Tips & Rekomendasi

Jangan Paksakan Diri Mengemudi, Nih Daftar Rest Area Tol Cipali

Rest area Tol Cipali sangat berguna dalam menempuh perjalanan panjang. Selain isi bahan bakar, pengendara juga butuh untuk istirahat.

rest area tol cipali

Bagi pengendara yang tengah melakukan perjalanan jauh, Rest area Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) jadi lokasi yang bermanfaat.

Bisa jadi tempat untuk rehat sejenak dan juga untuk mengisi bahan bakar kendaraan. Daripada beristirahat di bahu jalan, karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.

Untuk itu fasilitas rest area Tol Cipali dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengguna jalan.

Total panjang dari jalan Tol Cipali ini kurang lebih mencapai 116 Km. Jika kalian memaksakan untuk non stop berkendara tanpa istirahat, tentu jadi hal yang membahayakan.

Lebih baik kalian beristirahat di rest area yang telah disediakan. Berikut SEVA akan berbagi informasi mengenai fasilitas yang tersedia di rest area tersebut.

Pembagian Tipe Rest Area Tol Cipali

rest area tol cipali

Berdasarkan laman resmi badan pengelola jalan tol yakni, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), rest area jalan tol terbagi menjadi 3 tipe yaitu tipe A, B dan C.

Lantas apa perbedaannya? 

Rest Area Tipe A

Untuk rest area tipe A, lokasi ini harus terletak di lahan yang luas yaitu luas minimal 6 hektare dan lebar minimal 150m.

Baca juga: Rest Area Tol Trans Jawa dan Fasilitasnya saat Arus mudik Lebaran 2022

Selain itu fasilitas yang disediakan harus lengkap antara lain, ATM Center, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran

Kemudian untuk intervalnya rest area tipe ini paling sedikit harus tersedia satu buah setiap 50 km di setiap jurusan. Sementara itu jarak antar tipe A berikutnya minimal 20 Km.

Tersedia empat rest area dengan tipe A di sepanjang Tol Cipali yaitu:

  1. KM 101
  2. KM 102
  3.  KM 164
  4.  KM 166

Untuk rest area KM 101 dan KM164, letaknya pada jalan tol yang mengarah ke Jakarta. Sementara itu rest area KM 102 dan KM 166, ada di arah jalan tol menuju ke Cirebon.

Rest Area Tipe B

rest area cipali

Selanjutnya rest area tipe B. Umumnya terletak di lahan yang sedikit lebih kecil dibandingkan tipe A, minimal luas lahan 3 hektare dan lebar minimal 100m.

Untuk memudahkan akses pengunjung, fasilitas yang disediakan antara lain ATM Center, toilet, kios minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir.

Rest area tipe ini dapat disediakan di jalan tol antar kota yang memiliki panjang lebih dari 30km. Untuk jarak minimum antara tipe A dan tipe B yaitu 10km

Sementara jarak minimum antar tipe B berikutnya adalah 10km.

Baca juga: Mengenal Golongan Kendaraan di Tol dan Tarifnya

Untuk lokasi rest area tol Cipali tipe B terletak di empat titik, yaitu:

  1. KM 86 A
  2. KM 86 B
  3.  KM 130 A
  4. KM 130 B

Letak lokasi untuk rest area KM 86 A dan KM 130 A itu berada di jalur tol yang menuju arah Cirebon. Sementara, rest area KM 86 B dan KM 130 B ada pada jalur sebaliknya atau menuju arah Jakarta.

Rest Area Tol Cipali Tipe C untuk Momentum Tertentu

rest area

Kemudian ada juga rest area tipe C. Lokasi ini memiliki luas wilayah paling kecil dibandingkan tipe-tipe lainnya. Dengan luas minimal 0,25 hektare dan lebar minimal 25 meter.

Fasilitas yang tersedia di rest area C ini meliputi toilet, kios, mushola, dan tempat parkir yang bersifat sementara.

Rest area tipe C ini biasanya hanya dioperasikan pada momentum tertentu, seperti saat libur panjang Lebaran atau Natal.

Selain itu jarak minimum antara rest area tipe ini dengan tipe lainnya, maupun dengan sesama tipe C itu adalah 2 Km.

Itulah tipe-tipe rest area Tol Cipali yang bisa kalian manfaatkan untuk beristirahat sejenak. Jangan memaksakan perjalanan kalian, jika sudah merasa lelah.

Apalagi fasilitas pendukung tiap rest area tersebut sudah sangat modern. Banyak outlet yang menjajakan makanan atau minuman.

Jadi kalian akan merasakan kenyamanan saat berkunjung ke rest area Tol Cipali tersebut.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi