Tips & Rekomendasi

Mobil Operasional Perusahaan, Mending Beli Baru atau Bekas?

Mobil operasional adalah faktor penting untuk menunjang kinerja sebuah perusahaan. Baiknya, beli yang bekas atau baru ya?

mobil operasional

Mobil operasional sebuah perusahaan memang sebaiknya menggunakan armada kendaraan yang baru. Kenapa harus begitu?

Simak ya, ini adalah sejumlah alasan bagi perusahaan untuk membeli mobil operasional yang masih gress.

Alasan membeli mobil operasional baru

Alasan membeli mobil operasional baru 

Membeli mobil operasional baru tentu saja menguntungkan karena perusahaan akan mendapat keuntungan dari risiko kerusakan dan tingginya biaya perawatan. Karena pada umumnya, mobil baru sangat kecil alami kerusakan saat digunakan.

Baca juga: Service Mobil di Bulan Pertama, Apa Saja Pentingnya?

Selain itu, hingga tahun pertama garansi dan gratis biaya jasa servis masih berlaku. Ini jelas menjadi faktor yang dapat menguntungkan perusahaan.

Mobil operasional identitas perusahaan

garansi mobil

Membeli mobil operasional bekas, berisiko mogok, rusak atau dalam kondisi yang tidak lagi terawat. Jika digunakan sebagai kendaraan dinas ini tentu bisa mempengaruhi citra perusahaan.

Agar citra perusahaan tetap terjaga, membeli mobil operasional yang baru jelas menjadi hal yang tepat. Tidak mau kan jika citra perusahaan jatuh hanya karena ingin berhemat tetapi salah memilih kondisi mobil?

Premi asuransi terjangkau

tips memilih asuransi mobil

Keuntungan lain membeli mobil yang baru adalah tentu saja memperoleh asuransi mobil yang terjangkau. Untuk diketahui, premi asuransi mobil bekas biasanya lebih mahal daripada mobil yang baru.

Baca juga: Mobil Ringsek Karena Kecelakaan, Bisa Klaim Asuransi?

Dengan adanya asuransi yang terjangkau tersebut maka perusahaan akan diuntungkan secara finansial. Plus, tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil operasional karena semua risiko tertanggung dalam preminya. Mantap kan?

Irit BBM

mobil operasional irit BBM

Keuntungan lainnya adalah soal irit BBM. Mobil baru dengan mesin yang prima, tentu saja memiliki kinerja yang optimal sehingga dapat irit konsumsi BBM. Hal ini penting sebab mobil operasional biasanya dipakai sehari-hari untuk mendukung aktivitas perusahaan.

Dengan konsumsi BBM yang efisien, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan irit biaya operasional. 

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Beberapa jenis mobil seperti mobil-mobil LCGC (Low Cost Green Car) telah terbukti dapat mengkonsumsi bahan bakar yang lebih irit. Misalnya Toyota New Agya, Toyota New Calya, Daihatsu New Ayla, serta Daihatsu New Sigra terkenal irit bahan bakar.

Mobil-mobil tersebut rata-rata punya catatan konsumsi BBM di jalanan dalam kota sekitar 16 kilometer per liter. Sangat irit bukan?

Pilihan dapat juga dijatuhkan pada mobil “Sejuta Umat” yang terkenal irit dan bermesin bandel. Misalnya Si Kembar Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia. Konsumsi bensin keduanya untuk pemakaian di dalam kota berkisar 14 kilometer per liter BBM.

Harga mobil baru bersaing

Alasan lain yang perlu dipertimbangkan adalah harga jual kembali mobil operasional baru masih tinggi. Lazim diketahui bahwa usia pakai kendaraan operasional berkisar 3-5 tahun. Setelah itu perusahaan akan menjualnya dan mengganti dengan unit baru.

Baca juga: Cicilan Mobil Terjangkau, Bagaimana Cara Hitungnya?

Nah, dengan membeli kendaraan baru, maka perusahaan masih akan mendapatkan keuntungan saat akan dijual kembali. Apalagi jika kendaraan tersebut bermerek Toyota dan Daihatsu yang telah terbukti memiliki harga jual kembali yang menguntungkan.

Rekomendasi mobil operasional

Toyota Hiace

Alasan terakhir dalam memilih kendaraan operasional adalah menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bagi kamu yang memiliki usaha di bidang travel, memilih mobil dengan kapasitas lega dan bermesin tangguh wajib dipertimbangkan.

Pilihan mobil untuk perusahaan travel misalnya Toyota Hiace Premio, dapat menampung hingga 12 orang, dibekali mesin tangguh 2.755cc berkode 1GD-FTV, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC VNT Intercooler.

fitur toyota safety sense

Untuk mobil premiumnya, dapat juga menggunakan Toyota Vellfire atau Toyota New Alphard. Dengan kabin lega dan desain yang eksklusif, mobil-mobil ini bisa membantu meningkatkan citra perusahaan loh.

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi dan cargo, pilihan mobilnya adalah Daihatsu Granmax BV dan Daihatsu Granmax PU. Keduanya kini dibekali dengan mesin baru 1.500cc sehingga membuatnya lebih bertenaga dan efisien konsumsi BBM.

Jadi jelas ya, mengapa mobil operasional perusahaan sebaiknya membeli mobil baru? Awas Kena Gocek! Beli mobil baru yang #JelasDariAwal cuma di SEVA.

Kamu bisa manfaatkan fitur Instant Approval yang akan memberi persetujuan pembelian kredit secara cepat dalam hitungan menit. 

Selain itu ada fitur Loan Calculator yang dapat membantumu mendapatkan hitungan kredit kendaraan secara terjangkau sesuai kemampuan. Jadi tunggu apalagi? Segera beli mobil operasional bagi perusahaanmu sekarang juga.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi