Search Cars

Editor's Pick

Mitos atau Fakta, Beli Mobil Akhir Tahun Banyak Bonusnya?

Apakah benar jika beli mobil akhir tahun akan lebih banyak keuntungan daripada kerugiannya? Yuk, cari tahu apa saja plus minusnya.

beli mobil akhir tahun

Beli mobil akhir tahun dipercaya orang memberi keuntungan tersendiri. Benarkah? Faktanya, memang banyak hal yang membuat konsumen tidak rugi saat membeli mobil di waktu tersebut loh.

Mengapa bisa begitu? Penjelasannya cukup sederhana. Banyak dealer mobil yang berinisiatif menghabiskan stok mobilnya di akhir tahun. Jika tidak terjual, maka penjual akan rugi karena pada tahun berikutnya tidak bisa menjual dengan harga yang baru. 

Yuk, simak apa saja hal yang menguntungkan ketika beli mobil akhir tahun. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan kamu yang ingin mewujudkan mobil impian untuk berlibur di penghujung tahun ini.

Untung beli mobil akhir tahun

uang digital

Beli mobil baru pada penghujung tahun biasanya mendapatkan keuntungan karena harga mobil turun dan banyak promo. Salah satu promosi yang sering diberikan pada konsumen adalah DP ringan.

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Pihak penjual bekerjasama dengan lembaga keuangan seperti bank atau leasing akan menghitung skema DP ringan atau bisa juga dengan menawarkan cicilan ringan. 

Dengan promo ini diharapkan konsumen akan tertarik membeli unit mobil idaman tersebut. Akhirnya konsumen dan pihak penjual untung serta lembaga pemberi pinjaman juga mendapatkan hal yang sama. 

Proses beli mobil lebih mudah

beli mobil akhir tahun

Untuk menarik minat pembeli, maka pihak penjual biasanya akan membantu proses pembelian kredit kendaraan lebih mudah dan cepat. 

Baca juga: 10 Cara Mencicil Kredit Mobil Baru

Dengan segala kemudahan proses beli mobil tersebut, maka konsumen tidak perlu menunggu lama untuk segera mewujudkan beli mobil cash impiannya.

Promo suku cadang

apa itu mekanik

Meskipun pembelian mobil baru biasanya masih menyertakan garansi servis dan suku cadang gratis, tidak jarang penjual mobil juga menambahkan durasi waktu promo-promo tersebut.

Diskon harga

beli mobil akhir tahun

Hal yang menguntungkan berikutnya adalah pemberian diskon harga mobil yang jelas membuat harga mobil turun. Biasanya pemberian potongan harga ini dilakukan karena adanya relaksasi pajak.

Baca juga: Kredit Mobil Macet di Tengah Jalan, Apa Sih Solusi Terbaiknya?

Misalnya mobil-mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) akan mendapatkan diskon besar sesuai aturan pemerintah sehingga membuat harga mobilnya menjadi lebih murah daripada mobil tipe lain seperti SUV, MPV, hatchback, atau sedan. 

Bonus beli mobil akhir tahun

beli mobil akhir tahun

Selain faktor-faktor menguntungkan di atas, beli mobil akhir tahun juga kerap dibanjiri bonus dari penjual. Sebut saja bonus kaca film, sarung mobil, kunci pengaman stir, karpet mobil, door visor, dan banyak lagi.

Namun demikian selain harga mobil turun, membeli mobil baru di penghujung tahun juga memiliki sejumlah hal yang bisa dianggap sebagai faktor merugikan. Apa saja sih?

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

  • Mendapatkan model produksi tahun lama. Jika kamu membeli mobil di bulan Desember 2022 maka pasti akan diberi mobil produksi tahun yang sama. Sementara di bulan berikutnya, bisa dapat mobil di tahun yang baru. 
  • Harga jual kembali. Karena faktor di atas, maka harga jual kembali mobil kamu bisa turun karena dianggap produksi tahun yang lebih tua. Padahal dengan berselisih 1 bulan, kamu akan dapat memiliki mobil terbaru dengan harga jual bekas yang tinggi.
  • Pengiriman unit beli mobil cash dan kredit sama. Jika kamu berharap dengan membeli mobil cash akan mendapatkan unit lebih cepat daripada beli kredit, kadang hal itu tidak terbukti. Pengirimannya bahkan bisa lebih lama tergantung situasi. 

Dengan melihat banyaknya keuntungan beli mobil baru di akhir tahun, bisa jadi pertimbangan kamu yang ingin memilikinya untuk dipakai berlibur bersama keluarga.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Beli mobil sekarang semakin mudah dan cepat loh, SatSet cek langsung di SEVA. Awas Kena Gocek kegoda cicilan diluar jangkauan, eits di SEVA ada fitur Loan Calculator untuk menghitung skema cicilan paling terjangkau juga Instant Approval yang membuat persetujuan kredit diterima leasing dalam hitungan menit.

Promo beli mobil akhir tahun di SEVA

promo seva

Beli mobil baru di SEVA kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik. Mulai dari 1 bulan cashback angsuran sampai asuransi comprehensive Garda Oto selama setahun penuh.

Apa saja syarat dan ketentuan untuk mendapatkan promo-promo tersebut? 

Cashback 1 Angsuran

  • Promo hanya berlaku bagi pengajuan secara online melalui SEVA.
  • Dapatkan Cashback 1 Angsuran melalui AstraPay (maksimal cashback Rp4 juta setelah melakukan pembayaran Angsuran Pertama) dengan pembelian mobil secara kredit mulai dari tenor 1-5 tahun melalui ACC dan TAF.
  • Promo berlaku di seluruh Indonesia.
  • Promo sangat terbatas untuk 1.000 SPK pertama SEVA.

Asuransi Comprehensive Garda Oto

  • Promo hanya berlaku bagi pengajuan secara online melalui SEVA.
  • Promo ini berlaku untuk pembelian mobil baru Toyota dan Daihatsu dengan tipe mobil passenger car.
  • Promo ini berlaku untuk pembelian mobil secara kredit dengan tenor 3-5 tahun dan asuransi kendaraan yang digunakan wajib Asuransi Garda Oto coverage comprehensive untuk seluruh tenor.
  • Promo berlaku di seluruh Indonesia.
  • Promo sangat terbatas untuk 1.000 SPK pertama SEVA.
  • Saat ini SEVA sudah bekerja sama dengan berbagai Agen Pemegang Merek (APM) seperti Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor, dealer seperti Auto2000 dan Daihatsu Sales Operation.

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

SEVA juga didukung oleh Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF) yang juga menyediakan proses pembiayaan dan layanan asuransi kendaraan. 

Pokoknya, semua hitungan dan proses beli mobil akhir tahun selalu #JelasDariAwal. Yuk, beli mobil impian sekarang juga hanya di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.