tenangkan diri

Jika mobil terlibat kecelakaan, segera tenangkan diri dengan menarik nafas panjang dan dalam. Jangan panik dan bertindak sebelum berpikir. Jika memungkinkan, pinggirkan mobil ke tepi jalan.

Jika mobil tidak bisa digerakkan atau mati total, segera keluar perlahan dari kendaraan dan mintalah pertolongan warga yang melintas.

Kontak keluarga

Hubungi keluargamu dengan memberitahukan detail lokasi dan peristiwa yang terjadi. Mintalah bantuan saksi dan warga yang menolong jika ponselmu mengalami kerusakan pasca kecelakaan.

derek mobil

Berkordinasi dengan petugas

Langkah berikut adalah melakukan koordinasi dengan petugas polisi atau paramedis yang datang ke lokasi. Berikan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi) untuk pendataan data diri dan pembuatan laporan.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Berikan juga nomor telepon keluarga yang bisa dihubungi untuk berkoordinasi dengan petugas pasca kecelakaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membuat situasi pasca kecelakaan tidak bertambah buruk. 

Tetaplah berpikir jernih dan tenang saat melihat mobil terlibat kecelakaan atau justru kamu yang mengalami kecelakaan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.