Search Cars

Tips & Rekomendasi

5 Cara Ampuh Hindari Pencurian Mobil

Tips ampuh agar terhindar dari tindak pencurian mobil. Jangan lengah dan ikuti caranya agar tidak menyesal di kemudian hari.

pencurian mobil

Waspada tindak pencurian mobil. Meski saat ini kendaraan telah dilengkapi fitur penunjang keamanan seperti alarm dan fitur keyless, namun risiko mobil dicuri dan kehilangan tetap ada.

Selain tindakan mobil dicuri, para pelaku kejahatan juga umumnya mengincar barang berharga di dalam mobil, termasuk juga mencuri bagian kendaraan seperti spion, emblem, atau cover velg kendaraan. 

Bagaimana cara agar terhindar dari kejahatan pencurian mobil? Apakah bisa melacak mobil dicuri dengan aplikasi? 

Modus pencurian mobil

pencurian mobil

Untuk langkah antisipasi, sebaiknya kamu mengenali modus kejahatan yang umum dijumpai di jalanan. 

Baca juga: Cara Mengenal dan Mengatasi Modus Kejahatan di Jalan Raya

Ada beberapa modus kejahatan jalanan yang kerap terjadi, pertama adalah modus pencurian mobil dengan cara memecahkan kaca jendela. Selain bertujuan untuk mobil dicuri, umumnya pelaku mengincar barang berharga di dalam mobil.

Modus kedua adalah dengan menebarkan ranjau paku. Praktik ini dilakukan berkelompok. Ada pelaku yang bertugas menyebarkan paku, ada yang berperan mengalihkan perhatian pengemudi dan ada yang berperan untuk mengambil barang berharga di dalam mobil.

Umumnya modus kejahatan ini dilakukan dengan mengincar korban pengemudi wanita di malam hari, atau mengincar pengemudi yang mengendarai mobil sendirian di lokasi yang sepi.

Baca juga: Kaca Mobil Pecah, Berapa Biaya Gantinya?

Modus mobil dicuri berikutnya dengan cara membobol lubang kunci pada pintu kendaraan. Biasanya mengincar mobil-mobil yang masih menggunakan lubang anak kunci untuk akses masuk.

Selalu waspada saat berkendara atau memarkirkan kendaraan agar terhindar dari risiko mobil dicuri. Ayo ikuti beberapa tips ampuh mencegah pencurian mobil di bawah ini.

Tips hindari mobil hilang

kunci pengaman mobil

Langkah-langkah yang terbukti ampuh dalam meminimalkan terjadinya resiko mobil hilang dicuri adalah sebagai berikut.

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

  • Gunakan kunci pengaman tambahan. Saat parkir di area yang tidak diawasi kamera CCTV atau satpam, sebaiknya memakai kunci tambahan pada setir. 
  • Pasang GPS (Global Positioning System) pada mobil. Alat ini selain berfungsi membantu mencari rute juga bisa merekam. Bukti rekaman bisa berupa suara dan video dapat menjadi barang bukti dan sekaligus melacak mobil dicuri.
  • Tips terhindar dari pencurian mobil lainnya adalah memasang kaca film berkualitas. Selain melindungi dari praktik pencurian dengan memecahkan kaca, fungsi utama kaca film akan membuat pelaku kejahatan sulit melihat ke arah dalam mobil.
  • Pasang alarm dengan bunyi keras dan panjang. Ini akan membuat pelaku kejahatan panik dan bisa mengurungkan niat mereka melakukan pencurian mobil.
  • Saat parkir di lokasi yang terpapar sinar matahari, usahakan menyisakan celah 1 centimeter saat menutup kaca. Ini sebagai sirkulasi udara yang membantu kaca tidak mudah dipecahkan dari luar.
  • Gunakan selimut atau cover mobil jika mobil ditinggal parkir dalam waktu lama. Ini dapat menjadi langkah menghambat terjadinya tindak kejahatan.
  • Asuransi mobil dicuri. Langkah terbaik adalah mengikuti polis yang menanggung risiko mobil hilang. Pastikan membaca klausul asuransi mobil dicuri yang menanggung semua risiko kehilangan.  
  • Parkirlah mobil pada tempat yang aman. Misalnya pada garasi rumah dengan pagar terkunci, lokasi parkir dengan penjagaan dan kamera pengawas.

Melacak mobil dicuri

pencurian mobil

Agar lebih tenang saat meninggalkan mobil, kamu bisa memasang alat pelacak yang banyak dijual bebas di toko online. Alat ini diletakkan tersembunyi di bawah jok mobil, atau pada bagian bawah setir.

Baca juga: Kenapa Parkir Mobil di Tempat Umum Harus Menghadap Jalan?

Jika terjadi kehilangan, dengan bantuan alat ini maka proses melacak mobil dicuri akan lebih mudah. Alat pelacak akan terhubung dengan website atau bahkan aplikasi di smartphone. Harganya juga terjangkau mulai Rp250 ribu sampai Rp1 jutaan. Murah kan?

Jangan lupa untuk parkirkan kendaraan di tempat yang tertutup. Selalu aktifkan alarm mobil, ikut asuransi mobil dicuri serta pasang alat pelacak agar kendaraan kamu semakin aman dan meminimalkan tindak kejahatan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.