Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Aman Berkendara Malam Hari Bagi Wanita

Ikuti tips aman berkendara mobil bagi pengemudi wanita. Jangan anggap remeh, cukup mudah untuk dilakukan demi keselamatan.

tips aman berkendara

Bagi pengemudi wanita, tips aman berkendara di mobil saat malam hari perlu diperhatikan. Hal ini penting dipraktikkan agar pengemudi wanita dapat terhindar dari tindak kejahatan di jalanan.

Beberapa hal ini memang terlihat sepele sehingga kadang dianggap remeh oleh pengemudi wanita. Yuk mulai sekarang lakukan beberapa langkah sederhana untuk keamanan saat berkendara di malam hari.

Mengetahui rute perjalanan

Sebelum memulai perjalanan dengan mobil, lebih baik mencari tahu rute-rute yang akan dilalui. Terutama jika berkendara di atas pukul 21.00 WIB karena biasanya sejumlah jalanan akan mulai sepi dan rawan kejahatan.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Sudah Diberlakukan Secara Penuh, Awas Kena Tilang

Siapkan juga rute alternatif sebagai cadangan jika ada kendala di rute utama. Pastikan juga setiap rute yang dipilih adalah jalan raya utama yang cukup besar dan ramai untuk meminimalkan risiko kejahatan jalanan.

cara bikin SKCK

Kantor polisi

Saat memilih rute, sebaiknya memilih rute yang melewati kantor polisi (misal Polsek, Polres atau Polda), kantor militer (Kodim, Koramil, Kostrad, dll) ataupun kantor dinas pemadam kebakaran. 

Lokasi-lokasi tersebut dipastikan selalu siaga 24 jam untuk keadaan darurat. Kamu bisa meminta pertolongan di sana jika situasi darurat terjadi.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Isi Bensin, Siang Atau Malam Hari?

Ingat dan siapkan juga rute yang melalui rumah sakit, bengkel, stasiun bahan bakar, untuk menjaga-jaga kondisi yang memerlukan pertolongan segera. Tempat-tempat tersebut juga menjadi lokasi paling aman untuk meminta pertolongan darurat.

baut velg mobil

Kondisi kendaraan

Periksa juga kondisi mobil sebelum berkendara. Periksa tekanan angin, kecukupan bahan bakar, fungsi lampu rem dan sein, lampu hazard, alat keselamatan darurat dan pastikan membawa senter saat berkendara di malam hari.

Dengan memastikan semua kondisi dan peralatan keselamatan tersedia lengkap, kamu membuat risiko untuk berhenti di tengah jalan berkurang. Kondisi berhenti di tengah perjalanan apalagi bagi pengemudi wanita amat rentan mengundang perilaku kejahatan.

posisi mengemudi ideal

Kabarkan situasi perjalanan

Perkirakan waktu tempuh perjalanan, kabarkan waktu berangkat kepada sanak keluarga agar dapat ikut memantau kondisi.

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Memperkirakan lamanya perjalanan dapat diperoleh melalui aplikasi petunjuk jalan atau peta. Dengan melihat perkiraan waktu, kamu dapat memperkirakan juga waktu untuk sampai di tempat tujuan.

tips aman berkendara

Konsentrasi penuh

Saat berkendara di malam hari, umumnya tubuh mudah lelah dan kehilangan konsentrasi. Hal ini dapat membuat laju kendaraan tidak stabil dan mengundang perhatian pelaku kejahatan

Usahakan untuk mengendalikan kendaraan secara stabil agar tidak terkesan bingung atau mengantuk.

Untuk menjaga tingkat konsentrasi, sebaiknya hindari aktivitas makan dan minum 1 jam sebelum perjalanan. Mengecilkan hembusan AC juga dapat membantu tubuh tetap segar dan konsentrasi  terjaga selama berkendara. 

Sembunyikan barang berharga

Letakkan tas, barang berharga di bawah jok mobil atau pada kompartemen penyimpanan lain. Barang-barang ini dapat menimbulkan niat jahat pelaku kriminal jika mudah terlihat.

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Hindari meletakkan tas atau barang berharga seperti notebook, smartphone, hingga perhiasan berharga di atas dasbor, di atas jok, atau memangkunya saat berkendara. 

tips aman berkendara

Pasang dashcam

Memasang dashcam alias kamera dasbor dapat menjadi solusi untuk keamanan berkendara di malam hari. Dashcam dapat merekam aktivitas berkendara dan dijadikan barang bukti jika terjadi tindak kejahatan di jalan.

Saat ini dashcam dapat dipasang di toko-toko aksesoris kendaraan. Harganya juga terjangkau mulai Rp 1,5 juta dengan kapasitas penyimpanan data 32 GB untuk merekam video kualitas HD (high definition) dengan durasi 4 jam.

rest area dengan SPBU

Tips darurat

Harap diingat, dalam kondisi darurat sebaiknya tidak berhenti di tempat yang sepi dan kondisi penerangan kurang. Jangan juga mudah untuk keluar dari kendaraan. 

Saat terjadi kondisi darurat, tetap duduk tenang di balik kemudi, pastikan jendela dan pintu mobil terkunci. Hubungi nomor telepon darurat dari smartphone, dan nyalakan lampu hazard sambil menunggu pertolongan tiba.

Baca juga: Biaya Pasang GPS Mobil dan Fungsi Utamanya

Dengan tetap tenang saat situasi darurat terjadi, kamu akan dapat berpikir dan bertindak dengan tepat. Situasi pikiran yang panik dan kalut justru membuat kamu kehilangan daya nalar untuk berpikir kritis dan jernih.

Yuk, ikuti langkah sederhana sebagai tips aman berkendara malam hari khususnya bagi pengemudi wanita. Lebih baik mencegah, daripada mengobati bukan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.