Deretan Mobil 1.300 cc yang Pas Buat Dalam dan Luar Kota

Mobil 1.300 cc dinilai punya tenaga yang mumpuni, baik saat di dalam kota dan luar kota. Nah, apa saja sih rekomendasinya?

mobil 1.300 cc

Mobil 1.300 CC keluaran Toyota dan Daihatsu umumnya menggunakan mesin berkode 1NR-VE. Mesin ini digunakan pada hatchback hingga multi purpose vehicle (MPV)

Dari segi tenaga, performa mesin tersebut bisa dibilang cukup untuk mendukung mobilitas pemilik mobil, baik untuk sehari-hari di dalam kota maupun digunakan untuk perjalanan jauh ke luar kota.

Mesin berkode 1NR-VE yang digunakan pada mobil 1.300 cc ini mampu menyemburkan tenaga hingga 95 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi puncak 119,6 Nm pada 4.200 RPM.

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Selain terkenal bandel dan jarang rusak, mobil 1.300 cc ini irit bahan bakar. Rata-rata penggunaan di dalam kota, konsumsi BBM-nya mencapai 14 kilometer per liter. 

Sedangkan saat dibawa ke luar kota, melewati jalan tol, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 17 kilometer per liter. Irit BBM bukan?

Nah apa saja sih rekomendasi mobil 1.300 cc buat di dalam dan perjalan ke luar kota?

Toyota All New Avanza

Mobil rekomendasi pertama adalah Toyota All New Avanza. MPV dengan 7 tempat duduk ini telah mengalami perubahan desain signifikan dari edisi pendahulunya. Selain perubahan panjang dan berat, banyak perubahan lagi yang cukup mengejutkan.

Baca juga: 11 Tips Memilih Mobil Keluarga Buat Harian dan Jalan Jauh

Faktor wow utama datang dari fitur Long Sofa Mode. Sebuah dimensi perubahan fungsi jok menjadi seperti sofa bed yang tentunya dapat dinikmati untuk seluruh keluarga. Jok tentu telah mengadopsi ISOFIX, membuat perjalanan bersama balita makin nyaman dan aman. 

Selain itu, fitur keamanan juga terbilang lengkap dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) hingga 6 titik airbag di kabinnya. 

Menggendong mesin 1.300 cc, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC, Dual VVTi memberikan tenaga maksimal 98 daya kuda pada 6.000 RPM. Sementara torsi puncak menyentuh 12,4 Kgm pada 4.200 RPM.

Baca juga: Rekomendasi Mobil 1300 cc Buat Keluarga Kecil

Urusan konsumsi BBM juga cukup aman. Versi 1.3 E CVT sangat irit saat dipakai menempuh jarak luar kota dengan catatan 1 liter BBM untuk jarak 20,7 kilometer. Sementara di dalam kota, catatannya menurun sedikit jadi 1 liter BBM untuk jarak 14 kilometer.

Harga Toyota All New Avanza 1.3 E CVT adalah Rp 247.800.000. Untuk varian tertinggi 1.3 E CVT LUX adalah Rp 251.228.000 on the road.  

mobil 1.300 cc

Daihatsu All New Xenia

Mobil berikut yang layak direkomendasikan adalah Daihatsu All New Xenia. Dengan mengusung teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architechture), rangka body mobil ini menjadi lebih ringan namun sekaligus kokoh.

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

Dimensinya berubah lebih panjang dari edisi sebelumnya. Panjangnya jadi 4.395 milimeter, lebar 1.730 milimeter dan tinggi 1.690 milimeter.

Mesin 1.300 cc, DOHC, Dual VVTi, memberikan suplai tenaga maksimal 97.9 daya kuda pada 6.000 RPM. Sementara torsi puncaknya sampai 12,4 Kgm pada 4.200 RPM. Sangat bertenaga untuk menemani perjalanan di dalam dan luar kota.

Selain mengusung jok ISOFIX dan Long Sofa Mode, ada pula fitur keamanan seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Immobilizer, dan Antilock Braking System serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Apa Sih Fungsi ISOFIX di Mobil?

Tidak perlu takut kekurangan BBM, karena mobil dilengkapi tangki berkapasitas 43 liter. Untuk menempuh jarak dalam kota, tercatat konsumsi BBM sentuh angka 1 liter untuk jarak 12,7 kilometer.   

Sementara untuk menempuh perjalanan luar kota, konsumsi BBM mobil bisa tembus 19,8 kilometer per liter BBM. Perjalanan ke luar kota semakin asyik karena bagasi mobil mampu menampung barang sampai 400 liter, atau setara dengan tiga koper ukuran sedang. 

Daihatsu All New Xenia 1.3 R CVT dijual Rp 250.400.000 untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan varian tertinggi mesin 1.3 R CVT SC dijual Rp 251.900.000.

Daihatsu New Sirion

Mobil 1.300 cc ini bisa dibilang underrated dan jarang terlihat di jalan. Padahal dari segi fitur dan teknologi, Daihatsu New Sirion lebih unggul dibanding hatchback lain di kelasnya.

Baca juga: Daihatsu New Sirion Resmi Meluncur, Lebih Fun dan Stylish

Eksterior Daihatsu New Sirion kekinian dengan lampu utama depan dan belakang sudah full LED. Lalu interiornya lega dengan segudang fitur unggulan.

Apa saja sih fitur Daihatsu New Sirion? Pertama head unit yang yang dapat terkoneksi dengan smartphone melalui Apple CarPlay atau Android Auto.

Untuk kenyamanan penumpang, Daihatsu New Sirion dilengkapi dengan air purifier sehingga sirkulasi udara lebih bersih dan sehat di dalam kabin mobil. Terdapat juga fitur Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu kendaraan otomatis saat melewati kecepatan tertentu.

Baca juga: Mengenal Fitur Auto Brake Hold dan Cara Menggunakannya

Adapun beragam fitur keselamatan dan kenyamanan lainnya, seperti front and side airbag pada bangku baris depan, smart key, engine start-stop button

Lalu pengaturan AC digital lengkap dengan arah semburan, serta pengaturan kursi yang fleksibel agar memudahkan pengaturan barang bawaan di dalam kabin. 

Konsumsi bahan bakar mobil 1.300 cc ini makin irit berkat Idle Stop System yang berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti sementara.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Harga Daihatsu New Sirion X CVT dijual on the road Jakarta Rp 227.600.000. Mantap!

Daihatsu Granmax MB

Mobil Daihatsu Granmax MB termasuk mobil rekomendasi yang juga tangguh dalam menempuh rute-rute dalam dan luar kota. Apalagi desain kabin yang lapang dan mampu memuat sampai 9 orang, membuat perjalanan bersama keluarga semakin menyenangkan.

Mesin K3-DE, 1.300 cc DOHC yang digendongnya bisa menyuplai tenaga maksimum 88 daya kuda pada 6.000 RPM, dengan torsi puncak 11,7 Kgm pada 4.400 RPM. 

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Daihatsu Granmax Nyaman Buat Harian

Urusan konsumsi BBM, perjalanan dalam kota tercatat menenggak 1 liter BBM untuk jarak 14,3 kilometer. Sementara saat diajak bepergian ke luar kota dengan jalur utama jalan tol, konsumsinya makin irit. Hanya butuh 1 liter BBM untuk jarak 19 kilometer! Super irit!

Urusan kenyamanan dan keamanan? Tenang, mobil ini juga telah dilengkapi fitur tersebut, misal saja sistem pendingin udara dan radio tape untuk menemani sepanjang perjalanan.

Makin nyaman karena keempat roda dilengkapi suspensi per keong sehingga makin nyaman saat dipakai mengangkut barang atau penumpang. Asik kan?

Baca juga: Rekomendasi Mobil Pintu Geser yang Praktis Buat Penumpang

Daihatsu Granmax MB 1.3 D FF FH dijual seharga Rp 200.000.000 on the road Jakarta.

Jika kamu tertarik melihat lebih detail mengenai spesifikasi dan ragam fitur dari mobil-mobil tersebut, langsung saja kunjungi SEVA

Kamu bisa gunakan fitur Loan Calculator untuk menghitung besaran uang muka atau down payment (DP) sesuai kemampuan finansial. Lalu, agar semua proses kredit berjalan dengan lancar, jangan lupa gunakan fitur Instant Approval.

Tunggu apalagi nih, beli mobil yang Jelas dari Awal ya cuma di SEVA!