Search Cars

Keuangan

Tips Keuangan Menjelang Bulan Ramadan dan Lebaran 2023

Bulan Ramadan dan Lebaran 2023 semakin dekat, nih. Keuangan kamu sudah siap? Cek tipsnya di sini biar dompet nggak terkuras!

lebaran 2023

Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran 2023, selain mental, fisik, dan batin, keuangan juga jadi salah satu hal yang wajib dipersiapkan. 

Pasalnya, pada momen tersebut, akan ada berbagai pengeluaran tidak terduga. Mulai dari agenda buka bersama, harga barang-barang yang meningkat, biaya untuk mudik, hingga pakaian baru untuk Hari Raya.

Ramadan 2023 sendiri, menurut Muhammadiyah akan dimulai pada Kamis, 23 Maret 2023 dan Lebaran 2023 akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Sedangkan, hingga saat ini pemerintah belum merilis ketetapan.

Baca juga: Dengan UMP 2023 Jakarta, Bisa Beli Mobil Baru Apa Saja Sih?

Supaya dompet kamu nggak terkuras, yuk atur anggaran untuk Ramadan dan Lebaran 2023 dengan baik. Begini tipsnya.

1. Tentukan anggaran

tips atur uang

Tips keuangan pertama sebelum Ramadan dan Lebaran 2023 tiba adalah membuat catatan secara detail yang berisi rincian anggaran yang akan dikeluarkan nanti. 

Sebagai contoh, kamu bisa mencatat besaran anggaran untuk mudik yang meliputi biaya perjalanan seperti bensin atau tiket pulang-pergi, zakat fitrah, biaya bahan baku untuk menu buka puasa dan Lebaran, budget untuk agenda buka bersama, hingga biaya pakaian baru.

Baca juga: Fasilitas Dana Cepat dan Manfaat Refinancing Saat Dibutuhkan

Agar lebih rapi, kamu bisa mengelompokkannya berdasarkan pengeluaran untuk bulan puasa dan lebaran.

Dengan mencatat rincian anggaran yang akan dikeluarkan, kamu akan terhindar dari yang namanya over budget, sehingga keuangan setelah Idul Fitri tetap aman dan tidak menipis.

2. Masak menu sahur dan berbuka sendiri

kelebihan kompor listrik

Untuk menekan anggaran saat Ramadan 2023, sebaiknya masak sendiri menu sahur dan berbuka puasa. Kamu bisa siapkan daftar menu masakan selama satu bulan penuh agar anggaran untuk menu saat bulan puasa terencana dengan baik.

3. Belanja lebih awal

Tips keuangan untuk Ramadan 2023 selanjutnya adalah belanja lebih awal. Sebab, biasanya saat bulan puasa, harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Baca juga: Fasilitas Dana Cepat dan Manfaat Refinancing Saat Dibutuhkan

Untuk mengantisipasinya, sebaiknya belanja kebutuhan pokok lebih awal. Tapi ingat, tidak perlu panic buying, ya. Tetap beli sesuai kebutuhan.

4. Pisahkan uang THR Lebaran 2023 dengan gaji

mengatur uang thr

Menjelang Hari Lebaran, diluar gaji yang didapat, biasanya para pekerja akan mendapatkan bonus berupa uang THR (Tunjangan Hari Raya). Ini artinya, akan ada pemasukan yang lebih besar dibanding biasanya. 

Nah, agar tidak terjadi pemborosan, segera pisahkan uang THR tersebut dengan gaji. Untuk gaji, tetap dialokasikan untuk kebutuhan bulanan dan pengeluaran rutin setiap bulannya.

Baca juga: Pertimbangan Keuangan Sebelum Kamu Kredit Mobil Baru

Sedangkan untuk THR, bisa kamu gunakan untuk keperluan di Hari Raya. Tapi ingat, gunakan dengan bijak dan seperlunya, ya. Lebih bagus lagi jika ada sisa, sehingga bisa kamu tabung.

5. Siapkan dana darurat

dana darurat

Menyiapkan dana darurat menjadi hal yang wajib kamu lakukan saat Ramadan 2023. Meskipun Hari Lebaran hanya berlangsung sebentar, namun anggaran yang dibutuhkan relatif tidak sedikit, terutama untuk mudik.

Bahkan, bisa jadi pengeluaran yang telah perhitungkan meleset. Tapi, dengan adanya dana darurat, kamu jadi lebih tenang. Kondisi keuangan pasca Lebaran juga lebih terjaga.

6. Tentukan skala prioritas

lebaran 2023

Momen Idul Fitri sering kali menjadi momen “kalap” belanja bagi sebagian orang. Banyak yang berpikir, karena momen ini hanya datang setahun sekali, jadi tidak masalah untuk membeli berbagai barang, meskipun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Baca juga: Mending Beli Mobil di Bawah 100 Juta Bekas Apa DP Mobil Baru?

Kamu bisa menghindari hal tersebut dengan membuat skala prioritas. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau masih bisa dikesampingkan. 

Cara ini juga bisa kamu terapkan saat menentukan undangan buka bersama mana yang benar-benar perlu didatangi.

7. Komitmen dengan rencana keuangan

cara mengatur keuangan

Tips keuangan Ramadan dan Lebaran 2023 terakhir adalah komitmen dengan rencana keuangan yang sudah dibuat. Sebab jika tidak, maka akan merusak flow keuangan dan pengeluaran bisa membengkak.

Mendapatkan uang tambahan

Tidak perlu khawatir kondisi keuanganmu akan terganggu pada bulan Ramadan. Kini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan, salah satunya dengan menjadi Teman SEVA.

Apa itu Teman SEVA? Ini adalah sebuah program insentif yang memungkinkan kamu dapat penghasilan Rp1 juta hingga Rp2,5 juta per mobil yang berhasil dijual. Semakin banyak mobil yang kamu rekomendasikan dan jual, maka penghasilanmu juga akan semakin besar.

lebaran 2023

Untuk bisa mendaftar jadi Teman SEVA, ternyata tidak sulit dan pastinya mudah. Bagaimana caranya? 

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA   ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan. 

Syarat yang dibutuhkan

Nah, setelah mengetahui cara ikutan serta langkah-langkah untuk mendaftar Teman SEVA jangan lupa untuk segera melakukan registrasi. Untuk melakukannya, kamu harus mengisi nomor handphone serta data diri.

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan sehubungan dengan layanan yang ada, bisa langsung menghubungi infotemanseva@seva.id

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.