Search Cars

Berita Utama Otomotif

Catat Jadwal Pameran Mobil Selama 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!

Jadwal pameran mobil sepanjang tahun 2023. Kali ini bukan hanya jadi ajang unjuk kendaraan terbaru saja loh. Bagaimana konsepnya?

jadwal pameran mobil

Sepanjang tahun 2023 ada banyak jadwal pameran mobil yang dihelat di Tanah Air. Dalam acara tersebut, tidak melulu dijadikan ajang unjuk kendaraan terbaru, tetapi juga akan menampilkan konsep lain seperti menggabungkan unsur seni, hiburan, dan gaya hidup.

Biar tidak penasaran simak langsung jadwal pameran mobil tahun 2023, lengkap dengan konsep dan lokasi penyelenggaraannya. 

GIIAS 2023

mobil terbaik giias 2022

Salah satu jadwal pameran mobil yang paling ditunggu adalah GIIAS 2023 (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Pameran mobil ini direncanakan dihelat pada 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

GIIAS 2023 ini boleh dibilang menjadi ajang pameran terbesar karena akan digelar di lima kota besar seluruh Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, dan Bandung sebagai kota penutup.

Jadwal pameran mobil ini rencananya diikuti produsen-produsen utama otomotif seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, MINI, Lexus, Honda, Mazda, MG, Wuling, KIA, Hyundai, DFSK, dan masih banyak lagi.

Selain kendaraan konvensional, ajang ini juga kerap menjadi pameran kendaraan konsep, kendaraan hybrid dan elektrik terbaru. Selain itu tidak jarang menjadi ajang peluncuran model-model terbaru yang layak dinantikan.

Baca juga: Pertimbangan Keuangan Sebelum Kamu Kredit Mobil Baru

GIIAS 2023 juga dipastikan menyajikan area test drive bagi kendaraan listrik dan konvensional bagi para pengunjungnya. Harga tiketnya, GIIAS 2023 belum resmi diumumkan namun diperkirakan Rp50 ribu di hari biasa dan Rp100 ribu di akhir pekan.

Jadwal pameran mobil IIMS 2023

jadwal pameran mobil

Indonesia International Motor Show tahun 2023 atau sering disebut dengan IIMS 2023 adalah pameran mobil yang akan digelar 16-26 Februari 2023 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Alasan Beli Mobil di Pameran Lebih Menguntungkan

Tahun ini pameran tersebut mengusung tema BOOST (Bringin Opportunity for Otomotive Society Together). Konsepnya tidak hanya menampilkan pameran otomotif saja namun menggabungkan program seperti lifestyle corner, boating area, sampai pertunjukan musik.

Rudi MF, Project Manager IIMS 2023 memberikan sedikit gambaran mengenai konsep pameran tersebut. “Pengunjung ada di hall mobil, itu enggak cuma mobil yang bakal dilihat, tapi ada industri UMKM dan juga industri kreatif yang kami boyong,” katanya.

Ia menambahkan, fokus pameran otomotif ini bukan hanya untuk brand otomotif besar, tapi industri pendukung mulai roda dua, UMKM, aksesori, komunitas juga akan hadir di IIMS 2023. 

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Selain diikuti pabrikan otomotif seperti Toyota, Daihatsu, Audi, BMW, Citroen, Honda, Hyundai, KIA, Wuling, Suzuki, Subaru dan lainnya, ajang ini juga diikuti pabrikan sepeda motor. Sebut saja Honda, Yamaha, Kawasaki, Benelli-Keeway, Royal Enfield, dll. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung, harga tiket IIMS 2023 adalah Rp50 ribu pada hari kerja, untuk akhir pekan harganya Rp85 ribu. Jadwal pameran mobil ini dibuka mulai pukul 11.00-21.00 WIB pada hari kerja dan pukul 10.00-21.00 WIB di akhir pekan.

Pameran ditargetkan dihadiri sebanyak 400 ribu pengunjung selama 11 hari penyelenggaraan. Sedangkan target total transaksi mobil di sana sebesar Rp3,8 triliun.  

Jakarta Auto Week

jadwal pameran mobil

Jadwal pameran mobil selanjutnya adalah Jakarta Auto Week (JAW) yang akan dihelat pada 11-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Harga tiketnya Rp50 ribu di hari kerja dan Rp70 ribu pada akhir pekan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Kredit Mobil Baru

Perhelatan yang diprakarsai GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) ini mengusung tema Automotive X Lifestyle. Alias menggabungkan dunia otomotif dan gaya hidup dengan atmosfir hiburan di sepanjang penyelenggaraannya.

Konsep terbaru pameran Jakarta Auto Week akan menghadirkan berbagai program seperti test drive dan test ride, modification contest, Community Gathering, JAW Talks, live music, fashion show, serta Automotive Art Installation.

Jakarta Auto Week rencananya akan diikuti oleh produsen utama otomotif Tanah Air, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu, Lexus, KIA, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, MG, Suzuki, Nissan dan Wuling.

Pameran mobil listrik 2023

review Toyota bZ4X

Bagi kamu yang menanti kehadiran kendaraan elektrik terbaru, maka ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) pada Juni 2023 layak disambangi.

Baca juga: 4 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Apa Saja Ya?

Sesuai namanya, ajang ini akan menampilkan deretan kendaraan listrik terbaru bagi konsumen Tanah Air bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tidak hanya kendaraan listrik, tapi mobil ramah lingkungan lain seperti mobil hybrid juga akan dipamerkan di sana. Selain mobil, kendaraan roda dua berbasis listrik juga akan unjuk gigi pada event ini.

Berapa harga tiketnya? PEVS 2023 belum mengumumkan secara resmi, akan tetapi melihat event serupa di tahun 2022 diperkirakan harga tiket adalah Rp30 ribu di hari kerja dan Rp50 ribu saat akhir pekan.

Kustomfest

pameran kustomfest jogja

Jadwal pameran mobil yang satu ini cocok bagi kamu yang menyukai kendaraan custom alias modifikasi. Digelar setiap tahun di Jogja Expo Center DIY, di bulan Oktober. Event ini selain menjadi ajang berkumpulnya penggemar mobil hobi juga jadi ajang jual beli sparepart.

Sejumlah agenda tersaji di event ini seperti berburu part motor dan mobil kustom, belanja baju distro khas anak motor, melihat showcase motor-motor dan mobil kustom terkini, atraksi stuntman, hingga ajang balap motor flat track. 

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Harga tiketnya Rp100 ribu, dan diikuti oleh bengkel modifikasi, penggila serta kolektor mobil antik dan kustom lokal hingga mancanegara. Misalnya pada Kustomfest 2022 diikuti oleh peserta dari Jepang dan Amerika Serikat. 

Pameran mobil lainnya

jakara fair

Selain event-event khusus otomotif tersebut, jadwal pameran mobil 2023 juga dipastikan hadir dalam ajang Pekan Raya Jakarta atau sering disebut Jakarta Fair. Sejumlah pabrikan otomotif baik roda empat dan roda dua kerap memamerkan produk teranyarnya di sana.

Sebut saja Toyota, Daihatsu, Honda, MG hingga DFSK yang sempat mengikuti event ini pada tahun 2022 lalu. Untuk deretan kendaraan roda dua dimeriahkan oleh Honda, Yamaha, Kawasaki, TVS, Viar, Benelli, dan masih banyak lagi.  

Baca juga: Cara Mengurus dan Biaya Plat Nomor Sementara

Jakarta Fair biasanya hadir sebagai rangkaian memeriahkan HUT Kota Jakarta setiap pertengahan bulan Juni hingga Juli dan berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Tiket masuknya cukup terjangkau mulai Rp30 ribu di hari kerja, Rp40-50 ribu di akhir pekan.

Jadwal pameran mobil berikutnya adalah INAPA 2023. Merupakan kepanjangan dari Indonesia International Auto Parts Accessories & Equip Exhibition akan digelar pada 24-26 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran.

Pasang GPS Mobil

Sesuai namanya, INAPA 2023 ini menjadi pameran industri otomotif khususnya produsen aftermarket seperti suku cadang, aksesori, dan peralatan otomotif internasional terbesar di kawasan ASEAN.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Hindari Pencurian Mobil

Beberapa industri yang ambil bagian dalam kesempatan ini misalnya industri audio system, produsen GPS mobil, kamera mobil, sistem keamanan kendaraan seperti sabuk dan kunci pengaman hingga produsen airbag.

INAPA 2023 rencananya digelar bersamaan dengan INABIKE 2023 dan Tyre & Rubber Indonesia 2023. Harga tiket masuknya secara resmi belum diumumkan.

Nah, dari semua jadwal tersebut, mana yang paling ingin kamu datangi? Langsung catat dan jangan sampai kelewatan jadwal pameran mobil yang akan hadir sepanjang tahun 2023 ini.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.