Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kaca Mobil Pecah, Berapa Biaya Gantinya?

Jika kaca mobil pecah, jangan keburu panik memikirkan besaran biaya. Ternyata tidak semahal perkiraan kok, berapa sih tepatnya?

kaca mobil pecah

Peristiwa kaca mobil pecah tentu bukan hal yang ingin dialami pemilik kendaraan. Namun, karena satu dan lain hal, risiko kejadian tersebut bisa saja menimpa mobil di jalanan.

Selain kecelakaan lalu lintas, kejadian paling sering di jalan raya yang menyebabkan kaca mobil pecah atau retak parah adalah terkena hantaman benda seperti batu atau kerikil. Harap diketahui, kaca mobil paling mudah pecah jika terkena benda runcing.

Kondisi lain yang bisa sebabkan kaca mobil pecah misalnya tertimpa bahan material bangunan dari truk pengangkut. Sebaiknya selalu menjaga jarak saat berkendara di belakang atau di samping truk pengangkut material.

kaca mobil pecah

Penyebab kaca pecah

Selain tersebut di atas, kenali beberapa kondisi lain yang bisa sebabkan kaca mobil alami kerusakan atau sampai mengalami pecah. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

  • Menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Jangan anggap remeh kondisi ini, karena bisa-bisa membuat kaca mobil retak atau bahkan pecah akibat kerasnya guncangan.
  • Sering terkena panas dan hujan. Kondisi ekstrim ini bisa membuat kekuatan kaca berkurang. Sehingga jika terkena hentakan atau guncangan bisa saja mengalami pecah atau retak di bagian ujungnya.
  • Tertimpa dahan pohon besar. Hindari parkir di bawah pohon saat sedang hujan angin. Dahan pohon besar rentan patah dan bisa saja menimpa kaca mobil.
  • Wiper getas. Karet wiper kaca mobil yang telah getas juga bisa sebabkan kerusakan kaca. Periksa berkala kondisi karet wiper agar tidak menimbulkan baret-baret di kaca mobil.

Lalu, apakah biaya penggantian kaca mobil cukup menguras dompet? Tahukah kamu, jika kaca mobil pecah sebenarnya tidak memerlukan biaya besar dalam penggantiannya? Penasaran dengan harga kaca mobil depan, jika harus diganti? 

mengatur uang thr

Harga kaca mobil

Umumnya, kaca mobil baik produk orisinal ataupun aftermarket memiliki ketebalan sekitar 3-5 milimeter. Harga kaca mobil bervariasi berdasarkan posisinya. 

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Misalnya, kaca jendela mobil tentu akan berbeda harganya dengan harga kaca mobil depan. 

Demikian juga kaca mobil depan dan kaca mobil belakang akan berbeda. Selain itu, perbedaan harga kaca mobil jelas bergantung pada merek mobilnya.

Mobil keluaran Eropa selain harga kaca lebih mahal, cukup jarang stok kaca mobilnya di pasaran. Beruntungnya, untuk mobil-mobil keluaran Toyota dan Daihatsu, komponen kaca mobil ini banyak dijual serta memiliki produk aftermarket.

Sebagai gambaran, harga kaca mobil depan untuk Toyota All New Avanza paling tinggi sekitar Rp 1,5 jutaan versi orisinal. Sementara produk aftermarket berkisar mulai Rp 860 ribu.

toyota avanza bekas

Sedangkan untuk harga kaca mobil belakang Avanza dan Xenia tahun produksi 2012 sampai 2020 versi orisinal nya dijual Rp 700 ribu. Harga aftermarket-nya pada kisaran Rp 550 ribuan.

Baca juga: Berapa Sih Harga Airbag Mobil Bila Harus Diganti?

Harga kaca mobil depan Toyota New Fortuner tahun perakitan 2010 sampai 2014 dijual Rp 1,8 jutaan versi orisinal. Untuk harga aftermarket di kisaran Rp 1,3 jutaan. Harga kaca pintu belakangnya dibanderol Rp 265 ribu produk orisinal.

Harga kaca belakang Daihatsu Granmax MB dihargai Rp 1 jutaan kualitas orisinal. Untuk produk aftermarket nya dimulai Rp 850 ribu. 

Kaca depan Daihatsu Luxio dijual seharga Rp 830 ribu produk aftermarket. Sementara produk orisinalnya seharga Rp 985 ribuan.

Baca juga: Haruskah Penumpang Belakang Pakai Sabuk Pengaman? Apa Aturannya?

Harga kaca mobil depan Daihatsu All New Terios dijual seharga Rp 1,5 juta, produk orisinal. Untuk harga aftermarket cukup beragam, berkisar Rp 1,1 jutaan.

daihatsu new terios

Secara umum, kualitas orisinal harga kaca mobil depan berkisar Rp 1-4 jutaan. Sementara kaca belakang harganya Rp 500 ribu sampai Rp 3 juta. Dan kaca mobil bagian samping harganya berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 1 jutaan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Untuk produk aftermarket, merek kaca mobil yang banyak beredar antara lain AGC Automotive, Asahimas, Saint Gobain Sekurit, Pilkington, Mulia Glass, Fuyao, XYG. 

Kisaran harga produk-produk ini mulai Rp 600 ribuan untuk kaca depan dan Rp 400 ribuan untuk kaca mobil bagian belakang.

Ingat ya, harga tersebut biasanya belum termasuk ongkos pasang. Perkiraan untuk memasang kaca bagian depan ongkosnya Rp 350 ribuan, lem kaca Rp 200 ribu, list kaca sekitar Rp 90 ribu. Total ongkos pasang bisa mencapai Rp 640 ribuan.

kaca mobil pecah

Harga kaca spion mobil

Bagaimana dengan harga kaca spion mobil jika alami pecah? Bisakah diganti? Tentu saja bisa. Kaca spion mobil juga memiliki banyak produk aftermarket maupun orisinal di pasaran. 

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Sebagai contoh, harga kaca spion mobil Toyota New Yaris untuk produk aftermarket, bagian kacanya saja, mulai Rp 55 ribuan hingga paling mahal Rp 150 ribu per buah. Sementara versi orisinal dijual sekitar Rp 350 ribu satuan.

Harga kaca spion mobil Toyota New Vios produk orisinal Rp 295 ribu satuan. Untuk harga produk aftermarket dijual pada kisaran Rp 90 ribu satuan.

Nah, tidak mahal kan biaya mengganti kaca mobil pecah? Harga kaca mobil yang bervariasi membuat kamu lebih leluasa memilih. Namun demi kualitas terbaik, gantilah kaca mobil pecah pada bengkel resmi dan menggunakan produk yang direkomendasikan pabrikan.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.