Kredit Mobil Macet di Tengah Jalan, Apa Sih Solusi Terbaiknya?

Kredit mobil macet tentu bukan hal yang diinginkan oleh pemilik kendaraan. Bagaimana jika hal itu terjadi? Apa jalan keluarnya?

kredit mobil macet

Di tengah ancaman resesi 2023 kondisi kredit mobil macet tentu hal yang harus dihindari oleh setiap debitur yang masih mencicil kendaraan. 

Kredit mobil macet secara umum diartikan sebagai kondisi tidak bisa bayar cicilan sehingga terjadi tunggakan mobil. Dampak kredit macet terburuk adalah unit mobil ditarik leasing.

Di tengah ketidakpastian situasi ekonomi di tahun depan, bagaimana cara jitu menghadapi kemungkinan kredit mobil macet?

Over kredit mobil

kredit mobil macet

Langkah pertama yang bisa dilakukan jika terjerat dalam kondisi tersebut adalah melakukan over kredit kendaraan. Namun, harap diingat saat memilih opsi ini dipastikan kamu tidak akan mendapatkan keuntungan dari penjualan kendaraan.

Baca juga: Ada Inflasi, Kredit Kendaraan Bermotor Tetap Laku

Pasalnya, over kredit secara umum adalah menjual kendaraan secara murah. Kenapa murah? Karena pembeli berikutnya masih berkewajiban melakukan cicilan hingga lunas. Sehingga beban cicilan yang ditanggung oleh pembeli dianggap tidak terlampau berat.

Sebelum melakukan over kredit mobil macet, sebaiknya kamu mencari tahu harga pasaran dari kendaraan yang akan dialih tangan. Setelah itu menentukan harga jual dengan menghitung DP dan jumlah cicilan yang sudah dibayarkan.  

Restrukturisasi kredit mobil

refinancing kredit mobil

Langkah kedua yang bisa ditempuh adalah restrukturisasi kredit yang sedang berjalan. Apa maksudnya? Restrukturisasi artinya menyusun dan menghitung kembali skema kredit kepada kreditur.

Baca juga: Strategi Investasi Bila Resesi 2023 Benar Terjadi

Kamu sebagai debitur dapat mengajukan hal ini agar tidak terjadi tunggakan mobil atau terhindar dari kondisi kredit mobil macet. Pengajuan perubahan tersebut berkaitan dengan jangka waktu pembayaran, suku bunga, serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Namun kondisi restrukturisasi ini memiliki kelemahan, yaitu harus berdasarkan pada penilaian bank atau lembaga pemberi pinjaman. Jika debitur dianggap masih mampu menyelesaikan cicilan maka biasanya restrukturisasi akan ditolak.

Refinancing

refinancing kredit mobil

Hal ketiga sebagai solusi terhindar dari kredit macet adalah dengan melakukan refinancing. Apa itu? refinancing mobil sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan pembaharuan kredit mobil lama untuk bisa mendapatkan modal besar secara tunai. 

Baca juga: Marak PHK Massal, Begini Cara Menyiapkan Modal Usaha untuk Berjaga-jaga

Keuntungan dari metode ini maka kamu akan mendapatkan dana senilai 80 persen dari harga mobil di pasaran saat itu. Dana tersebut bisa kamu gunakan untuk memulai usaha agar keuangan kembali stabil.

Dengan refinancing, kamu bisa terbebas dari risiko masuk ke dalam blacklist Bank Indonesia sebagai salah satu konsumen yang alami tunggakan mobil dan berpotensi mengalami kejadian mobil ditarik leasing.

Meski terlihat refinancing seakan menambahkan jumlah hutang, namun kamu tetap mendapatkan keuntungan karena cicilan kredit yang lebih kecil, sehingga terhindar dari kejadian tidak bisa bayar cicilan kredit mobil.

Mengembalikan kendaraan

kredit mobil macet

Hal paling buruk yang dapat dilakukan saat mengalami tunggakan mobil adalah dengan menghubungi pihak leasing dan mengembalikan kendaraan. Dengan cara ini, sisa hutang kamu bisa dianggap lunas dengan sejumlah ketentuan. Apa itu?.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Baru

Leasing akan menjual kendaraan dengan cara lelang. Jika nilainya lebih rendah dan belum bisa menutupi sisa hutang, maka kemungkinan besar kamu akan diminta untuk membayarkan sisa hutang tersebut.

Namun jika hasil lelang kendaraanmu telah cukup menutupi sisa hutang, maka tidak perlu lagi membayarkan lagi kewajiban cicilan pada leasing.

Nah untuk itu sangat penting menjaga kondisi mobil dan merawatnya secara berkala di bengkel resmi. Ini dapat membantu nilai jualnya tinggi jika sewaktu-waktu mobil dikembalikan akibat terlilit kondisi kredit mobil macet. 

rutin servis

Agar terhindar dari dampak kredit macet misalnya mobil ditarik leasing, penting bagi kamu membeli mobil dengan cicilan yang terjangkau. Awas Kena Gocek. Beli mobilnya lewat SEVA ya.

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Gunakan fitur Loan Calculator, kamu cukup memasukkan jumlah penghasilan serta domisili, maka jumlah kredit yang sesuai kemampuan finansial akan segera ditampilkan.

Pilih cicilannya, dan ajukan pembelian dengan Instant Approval. Proses ini hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk mengetahui pengajuan kredit kamu disetujui oleh leasing.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Punya mobil idaman jadi lebih cepat, aman dan tidak memberatkan. Karena semua perhitungan kreditnya selalu #JelasDariAwal. Kamu dijamin bebas dari dampak kredit macet seperti tunggakan mobil dan mobil ditarik leasing. Tunggu apalagi, buruan kunjungi SEVA sekarang juga.