Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Air Purifier Mobil Bikin Udara Kabin Bersih?

Mengenal fakta seputar air purifier mobil yang diklaim mampu membuat ruangan kabin menjadi bebas kuman. Benarkah demikian?

air purifier mobil

Air purifier mobil di masa pandemi diklaim dapat menjadi solusi udara sehat di dalam kabin. Benarkah klaim demikian? Untuk mengetahuinya, lebih baik kenali fakta terkait pembersih udara ini.

Mitos pengakal Covid-19

Salah satu mitos yang berkembang adalah air purifier mobil terbaik dapat membunuh virus Covid-19. Hal ini sebenarnya belum terbukti benar.

Baca juga: Biaya Pasang GPS Mobil dan Fungsi Utamanya

Untuk diketahui, kemampuan menyaring udara dan partikel di dalam alat air purifier mobil terbaik saat ini hanya 0,3 sampai 0,1 mikron. Sedangkan virus biasanya berukuran lebih kecil dari 0,1 mikron.

Hal ini bisa dipastikan pembersih udara kemungkinan besar tidak dapat menyaring atau membunuh virus Covid-19.

Daya jangkau tidak luas

 Mitos lain menyebut hanya udara di sekitar air purifier yang lebih bersih ketimbang lokasi lain di dalam kabin. 

Baca juga: Dukung Elektrifikasi, Daihatsu Ayla EV Melantai di GIIAS 2022

Hal ini juga tidak tepat. Perangkat pembersih udara memiliki angka laju suplai udara bersih atau dikenal dengan Clean Air Delivery Rate (CADR).

CADR akan mengukur efektivitas air purifier berdasarkan luas ruangan dan volume udara bersih yang dihasilkan per satuan waktu. 

Semakin tinggi angka CADR, semakin baik juga kemampuannya. Jadi, seluruh udara di dalam kabin akan mendapatkan kualitas yang sama.

Baca juga: Haruskah Penumpang Belakang Pakai Sabuk Pengaman? Apa Aturannya?

Nah, setelah mengenali mitos-mitos terkait pembersih udara tersebut, kenali juga beberapa fakta terkait air purifier mobil.

air purifier mobil

Fakta alat penyaring udara

Fakta utama, alat ini membuat tingkat polutan udara di dalam kabin lebih rendah serta dapat menyaring bau. 

Betul sekali. Kemampuan menyaring bau dan polutan bebas berkat adanya komponen filter udara yang dikenal dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) dan Photo Electrochemical Oxidation (PECO).

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Filter HEPA terbuat dari jenis kain yang fungsinya mirip dengan jaring untuk menyaring kotoran. Sementara filter PECO mirip dengan HEPA namun punya tingkat kerapatan filter yang lebih kecil.  

Komponen utama dalam sistem filter ini terdiri dari bahan campuran karbon aktif yang berguna mengikat partikel bebas, formaldehida, asap masakan dan menghilangkan bau secara lebih efisien.

mengatur uang thr

Harga terjangkau

Fakta lain, air purifier hemat daya. Saat ini banyak pembersih udara mobil yang dijual hanya memerlukan daya operasi kurang dari 5 watt. Sumber daya bisa diperoleh dari soket USB atau pemantik rokok pada dasbor.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Sumber daya lainnya ada yang menggunakan tenaga surya. Sehingga cukup meletakkan alat ini pada bagian dasbor yang terkena cahaya dan alat sudah bisa beroperasi.

Ada juga yang beroperasi dengan baterai isi ulang. Dalam sekali pengisian daya, air purifier dapat bekerja hingga waktu 3-5 jam nonstop. Sangat praktis.

Fakta ketiga, air purifier harganya terjangkau. Untuk mendapatkan perangkat pembersih udara mobil, saat ini harganya cukup terjangkau. Di toko daring, alat ini dijual mulai harga Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Jika kamu tertarik memiliki pembersih udara mobil terbaik, sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum membelinya.

Tips memilih air purifier mobil

Hal sederhana yang dapat kamu lakukan sebelum membeli pembersih udara pada mobil adalah sebagai berikut.

  • Pilih bentuk alat yang sesuai. Jangan terlalu besar sehingga justru menyulitkan untuk diletakkan di dalam kabin.
  • Sesuaikan sumber daya. Jika mobil tidak tersedia soket daya USB, pilih air purifier yang menggunakan baterai isi ulang atau tenaga surya.
  • Pilih yang tidak menimbulkan suara berisik. Pada beberapa alat, akan mengeluarkan bunyi saat dioperasikan. Pilih yang tanpa suara sehingga suasana di dalam kabin terasa nyaman.
  • Sesuaikan dengan dana. Sangat banyak pilihan alat, pilihlah dengan bijak sesuai dana yang tersedia.

Sebagai informasi, mobil-mobil terbaru seperti Toyota New Kijang Innova dan Daihatsu New Sirion telah disematkan teknologi air purifier atau car ionizer di dalam kabinnya. 

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Sementara pada kendaraan premium seperti Toyota New Alphard, Toyota New Venturer, dan  Toyota All New Camry telah menggunakan fitur serupa yang diberi nama Nanoe. Fitur ini terintegrasi di AC kendaraan dan dapat membuat kualitas udara kabin jadi lebih sehat dan bersih.

Jadi, biar tidak penasaran langsung saja lihat spesifikasi lengkap mobil-mobil tersebut di SEVAKamu juga bisa memanfaatkan Loan Calculator untuk pengajuan kredit. Dan pastinya mendapatkan persetujuan pembelian tercepat melalui fitur Instant Approval

Pokoknya cuma di SEVA yang bikin beli mobil pasti Jelas dari Awal!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.