Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Membedakan Jok Mobil Kulit Asli dan Sintetis

Jok kulit mobil biasanya ada yang terbuat dari kulit asli maupun kulit sintetis. Meskipun mirip, bagaimana cara membedakannya?

jok kulit mobil

Jok kulit mobil terbuat dari 2 jenis, yaitu dari kulit asli dan kulit sintetis. Keduanya memang memiliki tampilan yang cukup mirip, tapi dari segi harga tentunya kulit asli memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan kulit sintetis. 

Agar tidak sampai tertipu ketika memilihnya, pemilik mobil harus cukup jeli dalam memerhatikan perbedaan di antara keduanya. Meskipun tidak bisa dilihat hanya dengan sekilas, tetapi dengan melakukan pengamatan yang lebih detail perbedaannya bisa terlihat. 

Nah, agar tidak terkecoh simak infografis mengenai perbedaan jok kulit mobil yang asli atau sintetis ini!

jok kulit mobil

Mengingat jok kulit mobil yang asli ini cukup mahal, maka pemilik kendaraan harus mengetahui cara melakukan perawatan secara tepat. Caranya cukup mudah, bagaimana?

Bersihkan dengan lap chamois

Salah satu cara untuk membersihkan jok kulit mobil berbahan kulit adalah dengan menggunakan lap yang lembut, salah satunya adalah jenis lap chamois

Baca juga: Jenis Bahan Jok Mobil Masa Kini dan Perawatannya

Lap chamois terbuat dari bahan yang mampu menyerap kotoran yang menempel pada permukaan, termasuk pada permukaan jok kulit mobil. Untuk menggunakannya, cukup basahi lap ini dengan sedikit air lalu peras agar tidak terlalu banyak air. 

Menggunakan sampo atau sabun bayi

Jika kotoran pada jok mobil tidak hilang juga, bisa menggunakan sampo atau sabun khusus untuk bayi. Sabun jenis ini biasanya mengandung pH yang seimbang dengan tingkat keasaman yang rendah. 

Penggunaan sampo atau sabun bayi ini cukup aman jika digunakan pada jok kulit mobil. Setelah menggunakannya, jangan lupa untuk melakukan pengeringan dengan benar agar tidak menimbulkan jamur. 

sikat lembut

Menggunakan sikat lembut

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk membersihkan jok mobil selain menggunakan kain adalah sikat dengan bulu-bulu yang halus atau lembut. Biasanya sikat gigi khusus untuk bayi memiliki bulu yang halus sehingga bisa dimanfaatkan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis?

Untuk menggunakannya, tuang sedikit cairan pembersih pada sikat yang sudah bersih. Setelah itu, pakai sikat untuk menggosok area yang terkena kotoran dan gosok dengan lembut sampai kotoran terangkat. 

Lakukan putaran satu arah agar hasilnya bisa lebih maksimal. Setelah kotoran terangkat, gunakan lap untuk benar-benar membersihkan kotoran yang menempel tersebut. 

mobil kabin lega

Poles jok mobil

Langkah terakhir yang harus dilakukan pemilik mobil adalah dengan rutin memolesnya. Agar tampilan jok lebih mengilap, bisa menggunakan poles khusus untuk bahan-bahan kulit yang biasanya digunakan untuk tas atau dompet kulit. 

Baca juga: Kadaluarsa Ban Mobil Emang Ada? Aman Kalau Dipakai?

Nah, sudah tahu kan cara membedakan jok mobil dari kulit asli dan sintetis? Jangan lupa untuk melakukan cara-cara perawatannya agar jok mobil tetap mengilap dan awet ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.