Search Cars

Modifikasi

Biaya Pasang GPS Mobil dan Fungsi Utamanya

Perlukah pasang GPS mobil? Jangan salah kaprah, GPS bukan merupakan aplikasi peta penunjuk jalan loh ya. Kenali fungsi dan biayanya.

Pasang GPS Mobil

Ingin pasang GPS mobil? Bagi mobil-mobil keluaran lama, memang biasanya belum tersedia alat GPS di dasbor mobil mereka.

Namun tidak jarang juga pemilik salah kaprah mengira alat ini sebagai petunjuk arah dan jalan. Apakah betul? Sebenarnya tidak salah juga. Namun untuk mengenali lebih jelas, berikut adalah fungsi dan berapa harga alat GPS mobil.

Alat GPS atau Global Positioning System berfungsi utama untuk mendeteksi keberadaan mobil. GPS merupakan sistem navigasi berdasarkan satelit, yang didesain untuk menyediakan informasi mengenai posisi mobil secara cepat dan tepat.

pasang GPS mobil

Cara kerja GPS

Alat GPS pada mobil biasanya bekerja dengan menggunakan tenaga aki. Namun saat mesin kendaraan mati, alat ini memiliki baterai cadangan yang berfungsi sebagai sumber tenaga.

Baca juga: Pasang Big Brake Kit (BBK), Apa Fungsinya?

Memasang GPS harus memperhatikan sistem arus kelistrikan pada mobil. Pastikan pemasangan hanya oleh tenaga ahli.

Saat ini perkembangan alat GPS makin canggih dan berfungsi juga sebagai peta penunjuk jalan. Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari GPS. Apa saja?

Fungsi GPS mobil

Selain mengetahui posisi kendaraan secara langsung, alat ini juga mampu memberikan beberapa informasi lain.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

  • Fitur pendeteksi cuaca, tekanan udara, kelembapan, ataupun suhu pada suatu daerah. Jadi, misalnya sedang berkendara ke suatu tempat, maka informasi tersebut dapat disajikan kepada pengemudi.
  • Merekam pembicaraan. Pada beberapa alat GPS canggih, memiliki kemampuan untuk merekam pembicaraan yang terjadi pada kabin kendaraan. Jika mobil dicuri, maka fitur sadap ini bisa diaktifkan dari jarak jauh sehingga rekaman pembicaraan bisa jadi bukti tindak kejahatan. 
  • Menemukan kendaraan. Fitur utama GPS adalah menemukan lokasi kendaraan secara cepat. Sehingga jika kendaraan dicuri, pemiliknya dapat memantau posisi dan melaporkannya pada pihak berwajib.
  • Rekaman perjalanan. Seluruh data perjalanan dapat terekam dalam GPS. Rekaman berupa tanggal, waktu dan durasi perjalanan sampai kantor polisi dan rumah sakit terdekat tersimpan di GPS dan bisa diaktifkan dengan tombol Help.
uang lama

Harga GPS mobil

Saat ini, harga alat penanda posisi global ini sudah sangat terjangkau. Hal ini yang membuat banyak pemilik kendaraan ingin memasang alat tersebut pada mobilnya.

Baca juga: Deretan Mobil 1.300 cc yang Pas Buat Dalam dan Luar Kota

Sebagai gambaran, harga GPS mobil dengan layar sentuh 5 inci banyak dijual di toko daring mulai kisaran harga Rp 800 ribuan. Sementara untuk harga GPS mobil yang paling mahal, tercatat seharga Rp 3 jutaan. Harga-harga ini belum termasuk ongkos pasang sekitar Rp 200 ribu.

Tertarik pasang GPS mobil? Sebaiknya lakukan pada bengkel-bengkel variasi yang terbiasa melakukannya. Ini untuk menghindari kesalahan pasang yang mengakibatkan garansi barang hangus. Pemasangannya juga terbilang cepat, tidak sampai 2 jam sudah selesai.

pasang GPS mobil

Kekurangan pasang GPS

Selain dinilai menguntungkan, namun ada juga hal yang dianggap sebagai kekurangan dari pasang GPS mobil. 

Baca juga: Cara Mengenal dan Mengatasi Modus Kejahatan di Jalan Raya

Pertama, kurang praktis. Umumnya GPS dipakai sebagai penunjuk jalan, maka fungsinya dapat digantikan dengan smartphone. GPS dianggap tidak sepraktis smartphone sehingga lebih banyak pengemudi yang tidak mementingkan alat ini.

fitur baru sirion

Kedua, rentan rusak. Alat GPS juga dikatakan rentan rusak dan punya masa pakai baterai yang tidak sekuat baterai smartphone

Ketiga, pemasangan tidak bisa sembarangan. Hal-hal ini dianggap sebagai nilai minus dari pemakaian GPS pada kendaraan. 

Baca juga: Kaca Mobil Pecah, Berapa Biaya Gantinya?

Setelah mengetahui informasi tersebut, kalau kamu, lebih pro yang mana? Pakai GPS atau tidak untuk kendaraanmu? 

Ada atau tidaknya GPS di mobil, perilaku berkendara aman adalah sumber keselamatan di jalan raya. Selalu mematuhi rambu lalu lintas dan mengutamakan pengguna jalan lain, bisa menjadi modal penting untuk keselamatan bersama.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.