Search Cars

Keuangan

Pertimbangan Keuangan Sebelum Kamu Kredit Mobil Baru

Sebelum kredit mobil baru, ada berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan lebih dulu. Kira-kira hal apa yang perlu dipikirkan?

kredit mobil baru

Pada saat kredit mobil baru sebaiknya jangan terburu-buru dilakukan. Salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah kemampuan finansial itu sendiri apakah bisa membayar cicilan per bulannya atau tidak. 

Kondisi ekonomi di Indonesia yang sudah lebih baik setelah pandemi juga membuat banyak orang berencana membeli mobil baru. Semakin banyak masyarakat yang ingin melakukan kredit sebenarnya menjadi pertanda baik karena bisa mendorong daya beli masyarakat. 

Tidak hanya bisa meningkatkan daya beli masyarakat, tetapi semakin banyak transaksi pembelian mobil baru juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun agar tidak salah langkah, ketahui dulu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kredit mobil baru.

Tips keuangan untuk kredit mobil baru 

tips keuangan karyawan

Cari tahu tips keuangan untuk kredit mobil baru agar tidak sampai mengganggu kondisi finansial. Apa saja yang harus dilakukan?

Cek besaran uang muka yang akan dibayarkan

Tips keuangan pertama sebelum kredit mobil baru adalah dengan mengetahui besaran uang muka yang harus dibayarkan. Ini menjadi hal penting karena uang muka atau DP yang dibayarkan tersebut akan berpengaruh pada cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Tidak hanya harga mobil baru tersebut, tetapi ketahui juga mengenai seluruh detail biaya yang harus dibayarkan. Mulai dari biaya administrasi, biaya provisi, dan biaya-biaya lainnya yang harus dikeluarkan. 

Jangan lupa juga untuk memeriksa tenor yang ditawarkan karena biasanya tenor yang disediakan beragam. Jadi, pastikan semua biaya dan tenor yang disediakan sudah dipahami dengan baik. 

Perhatikan biaya perawatan mobil yang dibutuhkan

bengkel curang

Selain mengetahui harga mobil baru yang diinginkan, ketahui juga ada biaya perawatan yang harus dikeluarkan setiap bulan atau bahkan setiap tahunnya. Biaya perawatan ini menjadi biaya tidak terduga yang jarang disadari.

Baca juga: Plat Nomor Putih Resmi, Bagaimana Cara Mengurusnya?

Perawatan rutin yang harus dilakukan mulai dari mengganti oli, servis AC, perawatan mobil, dan masih banyak lagi. Jadi, selain memastikan harga mobil baru sudah sesuai dengan kemampuanmu pertimbangkan juga biaya perawatan yang harus dikeluarkan. 

Asuransi mobil

asuransi

Pertimbangan lain sebelum membeli mobil adalah asuransi kendaraan yang akan dipilih. Saat ini ada berbagai jenis mobil yang ada, mulai dari jenis mobil MPV, mobil LCGC, ataupun mobil SUV dan tentunya semua jenis mobil tersebut membutuhkan asuransi sebagai perlindungan. 

Asuransi ini berguna untuk membuat pengemudi mobil merasa lebih aman dari risiko-risiko yang mungkin terjadi. Berbagai kejadian yang tidak diinginkan bisa saja terjadi ketika sedang berada di jalan raya. 

Pajak yang harus dibayarkan

telat bayar pajak kendaraan

Setiap tahunnya, pemilik kendaraan harus membayar pajak kendaraan yang mereka miliki. Di Indonesia sendiri, sudah ada aturan pajak yang harus ditaati dan itu semua akan berbeda-beda pada setiap jenis mobil. 

Baca juga: Tidak Cuma SIM, BPJS Sekarang Jadi Syarat Urus STNK

Apakah itu jenis mobil MPV atau mobil keluarga, mobil LCGC, dan jenis-jenis mobil lainnya memiliki besaran pajak yang berbeda. Jika memiliki mobil lebih dari satu, biasanya akan ada pajak progresif yang harus dibayarkan karena jumlah kendaraan bertambah.

Cari tahu kemampuan membayarnya

mengatur uang thr

Jika sudah mengetahui jenis mobil apa yang diinginkan, entah itu mobil MPV, mobil LCGC, ataupun jenis mobil lain langsung cek kemampuan membayar. Pastikan kondisi keuangan yang ada cukup untuk membayar cicilan sampai selesai. 

Jangan sampai kamu memaksakan membeli mobil dengan keadaan keuangan yang sedang tidak stabil atau memiliki cicilan lainnya yang belum selesai.

Baca juga: Cara Mengurus dan Biaya Plat Nomor Sementara

Agar kemampuan membayar kredit mobil baru tidak terganggu cobalah untuk memiliki penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan menjadi Teman SEVA. 

Apa itu Teman SEVA? 

loan calculator SEVA

Teman SEVA merupakan sebuah program insentif dari SEVA untuk teman-teman yang menginginkan tambahan uang bulanan mulai dari 1 Juta hingga 2,5 Juta per mobil yang berhasil dijual.

Bagaimana cara mendaftar Teman SEVA?

  • Kunjung bit.ly/Daftar-TemanSEVA  ​
  • Registrasi menjadi user SEVA​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay ya! Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan

Apabila pendaftar dan/atau Teman SEVA membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan sehubungan dengan layanan Kami, pendaftar dan/atau Teman SEVA dapat menghubungi SEVA melalui surat elektronik infotemanseva@seva.id.

Baca juga: Layanan Pajak Online Bisa Diakses Menggunakan NIK, Bagaimana Caranya?

Jadi, tunggu apalagi nih kalau mau dapat uang bulanan tambahan, yuk jadi Teman SEVA sekarang!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.