Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fungsi Spion Mobil Berdasarkan Peletakannya

Fungsi spion ternyata sangatlah penting demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Berdasarkan letaknya, apa saja kegunaannya?

fungsi spion

Fungsi spion pada mobil sebenarnya bukan hanya sebagai aksesoris atau mempercantik tampilan mobil saja. Ini merupakan salah satu kelengkapan yang penting dimiliki oleh mobil agar pengemudi bisa lebih aman dan nyaman ketika sedang berkendara. 

Kaca spion sendiri memiliki letak yang berbeda-beda pada mobil. Letak yang berbeda tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda pula. Apa saja fungsi kaca spion jika berdasarkan peletakannya? 

spion luar

1. Spion luar

Fungsi spion di bagian luar mobil mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang dengan jumlah 2 yang terletak di bagian kiri dan kanan mobil. Spion mobil yang terletak di bagian luar ini dapat membantu pengendara untuk melihat sisi belakang kiri dan kanan mobil. 

Baca juga: Apa Sih Fungsi Spion Tanduk SUV yang Ada di Kap?

Dengan begitu, pengendara mobil jadi bisa mengetahui kondisi sekitar dan bisa mengetahui apakah ada kendaraan di belakang mobil. Selain itu, spion luar juga bisa memperlihatkan seperempat bodi mobil dengan sistem pengaturan manual ataupun elektrik. 

spion dalam

2. Spion dalam 

Sesuai dengan namanya, spion ini berada di bagian dalam mobil atau ada di bagian interior mobil. Letak spion dalam berada di plafon mobil bagian depan dekat kaca depan kendaraan, tetapi ada juga spion dalam yang ditempatkan menempel dengan kaca depan seperti menyatu. 

Baca juga: Berapa Sih Biaya Pasang Peredam Mobil?

Fungsi dari spion dalam ini biasanya berguna ketika akan melakukan parkir mundur sehingga pengendara bisa melihat kondisi belakang mobilnya apakah ada kendaraan lain atau tidak. 

Spion dalam ini bisa juga ditambah dengan pengaturan jarak menggunakan sistem manual atau digerakkan menggunakan tangan.

spion tanduk

3. Spion tambahan

Sesuai dengan namanya, spion tambahan merupakan pelengkap dari spion kendaraan yang sebelumnya sudah ada pada kendaraan. Spion ini memiliki nama lain blind spot mirror atau spion yang digunakan untuk melihat objek yang berada di area blind spot. 

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Area blind spot memiliki nama lain titik buta, biasanya pengemudi kesulitan untuk melihat area blind spot jika hanya menggunakan spion standar. Biasanya, spion tambahan ini diletakkan pada bagian luar mobil dengan cara ditempelkan. 

Ada juga spion tambahan atau yang sering disebut juga dengan spion tanduk yang diletakkan pada bagian atas fender ban depan mobil. Fungsinya untuk mengetahui jarak antara roda mobil dengan pembatas jalan atau separator, got, atau trotoar.

Selain berdasarkan peletakannya, secara umum fungsi kaca spion antara lain.

belakang mobil

Melihat kondisi belakang mobil

Fungsi kaca spion dapat membantu pengendara mobil mengetahui kondisi yang ada di belakang mereka sehingga bisa lebih berhati-hati. Pada saat parkir mobil juga spion sangat dibutuhkan untuk mengetahui apakah posisi mobil sudah pas atau belum. 

Mencegah terjadinya tabrakan

Saat berada di jalan tol, pengemudi seringkali melakukan pindah jalur agar laju kendaraan lebih cepat. Pada saat akan pindah jalur inilah, fungsi spion mobil sangat dibutuhkan untuk bisa melihat kondisi di sekitarnya agar tidak terjadi tabrakan. 

akan mundur

Memudahkan saat akan mundur

Kegunaan lain dari spion mobil adalah bisa membantu mengetahui posisi mobil ketika akan mundur. Saat akan memundurkan mobil, pengemudi harus sering melihat spion agar bisa melakukan manuver mundur dengan lebih tepat. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil 300 Jutaan Buat Wisata Pegunungan

Jadi, itu tadi adalah fungsi spion mobil secara umum dan berdasarkan letaknya. Saat berkendara, usahakan selalu mengecek spion mobil agar bisa lebih terjaga dan lebih aman selama di perjalanan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.