Search Cars

Modifikasi

Apa Sih Fungsi Spion Tanduk SUV yang Ada di Kap?

Spion tanduk sering ditemukan pada mobil Sport Utility Vehicle (SUV), letaknya di ujung kap mesin. Untuk apa sih fungsinya?

spion tanduk

Spion tanduk merupakan spion tambahan yang terdapat di bagian sebelah kiri kap mesin mobil. Banyak yang menganggap ini hanya sebagian aksesoris tambahan, padahal sebenarnya memiliki fungsi tertentu. 

Posisi spion ini menghadap ke bawah dan begitu menonjol ke arah luar, tidak jarang pemilik kendaraan dengan sengaja mencopotnya karena dianggap mengganggu atau merusak penampilan mobil itu sendiri. 

Lantas, apa saja fungsi dari spion tanduk pada mobil?

mobil putih

Membantu lihat posisi ban depan

Fungsi spion tanduk adalah membantu pengendara untuk melihat posisi ban depan. Sebagai informasi, mobil memiliki beberapa titik blind spot, termasuk yang berada di bagian depan. 

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Ketika sedang mau parkir, ini bisa membantu pengendara untuk melihat kondisi yang ada di sekitar ban depan, mulai dari menghindari batu, trotoar, hingga lubang selokan. 

Jika pengendara merasa kesulitan untuk melihat posisi ban mobil dengan baik, bukan tidak mungkin mobil akan masuk ke dalam lubang atau selokan yang ada di sekitarnya. 

sisi kiri

Mengetahui bagian paling kiri mobil

Posisi setir mobil di Indonesia yang berada di sebelah kanan bisa sangat terbantu dengan adanya spion tanduk ini. Fungsinya bisa sebagai patokan untuk melihat bagian mobil yang paling kiri karena posisinya ada di paling luar ujung depan mobil. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Cara Menghemat BBM Pakai Oktan Lebih Tinggi?

Spion ini juga akan sangat berguna ketika sedang berpapasan dengan mobil lainnya di jalanan yang sempit atau ketika berada di gang-gang kecil. Pengendara bisa melihat sisi-sisi mobil dengan lebih jelas sehingga tidak perlu merasa khawatir. 

Mobil juga bisa terhindar dari risiko bergesekan dengan mobil lain yang pada akhirnya bisa menimbulkan adanya baret atau penyok pada bodi mobil. 

bagian belakang mobil

Mengecek bagian belakang mobil

Spion tanduk sebenarnya tidak hanya bisa dipasang pada bagian depan kiri kap mesin tetapi bisa juga ditambahkan di atas pintu belakang mobil. Hampir sama dengan spion mobil yang ada di kap mesin, spion belakang juga memiliki fungsi khusus. 

Baca juga: Mengenal Ragam Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Fungsi utama dari spion mobil belakang adalah untuk bisa melihat area belakang mobil secara lebih detail dan menyeluruh sehingga visual mobil bisa terlihat lebih jelas. 

Tidak hanya itu saja, spion belakang ini juga bisa membantu pengendara mobil saat hendak melakukan parkir mundur. Pada mobil terbaru biasanya sudah terdapat fitur smart parking camera tetapi sebelum fitur canggih itu ada bisa menggunakan spion belakang. 

Spion mobil di bagian belakang ini sangat berguna untuk para pengendara yang merasa ragu-ragu ketika sedang parkir mundur atau dapat membantu untuk melihat kondisi di belakang mobil itu sendiri. 

harga spion tanduk

Harga spion tanduk

Buat yang tertarik untuk memasang spion tanduk, bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 150 – Rp 200 ribu tergantung dari jenis dan besarnya besarnya spion yang dipilih. Untuk membelinya bisa di berbagai marketplace ataupun di bengkel resmi terdekat. 

Cara pasang spion tanduk

Pada dasarnya, jika ingin memasang spion tanduk memang bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, sebaiknya dilakukan di bengkel resmi karena membutuhkan pengeboran sehingga jika dilakukan oleh seseorang yang bukan ahlinya bisa berakibat fatal. 

Untuk pemasangan, begini langkah-langkahnya.

  • Berikan tanda untuk memberikan jarak antara kap dengan spion supaya tidak saling menyenggol
  • Lakukan pengeboran pada kap mesin yang akan dipasang spion
  • Lebih baik di bor agar lebih kuat daripada pakai lem/double tape
  • Tempel spion tanduk yang sudah dipersiapkan tadi
  • Atur spion agar sesuai dan bisa terlihat dengan jelas

Baca juga: Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentuknya

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja fungsi dari spion tanduk pada mobil-mobil SUV yang ada selama ini. Jika mobilmu sudah memiliki spion tanduk, usahakan untuk tidak melepasnya ya karena bisa sangat membantu ketika sedang mengemudikan mobil loh!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.