knalpot mobil keluar air

Knalpot Keluar Air, Apa Mesin Mobil Ada Masalah?

knalpot mobil keluar air

Knalpot mobil keluar air terkadang membuat para pemilik kendaraan merasa khawatir dan panik. Biasanya fenomena tersebut muncul ketika mobil sedang dipanaskan sebelum mulai dipakai. 

Air yang muncul tersebut juga terkadang dianggap sebagai ada hubungannya dengan kebocoran. Namun sebenarnya fenomena ini terlebih lagi ketika mobil sedang dipanaskan adalah sesuatu yang normal terjadi. 

Lantas, apa penyebab knalpot mobil keluar air? 

knalpot mobil keluar air

Alasan knalpot mobil keluar air

Penyebab knalpot mobil keluar air adalah karena adanya perbedaan temperatur udara ketika mesin mobil dinyalakan. Perbedaan temperatur udara inilah yang akan menyebabkan terjadinya kondensasi sehingga akan keluar titik-titik air dari knalpot mobil. 

Baca juga: Apa Sih Efek Ganti Knalpot Mobil?

Fenomena ini hampir mirip dengan sistem pernapasan manusia, yaitu ketika proses menghirup oksigen dan menghembuskan karbondioksida disertai dengan uap air. Proses ini melalui proses pembakaran sehingga menyebabkan perubahan wujud dari gas menjadi uap air. 

Pada mobil, suhu udara yang rendah di pagi hari membuat proses pembakaran bensin saat mesin dipanaskan tidak menghasilkan uap. Melainkan akan menghasilkan air yang menetes secara terus menerus dari knalpot. 

Knalpot mobil terbuat dari besi yang membuatnya jadi lebih dingin ketika sedang diparkir semalaman. Jadi ketika mobil dipanaskan, bisa memicu kondensasi dan muncul embun atau tetesan air. 

hal yang normal

Merupakan hal yang normal

Dengan kata lain, knalpot mobil keluar air merupakan suatu kondisi yang normal terjadi. Pada satu siklus pembakaran bahan bakar di ruang mesin, akan ada sekitar 18 molekul air yang dibuang lewat knalpot sehingga akan wajar jika terdapat tetesan-tetesan air yang muncul. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air Purifier Mobil Bikin Udara Kabin Bersih?

Terutama pada mobil-mobil yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), hal itu sangat wajar terjadi. Apalagi jika suhu udara di sekitar mobil cenderung rendah, maka itu wajar sekali terjadi. 

Untuk itu, para pemilik sebaiknya tidak perlu khawatir ada kebocoran pada mesin. Air yang keluar dari knalpot juga tidak menandakan air radiator bocor lalu rembes ke mesin karena air akan menetes ke bagian depan mobil di dekat radiator jika itu yang terjadi. 

tetap waspada

Tetap waspada

Meskipun kondisi ini merupakan hal yang normal, pemilik kendaraan harus tetap memerhatikan jumlah air yang keluar tersebut. Jika yang keluar hanya berupa tetesan-tetesan saja maka kondisi itu hal yang wajar. 

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Namun, jika air yang keluar dalam jumlah yang sangat banyak mungkin bisa saja itu terjadi karena adanya alasan tertentu. Misalnya adalah jika mobil sebelumnya habis melewati jalanan banjir atau baru dicuci maka itu bisa menjadi penyebab keluar air dalam jumlah banyak. 

Ini terjadi karena air yang masuk ke dalam knalpot akan masuk ditampung dalam muffler agar tidak mencapai ruang mesin. Air yang ditampung pada muffler ini akan keluar dengan sendirinya melalui knalpot ketika mesin dihidupkan atau dipanaskan. 

Ketika air tidak keluar dengan sendirinya, pemilik kendaraan juga tidak perlu panik. Cobalah untuk menghidupkan mobil lalu injak pedal gas hingga mencapai 4.000 RPM beberapa detik untuk “memancing” air yang tertahan. 

Baca juga: Tips Aman Isi Bensin Mobil Ketika Berada di SPBU

Biasanya dengan cara ini, air yang tertahan di muffler akan langsung keluar melalui knalpot mobil. Jadi, pemilik mobil tidak perlu merasa khawatir ya jika mobil mengeluarkan air apalagi ketika sedang dipanaskan. 

muffler mobil

Apa itu muffler pada knalpot mobil?

Buat yang belum tahu, muffler merupakan salah satu bagian pada knalpot mobil. Secara umum, knalpot mobil terdiri dari 4 bagian yaitu header atau downpipe, mid-pipe, muffler, dan exhaust tip.

Muffler sendiri adalah bagian yang memiliki bentuk mirip seperti tabung dengan ukuran yang cukup besar. Komponen ini berada di bagian belakang knalpot mobil dan berfungsi sebagai peredam suara dari gas buang sebelum dikeluarkan lewat exhaust tip. 

Baca juga: Penyebab Turbo Mesin Diesel Menjadi Cepat Rusak

Sebagai kesimpulan, air yang keluar dari knalpot mobil ini merupakan hal yang normal dan menjadi pertanda bahwa knalpot dalam kondisi baik. Akan tetapi, pemilik tetap harus rutin melakukan pengecekan agar jika ada gangguan bisa diketahui dengan cepat. 

Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan servis di bengkel-bengkel resmi secara rutin ya!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *