Ada Inflasi, Kredit Kendaraan Bermotor Tetap Laku

Meski ada kenaikan inflasi, kredit kendaraan bermotor diprediksi berjalan positif di semester kedua tahun ini. Bagaimana pendapat ahli?

kendaraan bermotor

Permintaan kredit kendaraan bermotor diprediksi akan tetap terjaga memasuki semester kedua tahun ini. Meskipun memang ada beberapa sentimen negatif yang bisa berpotensi dapat menekan angka penjualan. 

Salah satu penyebab kemunculan sentimen negatif tersebut adalah adanya kenaikan inflasi yang berpotensi meningkatkan suku bunga acuan (BI Rate). Hal ini dianggap bisa menghambat minat beli masyarakat untuk pembelian kendaraan. 

Namun, hal tersebut dibantah langsung oleh Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno. 

Baca juga: Resesi Ekonomi Terjadi di Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?

Dikutip dari Kompas.com, Suwandi menyebut bahwa di pasar domestik masih ada sentimen positif yakni tingginya kebutuhan para pemilik mobil untuk berganti kendaraan.

prediksi ahli

Prediksi ahli

Tingkat kredit kendaraan bermotor yang diprediksi tetap positif ini dibarengi juga dengan ada berbagai jenis model kendaraan baru yang akan dirilis pada tahun ini. 

Kemudian juga tingkat mobilitas masyarakat sampai saat ini masih cukup tinggi akibat kasus pandemi Covid-19 yang melandai. 

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Mobil Listrik Lebih Mahal

“Buat perusahaan pembiayaan, saya yakin debitur yang mau membeli mobil dan motor itu kalau suku bunga naik dua sampai tiga persen tak terlalu terpengaruh. Pernah kita mengalami namanya suku bunga kredit perbankan sampai 18 persen pun, tetap orang beli kendaraan waktu itu,” tambah Suwandi.

Tidak hanya itu saja, para pemangku kebijakan juga kemungkinan akan menyusun kebijakan-kebijakan yang bisa meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap pembelian kendaraan bermotor. 

chip semikonduktor

Krisis chip semikonduktor

Meskipun BI Rate bisa diatasi bukan berarti tidak ada hambatan lain yang bisa mengancam tingkat kredit kendaraan bermotor di masyarakat. Salah satunya adalah hambatan dalam penyaluran pembiayaan secara lebih signifikan. 

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Hal ini terjadi akibat adanya keterbatasan pasokan mobil dan motor, akibat adanya fenomena kelangkaan chip semikonduktor yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Krisis chip semikonduktor ini terjadi akibat adanya lockdown yang terjadi di Tiongkok. 

Krisis chip semikonduktor ini menyebabkan para produsen chip memprioritaskan produksi untuk barang-barang elektronik dan gadget dibandingkan untuk industri otomotif. 

optimis

Tetap optimis

Optimisme terhadap tingkat kredit kendaraan bermotor di masyarakat sampai saat ini bisa dibilang masih cukup tinggi. 

Baca juga: Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

“Optimisme kami masih tinggi, berasal dari para dealer mobil dan motor, di mana begitu banyaknya surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk, tapi supply tak bisa memenuhi,” ujar Suwandi. 

Ditambahkan, padahal sebentar lagi ada pameran otomotif besar seperti GIIAS 2022, euforia terhadap kendaraan listrik juga mulai membanjiri masyarakat Indonesia. Artinya, tantangannya tinggal soal krisis komponen.

mudahnya kredit

Mudahnya kredit kendaraan bermotor

Untuk bisa mendapatkan kredit kendaraan bermotor dengan mudah, salah satunya bisa menggunakan platform SEVA bagi konsumen yang ingin menemukan mobil baru impian secara online.

Baca juga: Alasan Melakukan Refinancing, Hindari Kesalahan Ini

SEVA hadir dengan sejumlah fitur andalan seperti Instant Approval, Car Recommendation, dan Loan Calculator

Melalui fitur Instant Approval, konsumen dapat membeli mobil baru dengan pengajuan kredit yang lebih mudah, sesuai dengan kemampuan finansial, dan prosesnya jelas. 

Nah, buat yang ingin mengunjungi GIIAS 2022, bisa menggunakan juga fitur Instant Approval untuk mendapatkan beberapa benefit atau keuntungan. Salah satunya adalah gratis tiket masuk GIIAS 2022 dengan menggunakan kode GIIASJKT22

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Naik Turun

Tidak hanya itu saja, ada benefit lain yang bisa didapatkan yaitu asuransi comprehensive 1 tahun Garda Oto dari Asuransi Astra, Spesial Rate & Bebas Biaya Admin, dan Asuransi Jiwa dari Astra Life cashback hingga 2 bulan premi. 

Jadi, tunggu apalagi nih karena Anak Kecil Aja Tau kalau mau beli mobil pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!