Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Merawat Sunroof Mobil Agar Awet dan Tidak Bocor

Jangan sampai melupakan merawat sunroof mobil. Apalagi bagian ini terpapar panas dan hujan secara langsung. Bagaimana caranya?

merawat sunroof mobil

Lupa untuk merawat sunroof mobil bisa membuat fungsi dan estetikanya menjadi rusak. Paling parah jika sunroof sampai mengalami kebocoran, pasti suasana di kabin mobil jadi tidak nyaman!

Penyebab kerusakan sunroof sendiri beragam, salah satunya kesalahan pemilik mobil yang kerap menutup tidak rapat, membuka dengan kasar, atau bahkan sering menjemurnya di panas terik secara langsung.

Sejatinya, sunroof didesain untuk free maintenance alias tidak membutuhkan perawatan. Namun, menjaga semua fungsi dan estetikanya berjalan lancar dapat menjadi langkah merawat sunroof dan membuatnya lebih tahan lama.

Baca juga: Punya Mobil Tapi Tidak Punya Garasi, Bagaimana Solusinya?

Ikuti beberapa langkah sederhana untuk merawat sunroof mobil tetap cantik dan berfungsi baik.

Mobil BMW Paling Laku

Hindari panas langsung

Terlalu sering mendapat paparan sinar matahari langsung dapat membuat karet-karet penahan air di bagian ini menjadi getas. Untuk itu pemilik mobil sebaiknya melindungi dengan membungkus seluruh badan mobil dengan cover.

Paparan sinar matahari langsung juga bisa membuat elastisitas karet penahan air itu menjadi berkurang. Meski tidak membuat bocor, karet yang telah berkurang elastisitasnya bisa akibatkan sunroof tidak rapat saat ditutup dan membuat suara dari luar masuk ke kabin.

Keringkan setelah hujan

Merawat sunroof mobil agar tetap awet juga bisa dilakukan dengan mengeringkannya setelah terkena hujan atau setelah mobil dicuci. Mengapa demikian?

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Air dapat akibatkan karat pada bagian rel sunroof jika tidak segera dikeringkan pasca terkena air. Rusaknya rel tentu saja berakibat sunroof sulit dibuka dan ditutup. 

Air juga bisa membuat tumbuhnya jamur pada kacanya serta pinggir karet penahan air di sunroof. Tentu saja ini akan membuat sunroof kehilangan estetikanya.

Rawat bagian rel

Bagian rel jangan luput dari perawatan. Caranya cukup dengan membersihkannya dari kerak dan karat di sana. Bagian rel yang berkarat jelas akan mengganggu 

Bersihkan dari kerikil

Debu atau partikel halus seperti kerikil bukan tidak mungkin tertiup angin dan menempel di sunroof. Akibat paling buruk adalah partikel itu mengeras dan menutup saluran pembuangan air. Jadi, memastikan bagian ini bebas dari debu dan kerikil juga penting loh. 

Baca juga: 11 Cara Mengusir Kecoa di Mobil, Dijamin Ampuh!

Partikel debu dan pasir yang mengeras juga bisa membuat luka pada bagian karet-karet sunroof. Jika sudah demikian, maka risiko bocor mengintai.

merawat sunroof mobil

Jangan diamkan sunroof 

Sering membuka tutup kaca sunroof ternyata menjadi salah satu cara untuk merawatnya tetap berfungsi baik. Lakukan kegiatan ini setiap minggu sekali. Minimal saat mobil dijalankan, dan tidak hujan, bukalah bagian sunroof sekurangnya 10 menit.

Kaca sunroof yang terlalu lama tidak dibuka tutup, dapat mengakibatkan kacanya melekat pada karet. Ini bisa membuat getas bagian karet tersebut serta dapat meninggalkan noda pada pinggir kaca. 

Berdasarkan jenisnya

Nah setelah mengetahui cara merawatnya, kenali juga beberapa jenis dan kategori yaitu sunroof, moonroof dan panoramic. Apa sih beda ketiganya? 

Sunroof

Umumnya, bagian kaca yang menempel pada atap mobil lazim disebut sunroof. Padahal ada sedikit perbedaan. Sunroof biasanya memiliki bukaan kaca ke arah atas, sehingga saat mobil melaju udara segar dapat masuk. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Isi Bensin, Siang Atau Malam Hari?

Namun sunroof dianggap mengurangi aerodinamika kendaraan karena lazimnya kaca yang terbuka ke atas menahan laju udara di bagian atap mobil.

merawat sunroof mobil

Moonroof

Berbeda dengan sunroof, pada moonroof, kaca yang terbuka masuk ke bagian dalam kabin, sehingga dianggap lebih aerodinamis. 

Panoramic

Untuk jenis terakhir, panoramic adalah kaca yang menempel pada bagian atap mobil namun tidak dapat dibuka. Panoramic juga umumnya lebih lebar dan lebih panjang dari sunroof dan moonroof.

Baca juga: Penyebab Mobil Ditarik Leasing dan Bagaimana Solusinya

Panoramic juga biasanya berposisi di atas jok baris kedua, atau jok penumpang. Sedangkan sunroof dan moonroof biasanya berposisi di atas jok baris pertama. 

Nah, mudah kan cara merawat sunroof pada mobil? Kalau penasaran dengan deretan mobil-mobil yang dilengkapi sunroof, bisa loh cek spesifikasi dan harganya di SEVA.

Deretan mobil-mobil tersebut tentu saja bisa kamu miliki. Langsung saja gunakan fitur Instant Approval, untuk mengetahui jumlah cicilan yang paling cocok dengan kemampuan finansialmu. Mudah, kan?

Anak Kecil Aja Tahu, beli mobil Jelas dari Awal, ya cuma di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.