Search Cars

Tips & Rekomendasi

Berapa Sih Harga Airbag Mobil Bila Harus Diganti?

Tahu harga airbag mobil dapat menjadi panduan saat harus mengganti atau memperbaikinya. Berapa kisaran dan cara perawatannya?

harga airbag mobil

Harga airbag mobil sebenarnya cukup bervariasi. Pada bengkel spesialis, komponen airbag alias kantung udara, dijual bergantung merek mobil.

Jika penggantian komponen kantung udara di lakukan di bengkel resmi, biayanya memang terbilang mahal hingga menyentuh Rp 25 jutaan. Tentunya, biaya ini sepadan dengan fungsi dan nilai keselamatan pengemudi.

Namun jika dana terbatas, mengganti airbag rusak di bengkel spesialis bisa jadi alternatif.

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Harga komponen biasanya dihitung satuan, di luar ongkos kerja. Penasaran dengan harganya? 

Harga airbag mobil

Sebagai contoh, harga modul airbag mobil untuk jenis Toyota New Yaris satu set, kiri dan kanan dijual Rp 5.500.000. Untuk Toyota New Kijang Innova Reborn satu set penuh, dijual Rp 13.000.000.

Harga airbag untuk Toyota All New Rush cukup mahal, sekitar Rp 9.000.000 1 pasang kiri dan kanan depan. Lalu harga airbag mobil Toyota All New Avanza adalah Rp 2.700.000 untuk 1 pasang, bagian kiri dan kanan depan.

Baca juga: Terlibat dalam Tabrakan Beruntun, Siapa yang Salah dan Bertanggung Jawab?

Harga set airbag Daihatsu All New Xenia dijual Rp 6.000.000. Sementara untuk Daihatsu New Sirion seharga Rp 1.300.000 untuk bagian penumpang saja.

Semua harga tersebut adalah harga modul balon airbag saja. Selain itu, komponen airbag terdiri dari beberapa bagian, sensor dan inflantor. 

harga airbag mobil

Mengganti airbag

Bengkel-bengkel spesialis perbaikan kantung udara seperti ini banyak tersebar di penjuru ibu kota. Seperti di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Cengkareng dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

Kemudian bengkel variasi di Taman Puring, Jakarta Selatan sampai ke Kampung Utan di Tangerang Selatan. 

Pada bengkel spesialis, biasanya menerapkan perbaikan berdasarkan komponen yang rusak. Misal penggantian sensor airbag dikenai biaya rata-rata mulai Rp 470.000. Penggantian ECU dikenai rata-rata Rp 2.600.000. 

Untuk cover setir biasanya sekitar ratusan ribu saja. Lalu, untuk jasa pengerjaan berkisar Rp 3-6 juta bergantung jenis dan merek mobilnya.  

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Saja Efeknya?

Agar tetap berfungsi baik dan terhindar dari biaya yang lumayan besar jika harus diperbaiki, ada baiknya airbag ini dirawat. Bagaimana caranya?

harga airbag mobil

Menjaga fungsi airbag

Kantung udara dapat dijaga fungsinya dengan langkah-langkah mudah. Silakan ikuti agar kantung udara mobil berfungsi dengan baik.

  • Menjaga kelistrikan. Lakukan pemeriksaan berkala pada aki dan ECU mobil untuk menjaga fungsi airbag tetap berjalan baik. Jika terjadi kerusakan, biasanya lampu indikator airbag akan menyala di layar MID.
  • Hindari banjir dan genangan air tinggi. Bagi pemilik kendaraan, usahakan untuk tidak sering menerobos genangan air yang tinggi. Risiko kerusakan sistem kelistrikan akibat korsleting bisa membuat fungsi airbag terganggu.
  • Guncangan keras. Jika mobil pernah mengalami guncangan keras, misal menabrak benda padat, tiang pembatas parkir atau jalan berlubang, bisa mengganggu fungsi airbag.
  • Jangan memodifikasi sistem kelistrikan. Hal ini tentu saja bisa akibatkan fungsi airbag terganggu.

Nah, namun meski telah dijaga dan dirawat terkadang airbag juga bisa mengalami malfungsi loh. Faktor apa saja penyebabnya? 

setir mobil

Penyebab kerusakan

Faktor pertama adalah kerusakan sistem sensor. Ini bisa juga diakibatkan oleh cacat produksi dari pabrik. Meski jarang terjadi, namun faktor rusaknya sensor seperti ini tetap mungkin menimpa pemilik kendaraan.

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Sensor kantung udara juga bisa rusak akibat terkena air. Jadi, jika mobil pernah terendam banjir, besar kemungkinan kantung udara mengalami kerusakan.

Faktor kedua, adanya kerusakan pada perangkat lunak dan kelistrikan. Kerusakan ini juga umumnya diakibatkan oleh pabrikan. Namun bisa juga akibat kabel-kabel listrik yang terputus akibat gigitan tikus.  

Faktor terakhir, kerusakan kantung udara terjadi pada cacat produksi pada modulnya. Kerusakan ini mengharuskan penggantian modul sekaligus memeriksa semua komponen seperti sensor dan kelistrikan.

Baca juga: Cegah Kendaraan Bodong, Yuk Bayar Pajak Lewat Aplikasi!

Jadi, setelah mengetahui harga airbag mobil, yang cukup mahal jika diganti, sebaiknya mulai merawat dan menjaganya agar berfungsi optimal. Jangan sampai di saat darurat, airbag mobil justru tidak bekerja dan malah merugikan kamu ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.