5 Alasan Pameran Mobil Selalu Disesaki Pengunjung

Kenapa ya tiap digelarnya pameran mobil selalu penuh? Apa saja yang jadi alasan pengunjung berbondong-bondong mendatanginya?

pameran mobil

Pameran mobil selalu menjadi ajang yang ramai dikunjungi oleh pengunjung. Padahal kalau boleh dibilang, mobil adalah barang mahal yang tidak mudah dibeli seperti layaknya membeli pakaian!

Di Indonesia, selain Indonesia International Motor Show (IIMS), ada juga Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sebagai pameran mobil yang rutin dihelat tiap tahunnya.

GIIAS 2022 sendiri akan segera digelar pada 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD. Tentunya ajang otomotif terbesar ini juga akan ramaikan dikunjungi oleh pengunjung, baik antusias otomotif atau sekedar mencari informasi terbaru.

Namun mengapa ya, pameran mobil selalu dihadiri pengunjung yang membludak? Apa kira-kira yang membuat antusiasme pengunjung memadati pameran otomotif?

pameran mobil

1 . Produk baru

Hal pertama yang membuat pameran selalu dipadati pengunjung tentu saja adalah hadirnya deretan produk terbaru. Tidak jarang, produk yang ditampilkan benar-benar belum pernah dipublikasikan sehingga membuat pengunjung penasaran.

Baca juga: Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

Melihat dari dekat deretan mobil dan motor terbaru, berkesempatan untuk mencoba dan merasakan suasana kabin tentu memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjung. 

Rasa puas dan senang biasanya bertambah ketika melihat godaan diskon dari harga-harga aksesoris aftermarket yang lumayan miring. 

peserta GIIAS 2022

2 . Tiket terjangkau

Faktor kedua yang membuat pameran khususnya event otomotif selalu diramaikan adalah harga tiket yang terbilang terjangkau. 

Baca juga: Alasan Beli Mobil di Pameran Lebih Menguntungkan

Harga tiket yang terjangkau tentu saja sudah diperhitungkan oleh panitia penyelenggara. Dengan banyaknya pengunjung yang hadir, tentu ada keuntungan tersendiri. Ya, sangat jarang pameran otomotif yang membanderol harga tiket masuknya tinggi-tinggi.

Selain untuk mengedukasi masyarakat yang datang ke pameran tersebut, panitia juga mendapatkan kesan penyelenggaraan pameran berlangsung sukses. 

Hal ini akan membawa kesan yang baik juga di mata peserta pameran sehingga dapat membantu mereka meningkatkan penjualan ke lebih banyak orang.

peserta GIIAS 2022

3 . Tanggal penyelenggaraan

Hal ketiga yang tidak bisa dipungkiri menjadi ukuran kesuksesan suatu pameran adalah pemilihan tanggal. Biasanya, pameran akan digelar di tanggal-tanggal strategis yang dinilai sebagai tanggal terbaik bagi calon pengunjung untuk dapat hadir.

Baca juga: Peserta GIIAS 2022 dan Prediksi Mobil Baru yang Akan Diluncurkan

Tanggal yang dipilih biasanya pada pertengahan sampai akhir bulan. Tanggal ini dianggap sebagai tanggal tepat karena sebagian besar calon pengunjung dan calon pembeli yang menghadiri pameran telah mendapatkan gaji bulanan. 

Ada juga penyelenggara pameran yang menggelar pamerannya pada awal bulan dengan alasan yang sama. Hal ini tentu sudah melalui riset terdahulu dan melihat karakter masyarakat di lokasi tempat pameran digelar. 

pameran mobil

4 . Pesta diskon dan harga khusus

Maraknya diskon dan banjir bonus adalah faktor berikutnya yang tidak bisa dilupakan dari sukses atau tidaknya suatu pameran. 

Baca juga: 7 Teknologi Mobil Masa Depan yang Bakal Dihadirkan Toyota

Diskon-diskon yang diberikan biasanya berupa diskon cicilan pertama, diskon DP ringan, diskon asuransi sampai diskon pembelian aksesoris tambahan. Apalagi pada pameran biasanya ada godaan harga spesial. 

Pemberian harga spesial ini biasanya adalah di luar diskon dan bonus-bonus lain. Dengan dalih untuk membuat pengunjung tertarik melakukan transaksi, peserta pameran kerap memasang bandrol ‘harga khusus pameran’ sebagai senjata pamungkas.

Hal ini sangat lumrah, mengingat biasanya para peserta pameran menargetkan penjualan setinggi-tingginya selama pameran berlangsung.

pameran mobil

5 . Rekreasional

Alasan terakhir dari ramainya suatu pameran, karena biasanya ajang pameran mobil kerap menjadi tempat alternatif berekreasi bersama keluarga. 

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Selain tempatnya nyaman, di ajang pameran tidak hanya melulu menampilkan display produk.Pada ajang pameran biasanya juga banyak memberikan gimmick atau merchandise untuk pengunjung. Ini tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi pengunjung.

Faktor pelengkap juga menjadi nilai tambah ajang pameran. Saat ini banyak tempat pameran yang juga menyediakan banyak fasilitas memadai.

beli mobil di pameran

Misal adanya akses khusus bagi kaum difabel, ruang pameran full AC, lahan parkir luas, tersedianya area food court, sampai lokasi mushola untuk melaksanakan shalat bagi pengunjungnya. 

Baca juga: Kenapa Pajak Mobil Tua Semakin Lama Semakin Murah?

Kelengkapan fasilitas pendukung ini juga menjadi faktor yang membuat pengunjung mau berbondong-bondong mendatanginya bersama keluarga dan kerabat. 

Sederet alasan-alasan itu membuat pameran mobil selalu ramai pengunjung. Jadi gimana, sudah menentukan tanggal untuk mengunjungi pameran mobil terdekat, GIIAS 2022? 

Dapatkan banyak penawaran menarik, dan jadi saksi dari peluncuran mobil-mobil terbaru, mobil listrik hingga produk sepeda motor paling gres di ajang tersebut. Jangan lupa ajak teman dan keluarga ke sana ya!