Search Cars

Tips & Rekomendasi

AC Mobil Bocor, Kenali Penyebab dan Solusinya

AC mobil bocor bisa membuat kabin menjadi panas dan tentunya hal ini menjadi tidak nyaman. Apa saja penyebab hal itu terjadi?

ac mobil bocor

AC mobil bocor bisa menyebabkan hawa yang dihasilkan menjadi tidak dingin. Hal ini tentu bisa membuat penumpang ataupun pengemudi merasa tidak nyaman selama di perjalanan. 

Padahal pendingin di dalam mobil ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan karena iklim Indonesia yang cenderung panas dan lembap. Salah satu gejalanya adalah tiba-tiba meneteskan air atau mengeluarkan busa-busa putih saat dinyalakan. 

Pada umumnya kebocoran ini bisa disebabkan banyak hal. Apa saja hal tersebut? 

isi freon

Isi freon yang kurang

AC mobil bocor ini bisa terjadi karena adanya lubang atau retakan pada selang freon. Lubang atau retakan tersebut bisa menyebabkan komponen AC mobil seperti kompresor bekerja lebih keras lagi untuk memompa freon ke seluruh sistem untuk bisa mendinginkan mobil. 

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Kompresor akan terus-menerus bekerja, tetapi gas freon tidak kunjung keluar karena adanya kebocoran pada selang. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa menyebabkan komponen kompresor pada akhirnya menjadi rusak. 

freon terlalu banyak

Mengisi freon terlalu banyak

Isi freon yang kurang bisa menyebabkan AC mobil bocor, begitupun juga sebaliknya. Isi freon yang terlalu banyak juga bisa memicu kompresor menjadi mati total atau bahkan menjadi rusak dan tidak berfungsi. 

Hal ini terjadi karena daya kompresor tidak akan mampu bekerja dengan baik ketika freon melebihi kapasitas. Untuk itu, pastikan mengisi freon dengan tepat dan dilakukan oleh teknisi yang sudah terpercaya serta berpengalaman. 

filter ac

Adanya sumbatan karena kotoran

Proses kerja AC mobil akan terus berulang selama dihidupkan saat posisi kendaraan sedang dinyalakan. Ketika filter dryer pada AC mobil tidak berfungsi secara maksimal maka bisa terjadi penyumbatan dari debu yang terdapat dalam freon. 

Baca juga: Mobil Listrik Terobos Banjir, Akan Mogok Atau Tidak ya?

Sumbatan ini pada akhirnya bisa memicu AC mobil bocor dan juga bisa berpengaruh pada kompresor, yang pada akhirnya akan jebol atau bahkan mati total. Tentunya jika hal ini terjadi, kompresor akan menjadi rusak. 

compressor

Pelapis karet (seal) mengalami kebocoran

Pelapis karet atau seal berpotensi mengalami keretakan atau sobek. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan AC mobil bocor dan pada akhirnya hanya bisa menghasilkan hembusan angin yang tidak dingin. 

Selain itu, kerusakan pada seal dapat menyebabkan kinerja kompresor yang berfungsi untuk memompa gas freon ke sistem AC menjadi lemah. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan AC menjadi kurang dingin atau tidak dingin sama sekali. 

ac mobil bocor

Usia pakai

Seluruh komponen yang ada pada mobil tentu memiliki jangka waktu atau usia pakai. Jika AC mobil bocor secara tiba-tiba sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya. 

Baca juga: Bahaya Water Hammer di Musim Hujan, Hati-hati!

Periksa seluruh komponen, mulai dari kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Komponen yang sudah melewati batas usia pemakaian maksimum namun masih tetap dipakai kemungkinan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal.

ac mobil bocor

Extra fan mati  

Penyebab lain AC mobil bocor adalah extra fan yang mati sehingga hanya mengeluarkan hawa angin saja. Hal ini akan menyebabkan proses kondensasi akan terganggu dan mengalami masalah seperti mesin mobil overheat

Extra fan yang mati juga dapat menyebabkan suhu mesin menjadi panas dan naik drastis. Untuk itu, segera perbaiki extra fan atau ganti dengan yang baru jika mengalami kerusakan. 

Nah, agar AC mobil selalu dalam keadaan prima jangan lupa untuk sering-sering mengecek kondisinya dan selalu lakukan servis mobil secara rutin ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.