Cara Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Baru

Ingin mengajukan kredit mobil baru tetapi bingung gimana cara mengatur keuangannya? Baca tipsnya di artikel berikut ini.

cara mengatur keuangan

Sebelum memiliki mobil impian, kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan. Sebab, ada banyak yang harus dipertimbangkan ketika ingin mengambil kredit mobil.

Seperti berapa persen DP yang akan diambil, lalu berapa lama jangka waktu pelunasan mobil dan harus menyesuaikan dengan kondisi finansial.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Tetapi, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk bisa melunasi kredit mobil cukup lama bisa mencapai lima tahun. Tentunya, dengan kondisi ini keuangan harus tetap terjaga agar mampu melunasi cicilan serta memenuhi kebutuhan lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan pada saat sedang mengambil kredit mobil baru? Simak tipsnya berikut ini.

Sesuaikan kebutuhan

Mengutip dari Astra Financial, hal yang perlu diperhatikan ketika beli mobil baru adalah kebutuhan kamu. Misalnya, saat ini belum berkeluarga atau mungkin jumlah keluarga hanya sedikit, kamu bisa pilih city car atau mobil kecil seperti hatchback.

Baca juga: Pilih Mana, Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Kalau memiliki anggota keluarga yang banyak atau mungkin sering bepergian dengan asisten rumah tangga, sebaiknya pilih mobil dengan kapasitas lebih besar.

cara mengatur keuangan

Menyesuaikan budget

Kemudian selain kebutuhan, kamu juga perlu mempertimbangkan budget dalam pembelian mobil baru. Jadi, sebisa mungkin mencari mobil yang bisa mengakomodasi kebutuhan kamu tetapi tetap sesuai budget.

Apabila berencana ingin membeli kendaraan tetapi tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli secara tunai, di Seva.id kamu bisa beli mobil dengan cara kredit untuk pembiayaan kendaraan kamu.

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Soal keamanan mengambil kredit tak perlu khawatir karena Seva.id bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan terpercaya seperti Astra Financial.

Lakukan simulasi kredit

Setelah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui berapa besaran cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Caranya, dengan melakukan simulasi kredit. Di Seva.id, kamu bisa menggunakan fitur Instant Approval yang tak hanya bisa mengetahui simulasi kredit, tetapi juga mengetahui peluang pengajuan kredit.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Apabila pengajuan kredit mudah akan muncul indikator hijau, sementara jika pengajuan kredit sulit akan muncul indikator merah.

Kelebihan menggunakan fitur tersebut, apabila pengajuan kredit sulit, Seva.id akan langsung memberikan rekomendasi pilihan mobil lain dengan pengajuan kredit yang mudah dan sesuai budget.

cara mengatur keuangan

Tetapkan jumlah utang maksimal

Ketika mengajukan kredit mobil, jangan lupa cek apakah kamu memiliki utang atau pinjaman lain. Sebisa mungkin jangan sampai melebihi 30 persen dari pengeluaran bulanan.

Kenapa begitu? Hal itu perlu dilakukan agar kamu lebih mudah dalam membagi budget pengeluaran kamu setiap bulannya dan menjaga agar kondisi keuangan tetap stabil.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Dengan begitu, kamu pun dapat membayar cicilan mobil dengan tepat waktu. Sebab, apabila menunggak, kamu akan makin dibebankan oleh denda yang memperbesar cicilan mobil.

Tetap menabung dan investasi

Meskipun sedang mengambil kredit mobil, jangan lupa untuk tetap sisihkan gaji bulanan untuk ditabung dan juga investasi.

Jadi, kamu juga tetap memiliki pemasukan yang nantinya mungkin bisa digunakan untuk membayar cicilan mobil di bulan berikutnya.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Uang tabungan dan investasi tersebut bisa digunakan untuk biaya maintenance mobil di masa depan. Apalagi mengingat biaya untuk perawatan mobil tidaklah murah.

Beberapa cara mengatur keuangan ini bisa kamu terapkan pada saat mengambil kredit mobil baru. Saat mengambil kredit, pastikan kondisi keuangan sudah aman dan melakukan kredit mobil di tempat terpercaya seperti Seva.id.