Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mobil Terbakar, Apa Saja yang Bisa Jadi Penyebabnya?

Kenali penyebab mobil terbakar, agar bisa mencegah dan hindari risikonya. Yuk, cari tahu penyebabnya, jangan dianggap remeh ya!

penyebab mobil terbakar

Penyebab mobil terbakar jangan disepelekan. Karena banyak hal dapat menjadi pemicu kebakaran pada mobil. Tentu tidak mau kan kejadian ini menimpa mobil kesayangan kamu?

Penyebab mobil terbakar yang utama adalah terjadinya masalah pada sistem kelistrikan. Bisa karena arus pendek, masalah pada sekring mobil, kondisi aki tidak terawat, sampai kabel yang terkelupas akibat digigit tikus.

Selain masalah-masalah pada sistem kelistrikan tersebut, ada hal lain yang bisa menjadi penyebab mobil terbakar. 

Penyebab mobil terbakar

Kebocoran bahan bakar

Penyebab mobil terbakar yang paling sering adalah adanya kebocoran pada selang atau tangki bahan bakar. Kebocoran pada selang suplai bahan bakar umumnya terjadi karena masa pakai yang telah lama. 

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Sementara kebocoran pada tangki bahan bakar bisa diakibatkan banyak hal, salah satunya dari kebiasaan buruk sering menunda isi bensin. Untuk itu, sangat disarankan pemilik mobil untuk rutin memeriksa kedua komponen tersebut.

mobil iverheating

Mesin overheat

Kondisi lain yang dapat menjadi pemicu kebakaran pada kendaraan adalah keadaan mesin yang terlalu panas atau overheat. Pemicunya bisa karena mesin mengalami modifikasi yang tidak sesuai, sehingga bekerja melebihi batas.

Pemicu mesin overheat lainnya adalah terjadinya gangguan pada sistem pendingin mobil seperti radiator. Untuk itu pastikan selalu melihat suhu temperatur mesin di Multi Information Display (MID).

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Saja Efeknya?

Matikan mesin segera jika indikator penanda suhu mesin menunjukkan kondisi terlampau panas. 

power steering rusak
5 Tanda Power Steering Rusak dan Cara Memperbaikinya

Gangguan pada power steering

Jangan sepelekan perawatan selang power steering. Kebocorannya bisa memicu kebakaran pada mobil. Biasanya disebabkan oleh selang power steering getas atau retak rambut sehingga membuat tetesan minyak ke mesin memicu terjadinya kebakaran. 

Umumnya posisi selang ini dekat dengan exhaust manifold, sehingga jika bocor akan rentan memicu kebakaran. 

efek ganti knalpot mobil

Penyebab mobil terbakar karena knalpot 

Kebocoran pada bagian knalpot juga berisiko membuat kebakaran. Ini bisa disebabkan karena saat pemasangan tidak sempurna. Jadi buat kamu yang berniat melakukan servis knalpot pastikan dikerjakan oleh bengkel spesialisnya.

Baca juga: Apa Sih Efek Ganti Knalpot Mobil?

Hawa panas dari knalpot yang bocor dapat memicu kebakaran. Uap panas akan masuk ke selang bahan bakar dan berujung petaka. Selain itu, kebocoran knalpot juga dapat membuat mesin cepat panas.

penyebab mobil terbakar

Faktor eksternal penyebab mobil terbakar

Selain sejumlah hal di atas, faktor cacat produksi juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran di mobil. Sedangkan faktor eksternal yang dapat memicu kebakaran adalah posisi parkir mobil dekat dengan sumber panas tinggi, seperti tempat pembakaran sampah.

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Usahakan selalu parkir mobil di tempat yang aman, teduh dan tidak berisiko memicu kebakaran. Lalu, bagaimana cara mencegah dan meminimalisir risiko kebakaran pada kendaraan. Berikut tipsnya.

cuci steam mobil

Tips cegah mobil terbakar

Hal yang harus diingat adalah, dengan rutin memeriksa kendaraan dapat meminimalkan risiko terjadinya kebakaran. Selain itu, kamu dapat juga lakukan beberapa tips ini.

Pertama, hindari mencuci bagian mesin kendaraan jika tidak diperlukan. Bagian mesin ini dipenuhi sumber kelistrikan dan kabel serta sekring yang rentan konslet jika terkena air.

Mencuci bagian mesin juga dapat berisiko kain lap pengering tertinggal di sana. Kain ini bisa memicu kebakaran jika tertinggal akibat terkena panas mesin dan pada akhirnya menimbulkan api.

Baca juga: Cuci Steam Mobil, Apa Kelebihannya dengan Cuci Sendiri?

Kedua, saat parkir mobil, jangan meninggalkan benda mudah terbakar di dalam kabin. Apa saja benda tersebut? Misalnya korek api gas, kaleng aerosol pengharum kabin, power bank, kaleng parfum dan sebagainya.

Benda lain yang bisa menjadi pemicu kebakaran adalah hand sanitizer. Ini karena sifatnya yang mudah terbakar karena mengandung alkohol dan bahan kimia lain. Jika terpapar panas dalam waktu lama, botolnya berpotensi meledak dan memicu kebakaran.

Baca juga: Penyebab Fuel Pump Mobil Sering Rusak

Risiko kebakaran juga dapat diakibatkan kelalaian meninggalkan botol berisi air mineral di kabin mobil. Karena terpapar sinar matahari, botol dapat berubah seperti kaca pembesar, jika panas ini terpapar dasbor atau kulit jok mobil, akan picu kebakaran.

Sebagai langkah pencegahan kebakaran, menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil amat disarankan. Berapa kisaran harganya?

Penyebab mobil terbakar

Harga APAR mobil

Saat ini banyak APAR yang dibuat khusus untuk ditempatkan di dalam kabin. Bentuknya yang kompak dan mudah disimpan di kolong jok menjadi keunggulan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Cara Menghemat BBM Pakai Oktan Lebih Tinggi?

Harga APAR mobil cukup terjangkau, ukuran 500 gram dijual mulai Rp 50 ribu di toko online. Untuk yang berukuran berat 1 kilogram dijual mulai Rp 160 ribu.

Untuk mobil-mobil kelas LCGC, MPV dan SUV, siapkan APAR ukuran 1 kilogram. Namun jika ingin membeli APAR yang lebih besar boleh saja. Harga APAR mobil ukuran 2,5 kilogram dijual toko online mulai Rp 300 ribu.

Dengan mengetahui penyebab mobil terbakar, serta rutin melakukan langkah antisipasi, maka kamu dapat menghindari potensi kebakaran. Jangan abaikan ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.