Search Cars

Tips & Rekomendasi

Persiapkan Dari Sekarang, Cek Yuk Rekomendasi Mobil Buat Perjalanan Mudik

Perjalanan mudik libur Lebaran sudah di depan mata. Simak deretan mobil rekomendasinya agar nyaman di jalan, aman di kantong.

perjalanan mudik

Perjalanan mudik libur Lebaran 2023 identik dengan bepergian bersama keluarga. Memilih mobil keluarga yang tepat untuk aktivitas ini harus dilakukan dengan cermat agar liburanmu menyenangkan. Lalu mobil apa yang pas dijadikan kendaraan serbaguna yang andal?

Memilih model mobil MPV (Multi Purpose Vehicle), sangat tepat untuk mengantar kamu dan keluarga menyambut sukacita Lebaran 2023 di kampung halaman. Selain mampu memuat 7 penumpang atau lebih, mobil MPV juga dikenal irit dan bandel mesinnya.

Beberapa mobil MPV yang bisa jadi pilihan sebut saja Toyota Sienta, Toyota Veloz, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Daihatsu Granmax. Simak yuk, rekomendasi mobil-mobil terbaik untuk menemani perjalanan mudik Lebaran 2023 nanti.

Perjalanan mudik dengan MPV Toyota

Dari pabrikan Toyota, deretan mobil MPV yang bisa kamu pilih menemani perjalanan mudik adalah Toyota Voxy. Apa yang membuat mobil ini layak dipertimbangkan untuk menemani libur Lebaran 2023?

Toyota All New Voxy

voxy

Dimensi mobil ini cukup lega, panjang sumbu roda 2.850 milimeter dan lebar 1.735 milimeter. Mobil 7 penumpang ini makin nyaman dengan model pintu geser dan konfigurasi jok baris kedua yang bisa diatur untuk membawa banyak barang seperti koper saat mudik. 

Baca juga: 6 Mobil Kabin Lega yang Cocok Buat Pecinta Wisata Kuliner

Dengan mesin 2.000 cc bertransmisi CVT, efisiensi BBM mobil Toyota All New Voxy untuk luar kota tercatat 17 kilometer per liter. Sangat irit untuk ukuran mobil keluarga berdimensi bongsor.

Untuk fitur keamanan kamu tidak perlu khawatir, mobil ini sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang mengandalkan sensor dan radar. Makin aman dong pastinya buat perjalanan mudik saat libur Lebaran 2023?

Toyota Sienta tepat temani perjalanan mudik keluarga

toyota new sienta

Mobil ini bisa dibilang adalah mobil keluarga impian. Mampu memuat 7 penumpang, dengan konfigurasi jok baris kedua model captain seat. Kabin yang lega didukung pintu penumpang model geser yang membuat leluasa proses keluar masuk penumpang.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Pintu Geser yang Praktis Buat Penumpang

Dengan mesin berkode 2NR-FE, 4 silinder segaris, 16 Valve, DOHC, berkapasitas 1.500 cc tenaga maksimal Toyota Sienta sampai 105 daya kuda dan torsi 140 Nm. Teknologi Dual VVTi membuat konsumsi bensinnya super irit, yaitu 17,5 kilometer per liter BBM.

Toyota Veloz

veloz

Mobil keluarga berikutnya adalah Toyota Veloz. Performa mobil yang tangguh dan bermesin bandel, membawanya menjadi idola masyarakat Indonesia. Tahun lalu, penjualan Toyota Veloz digabung dengan Toyota Avanza tercatat mencapai 92.641 unit. 

Toyota Veloz dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc, kabinnya mampu memuat 7 penumpang, dengan fitur jok ISOFIX dan Long Sofa Mode membuat nyaman perjalanan libur akhir Ramadan 2023 bersama seluruh keluarga. 

Baca juga: Banyak Kontroversi, Korlantas Polri Resmi Stop Pelat RF Mulai Oktober 2023

Urusan konsumsi BBM, Toyota Veloz termasuk irit dipakai perjalanan mudik. Konsumsi rata-rata untuk jarak luar kota adalah 14,8 kilometer per liter. Nyaman di kantong kan?

Toyota Avanza

warna tren

Berikutnya adalah Toyota Avanza. Mobil serbaguna ini sudah membuktikan diri menjadi kendaraan Sejuta Umat. Mesin bandel, perawatan murah dan irit BBM menjadi nilai plus mobil yang pertama mengaspal tahun 2003 lalu. 

Toyota Avanza dibekali mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, dengan konsumsi bensin luar kota mencapai 15 kilometer per liter dan 14,8 kilometer per liternya. Sekali isi full tank Shell Super menghabiskan Rp560 ribuan dan dapat menempuh jarak lebih 600 kilometer.

Toyota All New Kijang Innova Zenix

harga innova zenix

Berlibur di penghujung Ramadan 2023 akan semakin menyenangkan dan irit di kantong jika kamu menggunakan mobil hybrid Toyota All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Dalam pengujian mampu menghemat BBM di perjalanan luar kota hingga 21 kilometer per liter.

Baca juga: Modifikasi Model Pelat Nomor Bisa Ditilang Loh, Ini Aturannya

Toyota All New Kijang Innova Zenix Hybrid dibekali mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine, 4 silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 174 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500 – 4.900 RPM.

Faktor irit bensin Toyota All New Kijang Innova Hybrid berasal dari penggunaan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuat bodinya lebih ringan. Selain itu didukung transmisi CVT, membuat mobil ini 50 persen lebih efisien BBM.

Perjalanan mudik dengan mobil Daihatsu

Mobil keluarga yang cocok menyambut libur penghujung Ramadan 2023 juga datang dari pabrikan Daihatsu. Apa saja?

Daihatsu New Sirion

Daihatsu Sirion

Mobil bermesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4 silinder dengan kubikasi 1.329 cc ini dilengkapi Key Free alias teknologi keyless untuk akses keluar masuk kendaraan. Sementara untuk menyalakan mesin pengemudi tinggal menekan tombol Start Stop Engine. 

Baca juga: Banyak Terjadi Pelanggaran Lalu Lintas di Jawa Tengah, Polisi Tegas

Joknya dilengkapi ISOFIX, Long Sofa Mode dan fitur Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu secara otomatis pada kecepatan tertentu. 

Konsumsi bensinnya makin irit dengan fitur Idle Stop System, mampu membuat konsumsi BBM luar kota Daihatsu Sirion sejauh 13,8 kilometer per liter.

Mudik irit dengan Daihatsu Xenia 

kelebihan penggerak roda depan

Mobil berjuluk Kendaraan Sejuta Umat ini adalah rekomendasi pertamanya. Dikembangkan dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) agar performa mobil lebih maksimal, sensasi berkendara halus, dan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

All New Xenia tipe 1.3L dibekali dengan mesin berkode 1NR-VE kapasitas 1.300 cc dengan daya 96 daya kuda dan torsi maksimum 122 Nm. Sedangkan untuk tipe 1.5L dibekali mesin berkode 2NR-VE kapasitas 1.500 cc, daya 105 daya kuda dan torsi hingga 138 Nm.

Menunjang keselamatan berkendara, tersemat fitur seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Immobilizer, dan Antilock Braking System serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD). 

Jok Daihatsu Xenia mengusung fitur ISOFIX dan Long Sofa Mode, yang membuat perjalanan mudik ke luar kota menyambut Lebaran 2023 semakin aman dan nyaman.

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Kuasai 30 Mobil Paling laris di Indonesia Selama 2022

Catatan konsumsi bensin luar kotanya tercatat 16 kilometer per liter untuk mesin 1.3L dan 15 kilometer per liter untuk mesin 1.5L. Tertarik meminangnya? 

Daihatsu All New Xenia dibanderol paling murah Rp218.700.000. Kamu bisa membelinya dengan mencicil di SEVA dengan DP Rp 43.700.000 maka cicilan per bulan hanya Rp 5.200.000 selama 5 tahun. 

Daihatsu Granmax

harga mobil MPV baru

Mobil MPV berikutnya adalah Daihatsu Granmax. Kapasitas angkutnya banyak bisa mencapai 9 orang berkat dimensi panjang 4.045, lebar 1.665 dan tinggi 1.900 milimeter. Didukung pintu geser yang makin membuat fleksibilitas mobil semakin nyaman.

Baca juga: Alami Penyegaran, Ini Kelebihan Daihatsu Granmax Baru

Daihatsu Granmax telah mengalami pembaruan dengan menyematkan mesin baru berkapasitas 1.500cc, dengan teknologi VVT-i membuatnya makin tangguh dan irit bahan bakar. Konsumsi bensin luar kotanya mencapai 13,5 kilometer per liter.

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Rekomendasi mobil berikutnya adalah Daihatsu Rocky. Mengusung platform DNGA, Daihatsu Rocky hadir dalam pilihan mesin 1.0L turbo dan 1.2L. Berapa konsumsi bensin rata-ratanya untuk jarak luar kota?

Untuk mesin 1.0L turbo, catatannya mencapai 19,5 kilometer per liter, sedangkan pada mesin 1,2L tercatat 22,7 kilometer per liter BBM. Mantap! 

Baca juga: Bahaya Mengemudi Mobil di Saat Kondisi Tubuh Kelelahan

Meski termasuk dalam model mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dan memiliki kapasitas penumpang 5 orang, Daihatsu Rocky tetap nyaman dipakai menempuh perjalanan mudik. 

Tips perjalanan mudik nyaman

perjalanan mudik

Nah, agar semakin nyaman saat melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Siapkan kondisi fisik. Mengendarai mobil jarak jauh butuh kondisi tubuh yang sehat. 
  • Istirahat setiap 3 jam. Gunakan lokasi istirahat atau rest area untuk mengembalikan kebugaran tubuh.
  • Lakukan peregangan otot. Saat beristirahat gunakan waktu untuk meregangkan persendian dan otot tubuh. Utamanya bagian pundak, leher, punggung dan otot kaki.
  • Periksa kondisi kendaraan, tekanan angin ban, air radiator, jumlah oli saat beristirahat di rest area.

Jika ingin merasakan kenyamanan berlibur ke kampung halaman bersama keluarga, kamu bisa melihat daftar mobil terbaru idaman di SEVA. Jangan khawatir, karena ada fitur Loan Calculator yang memberimu perhitungan kredit paling masuk akal.

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Lalu fitur Instant Approval akan memberikan persetujuan pembelian kredit paling cepat dalam hitungan menit saja. Libur lebaran bakal lebih nyaman dengan mobil baru. Mantap kan? 

Selamat mempersiapkan libur Lebaran 2023. Ingat untuk selalu mematuhi batas kecepatan di jalan tol dan petunjuk rambu lalu lintas selama perjalanan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.