Search Cars

Travel & Lifestyle

Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Catat ya tarif tol Jakarta Bandung yang baru sebelum berangkat dan merencanakan liburan akhir tahun. Apakah ada kenaikan?

tarif tol jakarta bandung

Mengetahui tarif tol Jakarta Bandung terbaru penting dilakukan bagi kamu yang ingin berlibur melewatkan tahun baru di Kota Kembang. Apalagi di sekitar Kota Kembang banyak terdapat objek wisata lain yang bisa disambangi.

Beberapa objek wisata Bandung antara lain wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, Floating Market Lembang, glamping Grafika Cikole, wisata Kawah Putih, pemandian air panas Ciater, Planetarium Boscha, dan masih banyak lagi.

Jarak Jakarta ke Bandung jika ditempuh dari jalan tol Cipularang jaraknya kurang lebih 184 kilometer. Waktu tempuh yang diperkirakan saat berkendara dengan kecepatan mobil rata-rata 80 kilometer per jam akan membutuhkan sekitar 3 jam 20 menit.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Setop, Kapan Diberlakukan di Indonesia?

Yuk, simak berapa tarif tol terbaru untuk berwisata di kota Bandung dan sekitarnya! Jangan lupa, siapkan saldo uang elektronik berlebih daripada kehabisan ya!

Tarif tol Jakarta Bandung

bayar tol tanpa setop

Untuk sampai ke Bandung via tol, kamu bisa menggunakan jalur Jakarta-Cikampek, lalu mengambil arah menuju tol Cipularang (Cikampek Purwakarta Padalarang). Kemudian  keluar melalui pintu tol Cikamuning atau Padalarang.

Bagi kamu yang melalui tol lingkar luar alias Jakarta Outer Ring Road (JORR), alternatif menuju ke Bandung lainnya adalah via tol layang Mohammed Bin Zayed (MBZ). Nantinya masuk ke rute Jakarta-Cikampek lalu sambung ke tol Cipularang hingga Purbaleunyi.

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Berikut tarif tol Jakarta Bandung terbaru untuk kendaraan Golongan I meliputi jenis sedan, jip, pick up, bus dan truk kecil.

Rute perjalanan dari Jakarta dan keluar di gerbang tol:Tarif tol
PadalarangRp63.000
BarosRp64.500
Pasteur Rp66.000
Pasir Koja Rp67.000
KopoRp67.500
Moh. TohaRp67.500
Buah BatuRp68.500
CileunyiRp72.500

Tol baru Jakarta Bandung

Tarif tol Jakarta Bandung

Selain jalur tol di atas, saat ini pemerintah juga membangun jalur tol alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas di tol Cikampek, utamanya jelang libur Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Tol terbaru ini adalah jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan. Nantinya, jika telah beroperasi tol ini dapat memangkas waktu tempuh menuju Bandung lebih cepat 1,5 jam. 

Menurut rencana, tol Japek II Selatan akan menyambungkan daerah Jatiasih, Bekasi ke Sadang, Purwakarta sepanjang 62 kilometer. 

Dengan desain jalan dapat dilalui maksimum kecepatan 80 kilometer per jam membuat perjalanan dari Jatiasih menuju Sadang dapat ditempuh sekitar 45 menit. Selanjutnya, pengguna jalan dapat meneruskan untuk arah ke Bandung melalui jalan tol Cipularang. 

Jarak tersisa menuju Bandung adalah sekitar 75 kilometer atau sekitar 55 menit perjalanan. Sehingga total dari Jatiasih ke Bandung memerlukan waktu tempuh kurang lebih 100 menit saja!

Tips aman berkendara di tol 

rem truk blong

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan rencana berlibur dengan rute melewati jalan tol, sebaiknya perhatikan beberapa hal agar aman dan nyaman saat berkendara.

Baca juga: SIM Indonesia Bisa Dipakai di Luar Negeri, Negara Mana Saja?

  • Menjaga jarak aman. Ini salah satu cara menghindari tabrakan beruntun jika kendaraan di depan melakukan manuver secara tiba-tiba, kamu punya waktu yang cukup untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. 
  • Mematuhi batas kecepatan. Umumnya di jalan tol batas kecepatan maksimal adalah 80-100 kilometer per jam. Ikuti rambu petunjuknya agar selamat dan terhindar dari pantauan kamera tilang elektronik yang sudah mulai berlaku.
  • Waspada kontur permukaan jalan. Terkadang ada beberapa ruas jalan tol yang berlubang-lubang, atau berkontur tidak rata (bergelombang). Kendarai kendaraan dengan batas kecepatan aman agar lajunya mudah dikendalikan. Lebih baik untuk menghindari ruas jalan tol yang berlubang untuk menghindari kejadan yang tidak diinginkan seperti ban mobil pecah.
  • Hindari berada di belakang atau di depan truk. Seperti diketahui truk dengan muatan berisiko mengalami rem blong. Menghindari berada di belakang atau depan kendaraan tersebut membuatmu terhindar dari risiko kecelakaan. Selain itu, jika jarak berkendara dengan truk sangat dekat akan berisiko karena tidak dapat melihat keadaan jalan yang ada didepannya.
Tarif tol Jakarta Bandung

Selain mengisi saldo uang elektronik yang cukup, periksa kondisi fisik kartunya. Jika kartu alami sobek, patah atau bagian chip nya tergores, sebaiknya jangan digunakan lagi. Jadi sebaiknya kamu kartu baru agar terhindar dari masalah saldo tidak terbaca. Jika tidak mempersiapkan saldo elektronik akan menghambat lalu lintas arus tol.

Baca juga: Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Catat tarif tol Jakarta Bandung terbaru di atas! Sebelum berangkat siapkan dokumen perjalanan dan kendaraan juga ya. Selamat mempersiapkan liburan dengan aman dan nyaman! 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.