Search Cars

Berita Utama Otomotif

Transaksi Nirsentuh Bakal Hilangkan Gerbang Tol, Uji Cobanya Tahun Ini

Gerbang tol nirsentuh akan menggantikan gardu tol konvensional yang ada selama ini. Lantas, kapan uji cobanya mulai berlaku?

gerbang tol

Gerbang tol atau gardu tol konvensional rencananya akan dihilangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan UMUM (PUPR). Sebagai gantinya, akan diterapkan transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF). 

Pada saat melewati ruas tol, nantinya pengendara tidak perlu membayar secara konvensional. Nantinya pengendara tinggal melakukan transaksi nirsentuh dan tentunya bisa mempercepat pengendara saat melewati ruas tol ketika melakukan pembayaran. 

Tidak hanya itu saja, transaksi nirsentuh pada ruas tol ini diharapkan bisa memberikan kelebihan. Mulai dari menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

Alasan penerapan gerbang tol nirsentuh

akses gerbang tol

Terdapat beberapa alasan mengapa pemerintah menerapkan gerbang tol nirsentuh. Hal ini dijelaskan langsung oleh Ali Rachmadi selaku Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR. 

Ia mengatakan bahwa rencana penerapan bayar tol nirsentuh didasarkan beberapa hal. Pertama adalah terkait dengan pesan Presiden Joko Widodo yang meminta agar antrean di gerbang tol dihilangkan dan diganti dengan aplikasi-aplikasi sensorik. 

“Di mana kegiatan pengumpulan tol merupakan salah satu kegiatan dalam pengoperasian jalan tol, dan mengeluarkan Permen nomor 16 tahun 2017 tentang transaksi non tunai di jalan tol,” kata dia. 

Seperti diketahui, dalam Permen nomor 16 tahun 2017 tersebut hanya terfokus pada penggunaan uang elektronik saja. Oleh karena itu, Kementerian PUPR menerbitkan kembali Permen PUPR nomor 18 tahun 2020 tentang transaksi tol non-tunai nirsentuh di jalan tol.

Terdapat 6 ruas tol yang akan diterapkan

tol jagorawi

Terdapat 6 ruas tol yang nantinya akan menerapkan gerbang tol nirsentuh. Uji coba sistem bayar tol nirsentuh yang pertama rencananya akan dilakukan di Tol Bali Mandara pada bulan Juni 2023 mendatang. 

“Ada lima ruas tol setelah Tol Bali Mandara. Rencana uji coba sepenuhnya untuk tambahan lima ruas tersebut pada Desember 2023,” ujar Ali. Setelah Tol Bali Mandara, akan ada lima ruas tol lainnya yang akan menerapkan bayar tol nirsentuh. 

Lima ruas tol yang menjadi prioritas untuk dilakukan uji coba setelah Tol Bali Mandara adalah:

  • Tol Balikpapan-Samarinda
  • Tol Jagorawi
  • Tol Jakarta-Cikampek
  • Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong)
  • Tol Dalam Kota

Dengan begitu, secara keseluruhan akan ada 6 ruas jalan tol yang akan menerapkan bayar tol tanpa sentuh. 

Bayar tol nirsentuh

rest area tol cipali

Untuk cara bayar tol tanpa sentuh , pengendara bisa menggunakan aplikasi Cantas. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS). 

Baca juga: Tips Membedakan Jok Mobil Kulit Asli dan Sintetis

Penggunaan teknologi ini bisa memudahkan cara bayar tol tanpa sentuh karena bisa dilakukan hanya melalui smartphone saja. 

Nantinya, pengguna yang sudah mengunduh aplikasi Cantas bisa langsung mendaftarkan kendaraannya ke dalam aplikasi tersebut. Setelah melakukan pendaftaran, data kendaraan seperti pelat nomor kendaraan akan terhubung dan sistem satelit. 

tol semarang

Data-data kendaraan yang terhubung itu, nantinya akan dikenali oleh sistem GNSS tersebut melalui ponsel yang digunakan oleh pengguna. Setelah itu, GPS akan menentukan lokasi berdasarkan satelit dan proses tap-matching akan berjalan di sistem pusat. 

Baca juga: Penghapusan Pajak Progresif Kendaraan, Apa sih Untungnya?

Saat kendaraan keluar tol dan proses tap-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif. Pengendara pun bisa langsung melakukan cara bayar tol nirsentuh tanpa harus menghentikan mobilnya saat melewati gerbang tol

Perlu diketahui bahwa sistem pembayaran tol tanpa sentuh ini sekarang masih dalam tahap sosialisasi. Namun menurut kamu, apakah pemberlakuan sistem baru ini akan efektif mengurangi antrean di gerbang tol?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.