Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Turbo Mesin Diesel Menjadi Cepat Rusak

Turbo mesin diesel jika tidak dirawat dengan baik bisa lebih cepat mengalami kerusakan. Apa saja yang bisa menjadi penyebabnya?

turbo mesin diesel

Salah satu fungsi turbo mesin diesel adalah meningkatkan tenaga pada mesin dan bisa membuat suara yang dihasilkan pada mesin jadi lebih halus. 

Buat yang belum tahu, turbo adalah sebuah perangkat sistem induksi paksa (forced induction system) yang berguna untuk menambah tenaga mesin dengan menggunakan gas buang yang berasal dari mesin.

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada turbo mesin diesel. Untuk lebih jelasnya, infografis berikut ini bisa menjelaskan faktor-faktor tersebut: 

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

turbo mesin diesel

Namun kamu bisa mencegah hal-hal yang jadi penyebab rusaknya turbo mesin diesel. Yuk ikuti tips merawat mesin turbo diesel di bawah ini!

Panaskan mesin

Cara pertama dalam merawat mesin diesel adalah dengan selalu memanaskannya terlebih dulu sebelum mulai digunakan. Sebenarnya, bukan tanpa alasan pemilik mobil harus melakukan kebiasaan ini. 

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Dengan memanaskan mobil, oli yang terdapat pada mobil bisa melakukan sirkulasi terlebih dulu serta melumasi setiap komponen-komponen mesin secara maksimal. Tidak perlu lama, sekitar 5 menit sudah cukup untuk membuat mesin mobil siap dipakai. 

oli mesin

Pilih oli yang tepat

Penggunaan oli pada mesin diesel juga akan berbeda dengan mesin pada umumnya. Ciri khas mesin diesel yang memiliki temperatur lebih tinggi membutuhkan jenis oli yang lebih kental daripada oli untuk mobil biasa. 

Biasanya, produsen mobil sudah memberikan informasi jenis-jenis oli mana yang cocok untuk mobil tersebut, yang terpenting adalah selalu menggunakan oli yang asli dan berkualitas baik. 

Pilih bahan bakar yang tepat

Semakin berkualitas bahan bakar yang digunakan, maka akan semakin awet pula mesin mobil yang digunakan. Disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur di bawah 300 ppm, misalnya Pertamina Dex. 

filter bahan bakar

Rutin mengganti filter bahan bakar

Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran atau air yang terkadang ditemukan dalam bahan bakar. Ketika jarang diganti, filter akan kehilangan kemampuan untuk menyaring kotoran ataupun air yang masuk ke dalam bahan bakar. 

Baca juga: Aturan Isi BBM di SPBU, Biar Semua Nyaman

Kotoran ataupun air yang masuk ke dalam mesin bisa membuat mobil menjadi mogok karena pembakaran yang tidak sempurna.

servis rutin

Lakukan servis rutin

Hampir semua mobil membutuhkan servis secara berkala menjaga performanya. Dengan rutin melakukan servis ini, berbagai kerusakan bisa dicegah, kondisi mobil secara keseluruhan juga bisa tetap terjaga serta pemakaiannya bisa tahan lama.

Jadi, usahakan untuk selalu menjaga komponen-komponen mesin mobil agar tetap awet ya! Jangan lupa juga menerapkan cara-cara merawat mesin diesel tadi agar mesin bisa selalu dalam kondisi yang prima!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.