Travel & Lifestyle

Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

Rest area arah Jakarta selain dapat digunakan untuk melepas lelah, dapat juga dijadikan lokasi rekreasi. Ini tempat pilihannya!

rest area arah jakarta

Keberadaan rest area arah Jakarta dengan desain lokasi bagus dan nyaman, dapat kamu jadikan sebagai tempat beristirahat sebelum kembali ke Ibukota. 

Tidak heran jika beberapa lokasi peristirahatan ini ada yang mendapatkan penghargaan karena memiliki desain lanskap atau desain bangunan yang indah.

Rest area arah Jakarta

rest area arah jakarta

Secara umum rest area berada di tepi ruas jalan tol. Rest area sendiri secara harfiah bermakna tempat untuk beristirahat.

Baca juga: Rest Area Tol Trans Jawa dan Fasilitasnya saat Arus mudik Lebaran 2022

Mengapa perlu beristirahat? Karena seperti diketahui, berkendara di tol dalam waktu yang lama dan jarak tempuh jauh akan riskan berisiko kecelakaan.

Dalam ketentuan, rest area dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan luas dan jaraknya. Untuk rest area tipe A, lokasi ini harus terletak di lahan yang luas yaitu luas minimal 6 hektar dan lebar minimal 150 meter.

Fasilitas yang disediakan harus lengkap antara lain, ATM Center, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau, hingga restoran.

Baca juga: Asuransi Jalan Tol Bila Mengalami Kecelakaan dan Cara Klaimnya

Rest area tipe B, minimal luas lahan 3 hektar dan lebar minimal 100 meter. Fasilitas yang disediakan antara lain ATM Center, toilet, kios minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir. 

kios

Kemudian ada rest area tipe C memiliki luas wilayah paling kecil dibandingkan tipe-tipe lainnya. Dengan luas minimal 0,25 hektar dan lebar minimal 25 meter. Fasilitasnya meliputi toilet, kios, mushola, dan tempat parkir yang bersifat sementara.

Selain itu, rest area arah Jakarta biasanya diberi label huruf B sebagai penanda. Sementara label huruf A adalah penanda rest area yang berada di arah keluar Jakarta.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Selain dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan mushola, rest area arah Jakarta  juga punya kapasitas tampung di lahan parkirnya yang memadai. Yuk simak, mana saja lokasi yang keren dan bisa membuat badan serta pikiran refresh?

Tol Cipularang Bandung ke Jakarta

rest area arah jakarta km 88 bandung

Rest area arah Jakarta yang nyaman dari ruas tol Cipularang terletak di KM 88B. Terkenal dengan Masjid Al Safar yang berdesain topi adat Sunda karya rancang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Masjid terbesar di rest area tol seluruh Indonesia ini luasnya 1.200 meter persegi yang dapat menampung hingga 6.000 jemaah Di dalamnya dilengkapi dengan AC, perpustakaan, toilet dan tempat wudhu, serta taman di bagian luarnya.

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Selain masjid di area ini tersedia pusat kuliner Kampoeng UMKM. Lapaknya berbentuk gerobak dan gubugan, khas jajanan kampung. Konsepnya bernuansa serba kayu dan dominasi warna cokelat. Cukup keren dijadikan latar swafoto.

Rest area di Jawa Tengah

rest area arah jakarta

Di ruas tol Trans Jawa pada wilayah Jawa Tengah, ada beberapa rest area arah Jakarta yang bagus dan cocok bagi kamu penyuka swafoto. 

Salah satu yang terkenal adalah di KM 260B atau yang sering disebut dengan bekas bangunan Pabrik Gula Banjaratma. Lokasinya berada di ruas tol Pejagan-Pemalang arah Jakarta, tepat di KM 260.

Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Gedung tua peninggalan kolonial itu memang awalnya berfungsi sebagai pabrik gula. Dengan penataan yang ciamik, kini disulap menjadi rest area arah Jakarta paling instagramable.

Dominasi bangunan tua dengan material batu bata merah, cerobong asap, jendela-jendela ukuran besar, serta tungku masak panjang dipertahankan sebagai ciri khas lokasi ini. Di dalamnya, ada ratusan kios UMKM yang menjual makanan, minuman, dan souvenir khas. 

rest area arah jakarta

Rest area arah Jakarta yang kedua di daerah Jawa Tengah terletak di ruas tol Bawen-Salatiga yang sering disebut rest area KM 456B yang dapat penghargaan Rest Area Terbaik di Indonesia dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Selain memiliki fasilitas yang lengkap, rest area ini juga memiliki sky bridge yang menghubungkan dua rest area di sisi kanan dan kiri jalan tol. 

Desain lima bangunan utama bergaya joglo dengan atap limas yang berdiri di sini memiliki filosofi yang terkait keberadaan lima gunung di Jawa Tengah. 

Tersedia tempat parkir yang luas mampu menampung ratusan mobil dan puluhan truk besar dan fasilitas lain seperti 2 ruang nursery, 61 toilet pria, 43 toilet wanita. Lalu ada juga lebih dari 40 UMKM penjual makanan dan minuman. 

Wilayah Jawa Timur

gerbang tol

Berikutnya di wilayah Jawa Timur. Rest area arah Jakarta yang bagus dan nyaman terletak di KM 575B tol Ngawi-Sragen. Berdesain modern, bangunan utamanya didominasi kaca persis di museum Louvre di Perancis.

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Selain itu lokasi ini punya pemandangan indah karena terletak di kaki Gunung Lawu. Jika udara cerah, maka kamu pasti beruntung dapat berpose dengan latar belakang gunung nan megah tersebut.

Sementara bangunan masjid di lokasi ini berdesain unik layaknya figur orang yang sedang rukuk. Bangunannya dilengkapi tempat berwudhu, toilet pria, wanita, dan toilet khusus difabel.

Tersedia juga stasiun pengisian bahan bakar dan kapasitas lahan parkir ratusan mobil pada area ini.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Setop, Kapan Diberlakukan di Indonesia?

Nah, buat kamu yang berencana berlibur di akhir tahun, jangan lupa catat deretan rest area arah Jakarta untuk dikunjungi saat kembali dari liburan ya. 

Siapkan kondisi fisik dan kesehatan. Jangan lupa, lakukan servis kendaraan sebelum bepergian agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan. Selamat liburan.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi