Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kamera Parkir Mobil Rusak, Berapa Biaya Perbaikannya?

Kamera parkir mobil rusak tentu bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Jika diperbaiki, berapa kira-kira biayanya?

kamera parkir mobil rusak

Saat kamera parkir mobil rusak, pengemudi terutama yang masih baru belajar pastinya akan mengalami kesulitan. Apalagi fungsinya juga cukup penting, yaitu untuk membantu pengemudi mengetahui objek yang ada di belakang mobilnya. 

Mengingat fungsinya yang cukup penting tersebut, mobil-mobil keluaran terbaru banyak yang sudah menggunakannya. Sama seperti komponen mobil lainnya, kamera parkir mobil ini juga bisa mengalami kerusakan dan harus dilakukan perbaikan. 

Berapa ya kira-kira biayanya untuk melakukan perbaikan? 

Biaya perbaikan kamera mobil rusak

kamera parkir

Untuk biaya perbaikan kamera mobil rusak, biasanya sekitar Rp 650 ribu. Rincian lengkap dari biaya tersebut adalah Rp 350 ribu untuk sensor parkir sekaligus pemasangannya dan kamera parkir yang harganya Rp 300 ribu. 

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Akan tetapi, untuk pemasangan kamera parkir mundur pastikan terlebih dulu jika mobil memang sudah memiliki  yang sudah dilengkapi dengan layar LCD. Jika mobil belum memiliki layar LCD maka bisa mengganti terlebih dulu  dengan spesifikasi yang sesuai. 

Harga yang dikeluarkan tersebut biasanya sudah mendapatkan sensor parkir dan kamera parkir mundur dengan kualitas yang mumpuni. Namun jika ingin mendapatkan yang lebih bagus lagi, maka harganya juga akan lebih mahal. 

Cara memasang kamera parkir mobil

kamera parkir mobil

Jika kamera parkir mobil rusak sudah diperbaiki, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemasangan. Pastikan  sudah terpasang dengan layar untuk memasang kamera. 

Baca juga: Tips Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan

Pemasangan kamera parkir mobil ini memang cukup sulit, sehingga bisa memilih untuk menggunakan jasa bengkel. Namun, jika tetap ingin memasangnya sendiri ada beberapa cara yang perlu dilakukan: 

1. Siapkan kamera belakang

Hal pertama yang harus disiapkan adalah pastikan sudah ada kamera belakang saat akan memasangnya. Cukup mudah untuk mendapatkannya, bisa membeli di toko aksesoris mobil baik secara offline maupun online. 

Pilih jenis kamera yang sesuai dengan mobil dan mudah dipasang pada mobil. Bisa juga memilih kamera yang sudah dilengkapi bracket agar lebih awet saat digunakan. 

2. Lepas headunit

head unit

Selanjutnya adalah dengan melepas  yang terpasang di mobil. Jangan lupa juga pastikan  sudah berupa layar LCD karena  yang masih berbentuk single din tidak dipasang kamera mundur. 

Baca juga: Ada 5 Jenis Parkir Mobil, Apa Kamu Sudah Tahu?

Agar tidak salah ketika melepas , sebaiknya bisa melihat petunjuk yang benar di buku manual yang disediakan. Ketika melepasnya, harus berhati-hati jangan sampai mematahkan klip yang ada karena akan sulit ketika akan melakukan pemasangan kembali.

Jika  berhasil dilepas dari dashboard, sambungkan kabel ke arah kamera dan LCD menggunakan reserve switch. Reserve switch ini akan otomatis berfungsi ketika transmisi kendaraan dipindahkan ke posisi mundur. 

3. Buka tutup pintu bagasi 

bagasi mobil

Untuk menyambungkan kabel dari kamera ke LCD, bisa melalui bagasi. Caranya adalah dengan membuka pintu bagasi mobil, lalu buka penutup yang berbahan plastik dan lepas baut-bautnya. 

Baca juga: Benarkah Mobil Parkir Mundur Lebih Aman?

Setelah tutup tersebut ada celah untuk memasukkan kabel dari kamera, masukkan ke sana. Kemudian sambungkan kabel dari kamera tersebut dengan ujung kabel yang sebelumnya telah disambungkan dengan monitor .

4. Pemasangan kamera parkir mobil

pasang kamera parkir mobil

Tahapan selanjutnya adalah menempelkan kamera pada bagian belakang mobil. Pada umumnya, kamera parkir mobil ini dipasang pada bagian atas pelat nomor yang ada di belakang. 

Saat memasangnya, harus dicek juga apakah posisi sudut pandang kamera sudah tepat. Caranya adalah dengan menghidupkan mesin mobil dan posisikan transmisi pada posisi mundur. 

Baca juga: Jarang Ganti Filter Oli Mobil, Ini Masalah yang Akan Mengintai

Cek tampilan yang ada di layar, jika sudut pandangnya belum tepat maka perbaiki lagi posisi kamera sampai mendapatkan sudut pandang yang sesuai. Jika sudah pas, tempelkan kamera ke bodi mobil dengan menggunakan double tape dan cable ties. 

Agar tidak gampang lepas, tambahkan juga baut pengencang sehingga kamera bisa selalu tetap berada di posisinya. 

5. Merapikan kabel-kabel

kabel mobil

Pada saat kamera sudah dipasang dengan baik dan benar, jangan lupa untuk merapikan kabel-kabel yang telah tersambung ini agar tidak berantakan. Bisa dengan menyelipkan kabel atau menyembunyikannya di karpet yang ada di lantai mobil. 

Baca juga: Bisa Membuat Tidak Dingin, Ketahui Tanda Kompresor AC Mobil Lemah

Nah, sekarang tidak perlu khawatir lagi kalau kamera parkir mobil rusak ya karena biaya penggantiannya pun cukup terjangkau dan bisa dipasang sendiri. Jadi, parkir mobil pun bisa lebih mudah dilakukan. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.