Search Cars

Modifikasi

Pasang Big Brake Kit (BBK), Apa Fungsinya?

Pasang big brake kit ternyata bukan cuma untuk sekedar gaya. Ada alasannya mengapa hal itu dilakukan, apa sih fungsinya?

pasang big brake kit

Pasang big brake kit (BBK) sebenarnya bukan tanpa alasan. Bagi beberapa orang, mungkin pemasangan BBK ini hanya agar terlihat keren atau untuk bergaya saja, tetapi sebenarnya ada fungsi-fungsi khusus mengapa dilakukan pemasangan BBK ini. 

Sesuai dengan namanya, BBK merupakan salah satu komponen pengereman yang bisa dibeli secara terpisah dengan ukuran yang lebih besar dari bawaan mobil. Dengan pemasangan BBK ini, segi keamanan mobil juga menjadi lebih terjamin. 

Lantas, apa sih fungsi dari pasang big brake kit ini pada mobil? 

pasang big brake kit

Pengereman lebih pakem

Dengan pasang big brake kit performa pengereman mobil akan meningkat sekitar 40-60 persen. Pada mobil yang sudah dilakukan modifikasi, performanya akan meningkat tajam sehingga membutuhkan sistem pengereman dengan performa yang tinggi pula. 

Baca juga: Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

Mobil yang sudah dilakukan modifikasi biasanya identik dengan mobil balap, tetapi mobil harian yang sudah dilakukan modifikasi pada bagian mesin sehingga powernya menjadi lebih kencang juga sebaiknya melakukan pemasangan BBK. 

lebih nyaman

Lebih kuat dan tahan lama 

Kelebihan yang dimiliki oleh komponen BBK adalah lebih kuat dan lebih tahan panas jika dibandingkan dengan rem standar. Dengan begitu, kinerja rem akan tetap maksimal sekalipun mobil diajak berjalan dalam kecepatan yang tinggi. 

Beberapa sports car bahkan ada yang sudah menggunakan BBK dengan bahan dari composite ceramic yang tentunya akan lebih menjamin keamanan bagi para penggunanya. 

BMW 530i Touring M Sport

Meningkatkan penampilan mobil

Beberapa pengguna mobil sengaja pasang big brake kit untuk meningkatkan penampilan mobil. Pada beberapa orang yang suka melakukan modifikasi, kendaraan yang sudah menggunakan BBK ini tentunya bisa meningkatkan gengsi bagi pemiliknya. 

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Penampilan mobil juga akan dianggap lebih keren dan sporty jika sudah dipasangkan BBK. Pada ajang kontes modifikasi juga, dengan adanya BBK akan menambah poin khusus pada kendaraan. 

Semakin besar diameternya dan penggunaannya ada di depan serta belakang, akan menambah nilai tambah pada mobil tersebut. Itulah mengapa ada banyak mobil yang melakukan modifikasi dengan menambahkan BBK ini. 

BMW X3 M Competition

Saat melakukan pasang big brake kit 

Pada saat ingin pasang big brake kit, biasanya para penjual akan menggunakan ukuran pelek mobil sebagai acuan karena ada banyak pilihan big brake kit yang tersedia. Mulai dari ukuran kaliper dan diameter cakramnya. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Kaliper yang berukuran mini biasanya digunakan untuk pengereman belakang. Sedangkan kaliper yang berukuran small dan medium biasanya untuk pengereman depan serta belakang. 

hal yang diperhatikan

Hal yang perlu diperhatikan

Dalam satu set set BBK, biasanya akan terdiri dari kaliper, cakram, center hub, adaptor (pegangan kaliper belakang) dan selang rem plus minyak rem. Ketika akan melakukan pasang big brake kit, pemilik kendaraan harus benar-benar memerhatikan. 

Apakah memang set tersebut sudah sesuai dengan kendaraan yang akan dipasang. Jika tidak sesuai, harus dibuat dudukan kaliper agar bisa pas. Lalu, jika memang Pitch Circle Diameter (PCD) berbeda, disc brake harus dilubangi lagi agar bisa sesuai. 

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Rem Cakram pada Mobil

Nah, meskipun pasang big brake kit ini bisa memberikan nilai tambah pada kendaraanmu tetap harus pastikan agar pemasangannya memang sudah sesuai. Jangan sampai hanya karena tergiur agar terlihat keren, kamu malah memaksakan pemasangan BBK ini ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.