Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bahaya Water Hammer di Musim Hujan, Hati-hati!

Bahaya water hammer mengintai di musim hujan. Jangan sepelekan. Waspadai cirinya dan ketahui tips saat harus terobos banjir.

bahaya water hammer

Bahaya water hammer jangan dianggap remeh. Selain menyebabkan kerusakan mesin, kondisi ini juga mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

Apa itu water hammer? Kondisi ini diartikan sebagai keadaan saat air masuk ke dalam ruang pembakaran, atau bahkan sampai masuk ke sistem pelumasan.

Biasanya, kondisi ini diakibatkan saat mobil dipaksakan menerobos genangan air yang cukup tinggi. Risiko water hammer meningkat di musim hujan saat banyak genangan air dan banjir melanda jalanan.

Baca juga: Knalpot Keluar Air, Apa Mesin Mobil Ada Masalah?

Akibat dari water hammer adalah mesin mobil bisa mati mendadak. Kondisi ini tentu dapat mengancam keselamatan pengendara di belakang serta meningkatkan risiko tabrak belakang.

Hati-hati ya. Lalu, risiko terburuk apa itu water hammer jika sampai menimpa kendaraan? 

asuransi mobil kebanjiran

Kenali bahaya water hammer

Selain mogok, kondisi water hammer juga bisa mengakibatkan kerusakan serius pada mesin kendaraan. Tidak mau kan mobil jadi rusak parah karena water hammer

Bahaya water hammer rusak piston

Kerusakan yang mungkin terjadi adalah rusaknya stang piston, atau kondisi piston bengkok. 

Baca juga: Cara Merawat Sunroof Mobil Agar Awet dan Tidak Bocor

Air yang masuk akan memberikan dorongan kuat berlawanan dari gerakan piston. Karena yang terkompresi adalah air bukan udara, maka stang piston mengalami bengkok.

Akibat paling buruk lainnya adalah terjadi kondisi blok mesin pecah. Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki selain mengganti blok dengan yang baru.

bahaya water hammer

Kebocoran mesin

Bahaya lain yang mengancam adalah risiko kebocoran mesin. Air yang masuk ke dalam mesin bisa menimbulkan kebocoran pada bagian sambungan mesin. 

Baca juga: Penyebab Fuel Pump Mobil Sering Rusak

Biasanya kondisi bocor ini tidak terjadi secara langsung, melainkan sedikit demi sedikit. Jika tidak segera ditangani maka kebocoran bisa semakin besar. Ciri utama kebocoran adalah asap kendaraan berwarna putih. Waspada.

efek ganti knalpot mobil

Kerusakan pada knalpot

Bahaya water hammer lain adalah kerusakan pada knalpot, khususnya pada bagian catalytic converter. Kerusakan ini akibat air yang terhisap masuk dari knalpot akan tertampung pada bagian ini.

Dampak buruknya adalah komponen tersebut kehilangan fungsi utama sebagai penyaring gas buang yang berakibat mesin tidak bisa menyala. Fatal bukan?

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Untuk lebih waspada, kenali juga ciri water hammer pada kendaraan. Apa saja?

Ciri water hammer biasanya ditandai dengan timbulnya suara aneh pada roda setelah mobil menerjang genangan air. Bunyinya seperti suara berderit yang tidak nyaman.

Selain itu, ciri water hammer mobil adalah tersendat saat pedal gas diinjak. Jika mengalami kedua ciri water hammer tersebut sebaiknya segera menepi dan hubungi jasa derek atau bengkel resmi terdekat.

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Namun jika karena suatu kondisi, mobil terpaksa harus menerobos genangan air atau banjir, ikuti tips terobos banjir ini.

bahaya water hammer

Tips terobos banjir

Sebelum menerjang genangan air, perhitungkan beberapa hal di bawah ini.

  • Perkirakan ketinggian air. Jika air lebih tinggi dari ban kendaraan, urungkan niat menerobos banjir. Berbahaya!
  • Lihat situasi sekitar, hindari jalan dengan arus air yang deras. Arus air ini bisa meningkatkan risiko air masuk ke knalpot atau ruang mesin.
  • Jangan menerobos banjir jika berhadapan atau berdampingan dengan kendaraan lebih besar. Gelombang riak air dapat dari kendaraan tersebut bisa masuk ke mesin.

Saat semua kondisi terpantau aman, gunakan persneling rendah untuk mengendalikan kecepatan. Pertahankan gas dan kecepatan kendaraan saat menerobos banjir.

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Jaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan, sebagai langkah antisipasi risiko tabrak belakang. Mengikuti tips terobos banjir dapat meminimalkan risiko bahaya water hammer.

Bagi pemilik kendaraan, waspada berkendara selama musim penghujan bisa membantu mengantisipasi risiko kecelakaan. Sangat disarankan untuk tidak menerobos banjir dengan alasan apapun! 

Bagi pengendara pemula yang belum tau apa itu water hammer, sebaiknya selalu hindari jalanan yang tergenang air. 

Pilihlah rute yang aman dan pantau situasi melalui radio, sosial media serta aplikasi peta penunjuk jalan. Stay safe!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.