Search Cars

Keuangan

Mobil Ringsek Karena Kecelakaan, Bisa Klaim Asuransi?

Mobil ringsek terlibat kecelakaan lalu lintas, tentu bukan hal yang diinginkan. Jangan panik, ikuti cara klaim asuransinya.

mobil ringsek

Kondisi mobil ringsek usai terlibat kecelakaan di jalan raya, tentu bisa membuat panik pemiliknya. Beragam bayangan soal rumit dan susahnya mengurus klaim asuransi mobil langsung berkelebat di pikiran.

Padahal, mengurus klaim asuransi mobil bukan hal yang sulit dilakukan. Tenangkan hati dan pikiran, lalu ikuti beberapa cara mudah untuk mencairkan asuransi mobil kamu secara tepat.

dapat asuransi

Asuransi mobil ringsek kecelakaan

Sebelum melakukan klaim asuransi mobil ringsek akibat kecelakaan, kamu harus pahami jenis asuransi yang diikuti.

Baca juga: Terlibat dalam Tabrakan Beruntun, Siapa yang Salah dan Bertanggung Jawab?

Biasanya ada dua jenis asuransi, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Apa perbedaan dari kedua jenis asuransi tersebut?

Asuransi all risk adalah jenis perlindungan yang melindungi mobil lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Mulai kerusakan minor, seperti baret halus, penyok, atau kerusakan kecil lain.

Asuransi ini juga biasanya melindungi mobil dari kerusakan besar, seperti tabrakan yang mengakibatkan bentuk bodi mobil berubah. 

Baca juga: Rincian Perbaikan Mobil Bekas Tabrakan, Semahal Apa?

Bahkan juga ada yang melindungi mobil dari risiko pencurian mobil. Semua hal tersebut tentu berdasarkan pasal-pasal pertanggungan yang tertera di dalam polis (kontrak) asuransinya.

Sementara asuransi TLO (total loss only) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan. 

Atau ada juga asuransi jenis ini yang menjamin ganti rugi saat mobil terlibat kecelakaan dengan kerusakan bodi mobil di atas 80 persen alias ringsek!

Baca juga: Asuransi Jalan Tol Bila Mengalami Kecelakaan dan Cara Klaimnya

Jadi sebelum lakukan klaim asuransi mobil, pastikan dulu jenis dan pertanggungan asuransi yang kamu dapatkan. 

bumper kecelakaan

Klaim asuransi mobil ringsek

Jika mobil terlibat kecelakaan, tenangkan diri dan pastikan kondisi lalu lintas di sekitar telah aman. Mintalah pertolongan dengan menelpon nomor-nomor darurat penyedia layanan misalnya kepolisian, pemadam kebakaran, atau rumah sakit terdekat.

Setelah itu, ikuti cara melakukan klaim asuransi jika mobil ringsek yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. 

Hubungi kantor asuransi

Semakin cepat kamu melaporkan kecelakaan akan semakin bagus. Kantor asuransi biasanya memberikan jeda waktu sampai maksimum 3 hari setelah kejadian untuk melaporkannya.

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Alangkah baiknya jika kamu meminta bantuan kepada sanak keluarga untuk menghubungi kantor asuransi mobil secepatnya setelah kejadian. 

mobil ringsek

Siapkan laporan kecelakaan

Untuk dapat melakukan klaim asuransi mobil biasanya diperlukan sejumlah berkas bukti terjadinya kecelakaan, seperti kartu identitas diri seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga).

Dokumen lain berupa surat keterangan dari kantor kepolisian terkait terjadinya kecelakaan. Dokumen-dokumen itu dikumpulkan bersama foto-foto bukti kecelakaan dan kondisi fisik kendaraan.

Kronologi kejadian

Kamu juga diminta membuat kronologi kejadian. Pihak asuransi juga bisa menelepon untuk mewawancarai seputar kronologi peristiwa kecelakaan tersebut. 

Baca juga: Rambu Dilarang Parkir dan Berhenti, Apa Bedanya?

Semakin lengkap dan jelas kronologi kejadian, maka proses klaim asuransi mobil akan semakin cepat dan ringkas. 

mobil ringsek

Isi formulir klaim

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengisi formulir klaim asuransi, lampirkan bukti dokumen SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan surat polis asuransi.

Pastikan semua dokumen tersebut masih berlaku saat kejadian, pasalnya jika kadaluarsa maka klaim asuransi mobil pasti ditolak.

Beberapa kondisi lain yang bisa membuat klaim asuransi ditolak adalah :

  1. Batas waktu pengajuan klaim telah terlewati.
  2. Klausul pertanggungan asuransi yang tidak sesuai.
  3. Berada dalam masa tunggu (jeda). Biasanya ini berlaku untuk peserta asuransi baru.
  4. Wilayah kejadian kecelakaan di luar cakupan asuransi.

Baca juga: Cara Membuat SIM Internasional Biar Bisa Nyetir di Luar Negeri

Dengan memahami cara klaim asuransi karena mobil ringsek kecelakaan, membuat kamu bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Tetap berkendara dengan hati-hati ya, meski mobil telah terlindungi asuransi. Utamakan keselamatan diri sendiri dan sesama pengguna jalan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.