Search Cars

Editor's Pick

Deretan Mobil Toyota yang Mengaspal di Tahun 2022, Apa Saja?

Mobil Toyota yang meluncur di tahun 2022 hadir dengan berbagai teknologi terbaru yang disematkan di dalamnya. Ada apa saja?

mobil toyota

Mobil-mobil Toyota yang diluncurkan selama 2022 ini cukup beragam dan tentunya bertujuan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pengguna. Salah satu yang mencuri perhatian pada tahun ini adalah kehadiran mobil listrik pertama dari pabrikan mobil asal Jepang ini. 

Tidak hanya itu saja, mobil dengan teknologi hybrid juga dihadirkan oleh Toyota untuk semakin menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan. Berbagai mobil yang dihadirkan ini juga bisa memberikan banyak pilihan bagi para konsumen.

Daftar mobil Toyota yang meluncur tahun ini

innova zenix

Ada 11 mobil Toyota yang meluncur pada tahun 2022. Apa saja itu? 

1. Toyota New Fortuner 2.8
2. Toyota Land Cruiser
3. Toyota All New Corolla Altis
4. Toyota All New Voxy
5. Toyota New Calya
6. Toyota GR86
7. Toyota All New Vios
8. Toyota bZ4X
9. Toyota All New Kijang Innova Zenix
10. Toyota Hilux GR Sport 
11. Toyota GR Supra

Bagaimana review singkat mengenai ubahan serta kecanggihan fitur mobil-mobil baru tersebut? 

Toyota New Fortuner 2.8 

fortuner

Pada bulan Januari 2022 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota New Fortuner yang hadir dengan tipe baru dengan mesin diesel berkapasitas 2.800cc. Pada generasi sebelumnya, kapasitas mesin tertingginya berada pada 2.500cc. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Beli Mobil Akhir Tahun Banyak Bonusnya?

Mesin diesel terbarunya ini sudah dibekali dengan Variable Nozzle Turbo atau VNT yang mampu menghasilkan 201 daya kuda dengan torsi 500Nm. Pada mesin berkapasitas 2.800cc ini tersedia dua tipe penggerak, yaitu 2 dan 4 roda. 

Mesin baru ini tersedia untuk varian Toyota Fortuner VRZ A/T, serta GR Sport yang merupakan versi sporty dan dihadirkan dengan label Gazoo Racing

Toyota Land Cruiser 

toyota land cruiser

Generasi terbaru Toyota Land Cruiser ini terlihat gagah dan maskulin lewat serangkaian ubahan di bagian eksterior, juga terasa semakin mewah dari segi interior. 

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Pada bagian depannya, terdapat tiga baris grill tebal serta aksen chrome untuk menambah kesan powerful. Bentuk lampu depan yang persegi dengan LED serta lampu kabut memberikan kesan minimalis dibandingkan seri sebelumnya. 

Kemudian pada bagian interiornya, dominasi warna hitam terlihat jelas pada bagian jok dan kabin. Warna hitam ini mampu memberikan sensasi mewah ketika duduk di dalamnya. 

Dari segi dapur pacunya, menggunakan mesin berkode 1VD-FTV berkapasitas 4.451 cc V8 dengan 32 katup serta teknologi DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 231 daya kuda pada 3200 RPM serta torsi 615 Nm pada 1800-2200 RPM. 

Toyota All New Corolla Altis 

toyota corolla altis

Selanjutnya ada Toyota All New Corolla Altis yang hadir dengan 2 varian terbaru yaitu varian bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). Pada generasi terbarunya, sedan premium ini terlihat lebih modern dan agresif serta bentuk grill depan trapezoid yang membuatnya lebih gagah. 

Baca juga: Review dan Kelebihan Daihatsu Sigra R Deluxe

Memakai mesin 2ZR-FE 1.8 liter 4 silinder Dual VVT-i, Toyota All New Corolla Altis mampu menghasilkan tenaga 138 daya kuda dengan torsi 177 Nm. Tenaga tersebut didistribusikan melalui transmisi 7-percepatan. 

Ditambah lagi dengan penyematan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan Double Wishbone pada belakang, membuat performa mobil Toyota yang satu ini makin garang. 

Pada varian yang hybrid, Toyota All New Corolla Altis menggunakan mesin bensin 2ZR-FXE dan dinamo listrik dengan kapasitas 1.800 cc. Emisi gas yang dihasilkan hanya gas CO2 sebanyak 22 gram per kilometer.

Toyota All New Voxy 

toyota all new voxy

Toyota All New Voxy resmi diluncurkan pada bulan Februari 2022 dengan tampilan eksterior yang lebih sporty dan stylish. Generasi keempat mobil ini hadir dengan berbagai teknologi baru yang lebih advance.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Parkir Mundur Bikin Mobil Gampang Dicuri

Mobil ini juga mengadopsi mesin baru, platform TNGA, serta didukung dengan teknologi Toyota Safety Sense 3.0.  Mesin tersebut berkode M20A-FKS, yang menjadikannya sebagai mobil Toyota kedua di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Dynamic Force Engine. 

Dengan kapasitas 2.000 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC, mobil ini mampu memberikan performa yang lebih baik. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 167 daya kuda pada 6.600 RPM serta torsi 20,6 Kgm pada 4.900 RPM.

Tenaga dan torsi ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT yang halus dan responsif sehingga lebih efisien. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 15 kilometer per liter. 

Toyota New Calya

Toyota New Calya

Toyota New Calya menjadi salah satu produk unggulan mobil kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). Agar lebih bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, mobil ini hadir dengan tampilan terbarunya atau facelift

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Sesuai slogan Partner in Times, Toyota New Calya 2022 juga mendapatkan beberapa sentuhan tambahan di bagian eksterior. Salah satunya New Smoked LED Headlamp yang membuat mobil ini tampak lebih atraktif namun tetap menonjolkan kesan agresif dan dinamis. 

Tampilan mobil juga terlihat lebih aerodinamis berkat adanya New Designed 14 Inch Alloy Two Tone Machining berlapis chrome, serta penambahan New Shark Fin Antenna untuk menegaskan kesan modern dan berkelas. 

Pada versi facelift ini, tersedia 7 warna pilihan.Terdiri dari White, Silver Metallic, Black, Red, Orange Metallic, dan Bronze Mica Metallic yang bisa dipilih sesuai selera.

Toyota GR86 

GR86

Toyota All New GR86 menjadi salah satu mobil yang diperkenalkan, guna meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah sports car yang fun to drive. Mobil tersebut juga menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi oleh para car enthusiast termasuk di Indonesia.

Baca juga: New Daihatsu Sigra Bisa Menjadi Pilihan untuk Keluarga Muda

Dengan mesin baru yang lebih bertenaga, Toyota All New GR86 sudah mendapatkan Official GR Aeroparts dan TCO GR part yang didesain untuk menguatkan karakter sporty Toyota GR86. 

Toyota GR86 tidak hanya hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif serta sporty, namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga. 

Mesin baru pada mobil ini memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 2.400 cc masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah. 

Baca juga: 7 Mobil Rp200 Jutaan dengan Cicilannya Ramah di Kantong

Dengan rasio kompresi yang sama yaitu 12,5:1, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih tinggi, di mana output maksimum meningkat 14 persen, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 RPM menjadi 235 PS (173 kW) pada 7.000 rpm. 

Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18 persen, dari 212 Nm pada 3.700 RPM, menjadi 250 Nm pada 3.700 RPM.

Toyota All New Vios 

toyota all new vios

Toyota All New Vios secara resmi diluncurkan dengan tampilan yang lebih elegan dan powerful. Salah satunya adalah penggunaan grille trapezoidal dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi. 

Mobil ini menggunakan platform Daihatsu New Global Architect (DNGA) yang membuat bobot mobil menjadi lebih ringan. Keunggulan lain dari penggunaan platform DNGA ini juga membuat mobil lebih irit bahan bakar. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Innova Zenix Lengkap, Berapa Cicilannya?

Penggunaan velg alloy berukuran 17 inci juga tampak mendominasi di bagian samping mobil yang membuat tampilan mobil menjadi lebih berwibawa. Serta memiliki radius putar 5,2 meter sehingga pengemudi bisa lebih nyaman saat melakukan manuver. 

Pada generasi terbarunya ini, Toyota All New Vios mengadopsi mesin baru dengan kode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang tangguh dan andal. 

Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal namun tetap irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara. 

Toyota bZ4X

harga Toyota bZ4X

Toyota bZ4x menjadi salah satu mobil listrik yang banyak ditunggu karena ini merupakan mobil listrik pertama dari Toyota. 

Baca juga: Resmi Mengaspal di Indonesia, Begini Review bZ4X Paling Lengkap!

Dari segi spesifikasinya, Toyota bZ4X ini menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform ini selain memiliki bobot yang lebih ringan dan struktur yang lebih rigid, bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Untuk pasar Indonesia, Toyota hanya menghadirkan satu varian yaitu Front Wheel Drive (FWD) yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil ini butuh waktu selama 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Baca juga: Kelebihan dan Fitur Toyota bZ4X yang Memudahkan Penggunanya

Toyota bZ4X ini memiliki kemiripan dengan Subaru Solterra yang dilengkapi dengan ban yang cukup mumpuni yaitu dengan ukuran 18 inci. Pada bagian samping, terdapat kamera 360 derajat yang memudahkan pengemudi saat berkendara atau parkir.

Di area depan, terlihat ada side square serta roof rail. Keduanya semakin mempertegas tampilan sebuah crossover yang bisa diandalkan untuk segala kondisi jalanan. 

Toyota All New Kijang Innova Zenix 

innova zenix

Toyota All New Kijang Innova Zenix dirancang untuk mewujudkan mobilitas yang nyaman dan aman. Sekaligus mendukung visi Toyota dalam menciptakan ever-better cars untuk dunia yang lebih sustainable dan inklusif, serta untuk mencapai pengurangan emisi karbon.

Baca juga: Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Secara sekilas, mobil ini terlihat seperti mobil-mobil SUV padahal sebenarnya mobil ini merupakan jenis MPV. Pada varian tertinggi yaitu Q Hybrid, lampunya sudah LED dan model yang sudah dilengkapi dengan body kit dari Modellista. 

Pada varian mesin bensin, Toyota All New Kijang Innova Zenix ini menggunakan mesin TNGA berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang tentunya lebih powerful. 

Kapasitas mesin yang digunakan adalah 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 171 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 RPM. 

Baca juga: Review Toyota Innova Zenix, Bagaimana Sensasi Mengendarainya?

Sedangkan untuk mesin hybrid menggunakan mesin TNGA dengan kode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM. 

Toyota Hilux GR Sport

hilux gr sport

Toyota Hilux GR Sport hadir dengan bagian eksterior yang terlihat lebih gagah dan tangguh. Pada model ini, tampilannya ditingkatkan dengan penyematan beberapa ornamen khas GR Sport.

Misalnya dengan penggunaan grill trapezoidal kokoh yang mendominasi bagian depan memberikan kesan klasik. Ditambah juga dengan nama TOYOTA seperti milik Toyota Land Cruiser GR Sport dan tampilan yang lebih sporty dengan emblem GR Sport.

Baca juga: Cara Mudah Urus SIM Internasional Biar Bisa Nyetir di Luar Negeri

GR Side Plate di bawahnya juga tampak modern berkat kombinasi body color dan black gloss yang diperkuat oleh front bumper extension dan fog bezel sporty.

Kemudian pada bagian interior, terdapat GR Sport Type Seat yang terlihat sangat apik. Perpaduannya terdiri dari bahan suede, genuine, dan synthetic leather.

Toyota Hilux GR Sport ini menggunakan mesin diesel 1GD-FTV 2.800 cc 4-silinder. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda pada 3.000-4.000 RPM dan torsi 51 Kgm pada 1.600-2.800 RPM dengan standar emisi Euro-4. 

Toyota GR Supra

gr supra

Penampilan khas retro mobil sport yang legendaris masih tetap dipertahankan pada Toyota GR Supra. Salah satu perubahan yang terlihat adalah penggunaan 19-Inch Forged Aluminium Wheel baru yang berbagi desain dengan Toyota GR Yaris dan Toyota GR86. 

Baca juga: Alasan Masih Ada Nama Kijang pada Toyota Innova Zenix

Velg canggih ini diklaim lebih ringan sekitar 1,2 kilogram per buahnya dibandingkan model lama. 

Pada bagian interiornya, Toyota GR Supra memang sengaja dirancang lebih driver oriented yang tetap nyaman karena ada pengaturan jok secara elektrik. Ini bisa membuat pengemudi mendapatkan posisi duduk yang pas antara kebutuhan balap dan touring.

Toyota GR Supra menggunakan mesin berkapasitas 3.000 cc 6-silinder yang mampu menghasilkan tenaga 345 daya kuda pada 5.000-6.500 RPM dan torsi 500 Nm pada 1.600-4.500 RPM. 

Baca juga: Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Ikon Otomotif Nasional

Penggunaan Twin-scroll Turbocharger juga memastikan mesin mampu menyalurkan tenaganya menggunakan transmisi 8-speed Sport Automatic. Transmisi tersebut mampu menghasilkan tenaga yang bisa diandalkan baik itu di jalan tol ataupun di dalam kota.

harga innova zenix

Jika tertarik ingin membeli mobil-mobil tadi ataupun mobil Toyota lainnya bisa langsung mengunjungi SEVA dan jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur unggulan yang dihadirkan. 

Fitur-fitur tersebut adalah Instant Approval yang bisa membantu beli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dimana kamu bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Beli mobil Awas Kena Gocek, makanya biar SatSet pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA, yuk! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.