Search Cars

Keuangan

Cicilan Mobil Terjangkau, Bagaimana Cara Hitungnya?

Memiliki cicilan mobil terjangkau bisa sangat membantu, apalagi di tengah ancaman resesi seperti sekarang. Bagaimana caranya?

cicilan mobil terjangkau

Mendapatkan cicilan mobil terjangkau memang bisa sangat membantu jika sedang ingin melakukan kredit. Namun, untuk bisa mendapatkannya kamu bisa menghitung-hitung terlebih dulu sebelum membeli mobil agar cicilan tetap bisa sesuai dengan kemampuan. 

Sebelum mengunjungi dealer untuk membeli mobil, kamu bisa melakukan simulasi sendiri agar bisa mendapatkan gambaran mengenai besaran cicilan yang harus dibayarkan per bulannya nanti. 

Untuk lebih memahaminya, yuk cari tahu mengenai cara menghitungnya agar cicilan mobil terjangkau bisa kamu dapatkan. 

Cara menghitung cicilan mobil

cicilan mobil

Agar cicilan mobil terjangkau, pastikan kamu sudah tahu mobil apa yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Misalnya tipe dan harga mobil yang akan dipilih, tingkat suku bunga, serta biaya tambahan lain seperti biaya asuransi. 

Baca juga: Beli Mobil Daihatsu Budget 300 Juta, Dapat Apa Saja ya?

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara menghitungnya, ini contohnya: 

Kamu ingin membeli sebuah mobil seharga Rp 300 juta dengan uang muka 30% dari harga mobil. Tenor yang dipilih selama 5 tahun dan suku bunga kredit mobil flat 4.8%. Lantas, berapa cicilan mobil yang harus dibayarkan setiap bulannya? 

Dalam kredit mobil, inilah rumus yang bisa digunakan: 

  • Plafon pinjaman = harga mobil – uang muka
  • Angsuran pokok per bulan = plafon pinjaman / tenor
  • Angsuran bunga per bulan = (plafon pinjaman x suku bunga) / 12
  • Jumlah cicilan per bulan = angsuran pokok per bulan + angsuran bunga per bulan

Lalu untuk perhitungan lengkapnya adalah: 

  • Plafon pinjaman = Rp300.000.000 – Rp90.000.000 = Rp210.000.000
  • Angsuran pokok per bulan = Rp210.000.000 / 60 = Rp3.500.000
  • Angsuran bunga per bulan = (Rp210.000.000 x 4.8%) / 12 = Rp840.000
  • Jumlah cicilan per bulan = Rp3.500.000 + Rp840.000 = Rp4.340.000

Jadi, cicilan mobil yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp4.340.000. 

Tips mendapatkan kredit mobil termurah

kredit mobil termurah

Setelah mengetahui cara menghitung cicilan mobil tadi, kamu mungkin sudah mendapat bayangan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. 

Baca juga: Mobil Toyota Harga 300 Jutaan Bisa Dapat Apa Saja?

Jika kamu merasa cicilan tersebut masih mahal, bisa menggunakan tips lain agar mendapatkan kredit mobil termurah. Caranya adalah: 

Pilih mobil yang sesuai

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pilih mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya karena keinginan semata. 

Sesuaikan mobil yang ingin dibeli tersebut dengan budget yang memang kamu miliki. Jangan sampai memaksakan untuk membeli sebuah mobil tapi mengorbankan kebutuhan-kebutuhan utama lain. 

Melakukan survei

melakukan survei

Jika sudah menentukan mobil, sediakan waktu luang untuk melakukan survei kecil-kecilan mengenai harga mobil yang akan dibeli tersebut. Biasanya setiap dealer mobil memberikan penawaran yang menarik dan beragam. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota All New Vios, Terjangkau!

Pilihlah dealer yang bisa memberikan berbagai keuntungan, seperti diskon atau cashback yang diberikan setiap melakukan pembelian mobil. 

Jangan pilih tenor yang terlalu lama

tenor terlalu lama

Melakukan pembelian dengan cara kredit mobil mungkin sering dijadikan pilihan karena adanya program cicilan. Namun, sebaiknya jangan memilih tenor yang terlalu lama karena ada bunga bulanan yang semakin tinggi. 

Semakin lama tenor yang dipilih, semakin tinggi bunga cicilan yang harus dibayarkan. Bahkan, total untuk membayar sebuah mobil bisa 2 kali lipat harga aslinya jika memilih tenor yang terlalu lama. 

Mengecek di internet

cek internet

Daripada bingung untuk mengecek sendiri cicilan mobil yang akan dipilih, kamu bisa langsung menggunakan fitur simulasi cicilan yang banyak tersedia di internet. Salah satunya adalah melalui SEVA dengan fitur yang bernama Loan Calculator. 

Baca juga: Pakai Simulasi Kredit Mobil, Emang Bisa Bikin Hemat?

Fitur Loan Calculator ini bisa melakukan simulasi langsung pembelian mobil yang akan dipilih. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan dengan bijak kendaraan yang akan dibeli tanpa adanya kendala di masa yang akan datang. 

Selain fitur tadi, SEVA juga memiliki fitur unggulan lainnya yaitu Instant Approval yang bisa membantumu untuk memeriksa kondisi finansial terlebih dulu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan pilihan mobil yang sesuai dengan kemampuan.

Jadi, kalau mau beli mobil tinggal SatSet aja ya dan pastinya pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.