Editor's Pick

Bagaimana Cara Kerja Mesin Hybrid pada Mobil Toyota?

Cara kerja mesin hybrid tentunya akan berbeda dari mesin konvensional yang sudah ada selama ini. Bagaimana penjelasannya?

cara kerja mesin hybrid

Cara kerja mesin hybrid identik dengan kelebihannya yaitu bisa lebih irit konsumsi bahan bakar. Salah satu produsen mobil yang sudah cukup mumpuni dalam pengembangan mobil hybrid adalah Toyota serta beberapa produknya yang sudah banyak terlihat di jalanan saat ini. 

Salah satu produk yang menjadi unggulan di kelasnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang juga banyak diminati masyarakat. Selain itu, ada juga berbagai produk dengan mesin hybrid serta teknologi terbaru yang disematkan di dalam mobilnya. 

Selain Toyota Corolla Cross Hybrid, ada juga Toyota All New Corolla Altis Hybrid, Toyota All New C-HR Hybrid, Toyota All New Camry Hybrid. Serta yang paling baru adalah Toyota All New Kijang Innova Zenix Hybrid yang juga mendapat sambutan positif. 

Cara kerja mesin hybrid 

cara kerja mesin hybrid

Untuk cara kerja mesin hybrid tentunya akan berbeda dari mobil konvensional ataupun mobil listrik murni (BEV). Pada mesin jenis hybrid ini menggunakan tenaga dari motor listrik dan bensin atau gabungan dari mobil konvensional dan listrik murni. 

Baca juga: Deretan Mobil Toyota yang Mengaspal di Tahun 2022, Apa Saja?

Bagaimana penjelasan lengkap mengenai mobil hybrid dari Toyota ini? 

Proses menyalakan mesin

Pada mobil full hybrid, sistem kelistrikan mobil akan menyala jika sudah mendapatkan keseluruhan daya dari baterai mobil. Pada saat baru dinyalakan, daya listrik yang digunakan sebagai penggerak mesin berasal dari daya baterai. 

Untuk sementara waktu, daya dari mesin masih belum akan digunakan. Daya dari mesin baru akan dipakai apabila daya baterai sudah berkurang dan memerlukan tambahan daya.

Pada kecepatan rendah

daftar mobil hybrid

Pada saat berada di kecepatan yang rendah, sumber penggerak utama pada mobil hybrid berasal dari motor listrik yaitu. Tentunya daya yang diambil ini berasal dari baterai yang disematkan dalam mobil. 

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Saat berada di kecepatan yang lambat atau sekitar 20 kilometer per jam, sumber penggerak utamanya juga akan diambil dari baterai. Penggunaan mesin bensin akan dimatikan untuk sementara. Inilah yang membuatnya jadi lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Saat menyalip kendaraan lain

harga innova zenix

Kemudian pada saat mobil akan menyalip kendaraan lainnya, mesin yang aktif digunakan adalah mesin konvensional serta mesin listrik. Baik mesin konvensional ataupun mesin listrik ini akan bekerja pada saat yang bersamaan untuk mendukung kinerja mesin. 

Mesin yang bekerja secara bersamaan ini juga akan menghasilkan daya penuh saat melakukan akselerasi. Dengan begitu, kecepatan yang dihasilkan akan tetap sama dengan mobil-mobil non hybrid. 

Pada kecepatan jelajah

Peningkatan akselerasi ini akan secara otomatis menyalakan mesin bensin. Kemudian, mesin benti tersebut akan bekerja secara bersama-sama dengan motor listrik untuk bisa menggerakkan mobil. 

Kecepatan saat pengereman

tuas rem

Motor listrik yang ada pada mobil hybrid mengandalkan baterai untuk mendapatkan daya dan memang bisa habis jika sering dipakai. Namun, ada keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan pengereman. 

Baca juga: Perbedaan ETLE Mobile dan ETLE Statis, Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada saat mobil melakukan pengereman, putaran motor listrik akan dibalik sehingga bisa menghasilkan listrik yang disimpan dalam baterai. 

Pada saat berhenti

camry hybrid

Sama seperti mobil hybrid lainnya, mesin akan mati secara otomatis pada saat berhenti. Misalnya saja ketika sedang menunggu lampu merah atau sedang berada di tengah kemacetan. 

Jadi pengendara tidak perlu lagi mematikan mesin mobil secara manual ketika sedang berhenti sementara ketika dalam perjalanan. Nah, kalau tertarik ingin membeli mobil-mobil hybrid dari Toyota langsung cek di SEVA ya. 

Baca juga: Teknologi Kamera ETLE Makin Canggih, Tidak Punya SIM Bisa Ditilang

Kemudian jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur unggulan yang dihadirkan. Fitur-fitur tersebut adalah Instant Approval yang bisa membantu beli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Selanjutnya ada juga fitur Loan Calculator dimana kamu bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Beli mobil Awas Kena Gocek, makanya biar SatSet pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA, yuk! 

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi