Kunci Keyless Mobil Tidak Bisa Konek, Bagaimana Solusinya?

Kunci keyless mobil menjadi salah satu teknologi yang memudahkan pengendara. Namun, jika bermasalah bagaimana solusinya ya?

kunci keyless mobil

Kunci keyless mobil memang bisa menjadi alat untuk mempermudah pengendara ketika akan mengunci dan membuka pintu. Benda ini juga bisa diandalkan untuk menyalakan alarm pada mobil. 

Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sinyal (transmitter dan receiver). Itulah mengapa kunci keyless ini biasanya dilengkapi dengan sebuah smart key (remote keyless) yang berfungsi untuk menggantikan kunci konvensional.

Sinyal tersebut nantinya akan terbaca oleh receiver yang terdapat pada pintu ataupun start button. Namun seiring berjalannya waktu, terkadang remote mobil ini mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik.

Solusi kunci keyless mobil bermasalah

keyless mobil

Pada saat kunci keyless mobil tidak berfungsi atau bermasalah, terdapat beberapa solusi yang bisa dilakukan. Apa saja itu?

Lihat buku panduan mobil

Ketika kunci keyless tidak berfungsi, pemilik bisa langsung mengecek buku panduan yang ada. Dalam buku panduan, biasanya terdapat informasi mengenai cara mengatasi kerusakan pada remote tersebut.

Baca juga: Mengenal Jenis Kunci Pengaman Mobil, dari Harga dan Bentuknya

Pada umumnya jika kerusakan yang terjadi cukup ringan, pemilik bisa langsung mengatasinya sendiri tanpa harus menggunakan bantuan atau melakukan servis. Jadi, ikutilah setiap langkah yang dituliskan dalam buku panduan tersebut.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah yang ada di buku panduan tetapi masih tidak berfungsi, sebaiknya jangan langsung membongkar remote sendiri. Hal ini bisa memperparah kerusakan yang terjadi. 

Cek baterai keyless mobil

kunci keyless mobil

Solusi selanjutnya adalah mengecek baterai keyless mobil. Bisa jadi remote tidak berfungsi karena harus melakukan penggantian pada komponen baterai. Baterai ini biasanya memiliki masa pakai kurang lebih selama 3 tahun.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

Untuk mengecek apakah kondisi baterai masih bagus atau tidak, pemilik mobil tinggal menekan tombol alarm. Jika suara alarm yang dihasilkan lemah, itu mengindikasikan bahwa baterai keyless mobil sudah lemah 

Jika ingin melakukan penggantian, bisa coba membuka penutup baterai yang terdapat pada bagian belakang remote menggunakan obeng. Setelah itu, pilih baterai baru yang memang sesuai. 

Cek seluruh tombol pada remote

tombol keyless

Jika keyless tidak berfungsi, pemilik bisa coba untuk mengecek setiap tombol pada remote. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah semua tombol yang ada pada remote berfungsi atau tidak. 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Copot Plat Nomor Bisa Kena Sanksi dan Penyitaan

Apabila terdapat tombol tertentu yang tidak berfungsi padahal sudah mengganti baterai remote kemungkinan keyless tidak berfungsi karena ada tombol yang rusak. 

Lihat jalur kabel

jalur keyless

Cara lain untuk mengecek kunci keyless mobil yang tidak berfungsi adalah dengan mengecek jalur kabel. Biasanya ini terjadi ketika baterai remote sudah diganti tetapi keyless masih bermasalah kemungkinan ada salah satu fungsi remote yang bermasalah. 

Jika ini yang terjadi, solusinya adalah dengan mengganti dengan unit remote yang baru. Tidak perlu khawatir karena bengkel mobil terdekat sudah bisa menyediakan produk yang dicari sehingga kunci keyless mobil bisa kembali berfungsi dengan baik.

Mengecek frekuensi di dekat mobil

frekuensi  keyless

Terdapat satu hal yang bisa memengaruhi fungsi kunci keyless mobil yaitu frekuensi yang ada di sekitarnya. Jika mobil berada di sekitar tower listrik atau tower pemancar radio maka hal ini bisa menyebabkan remote bermasalah.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengurus Kir untuk Mobil Double Cabin?

Kalau ini yang terjadi, kemungkinan besar tidak memerlukan servis apapun. Tinggal dekatkan saja remote ke mobil dan tunggu sampai bisa berfungsi dengan normal kembali atau menjauh dari area tower tersebut.

Melakukan servis di bengkel

bengkel

Kerusakan parah pada kunci keyless mobil biasanya tidak bisa ditangani sendiri di rumah. Untuk itu, perlu dibawa ke bengkel yang memang menyediakan jasa untuk memperbaikinya. 

Biaya untuk perbaikannya juga bisa sangat bervariasi tergantung dari kerusakan yang dialami. Namun, secara umum biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp150 ribu-Rp300 ribu dengan waktu perbaikan yang cukup cepat.

Baca juga: Mobil Operasional Perusahaan, Mending Beli Baru atau Bekas?

Namun, satu yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk melakukan servis di bengkel yang memang terpercaya ya agar kunci keyless mobil bisa kembali berfungsi normal. Dengan begitu, biaya yang sudah dikeluarkan pun tidak akan menjadi sia-sia.