Peserta GIIAS 2022 dan Prediksi Mobil Baru yang Akan Diluncurkan

Para peserta GIIAS 2022 diperkirakan meluncurkan produk barunya. Penasaran mobil apa saja yang bakal rilis? Ini prediksinya!

peserta GIIAS 2022

Sebanyak 25 peserta GIIAS 2022 sepertinya sudah tidak sabar lagi untuk unjuk gigi dan menampilkan produk-produk terbarunya.

Hal ini lumrah, mengingat sebagai pameran otomotif skala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dihelat 11-21 Agustus 2022 biasanya memang menjadi ajang adu pamer produk mobil teranyar.   

Penasaran dengan rilisan terbaru dalam ajang GIIAS 2022 di (International Convention Exhibition) ICE BSD, Tangerang Selatan? Yuk, langsung kulik kira-kira prediksi mobil baru apa saja yang bakal ada. 

mobil listrik toyota

Toyota

Sebagai pabrikan roda empat terbesar Tanah Air, kehadiran produk baru Toyota New Kijang Innova Hybrid sepertinya tidak disangsikan lagi akan terealisasi di GIIAS 2022. 

Baca juga: Alasan Beli Mobil di Pameran Lebih Menguntungkan

Seperti diketahui, deretan mobil hybrid keluaran Toyota sudah cukup banyak, sebut saja Toyota All New Camry, Toyota All New Corolla Cross, Toyota All New Corolla Altis hingga sang pionirnya, Toyota Prius.  

Momen peluncuran mobil hybrid atau bahkan mobil listrik Toyota kali ini dianggap tepat mengingat era elektrifikasi kendaraan sudah mulai gencar dilakukan oleh sejumlah ATPM lainnya. 

Sebelumnya pada ajang IIMS 2022, Toyota juga telah mengenalkan mobil listrik konsepnya yang diberi nama Kijang Innova EV Concept. Menarik menunggu produk-produk elektrifikasi paling mutakhir dari Toyota kali ini.

daihatsu konsep

Daihatsu

Kabar bakal diluncurkannya Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022 juga menambah seru perhelatan tersebut. Tidak hanya itu, kembaran Rocky yaitu Toyota Raize pun kabarnya akan dirilis dengan versi hybrid di sini. Keren!

Baca juga: Siap-Siap, Catat Jadwal GIIAS 2022 di Jakarta dan Kota Lainnya

Sebagai informasi, di negara asalnya Jepang, duet Daihatsu Rocky dan Toyota Raize versi hybrid menggunakan mesin 1.200 cc yang berfungsi sebagai generator. Sedang motor elektrik akan berperan sebagai penggerak roda. 

Teknologi itu kabarnya menambah sensasi duet kendaraan kembar itu sebagai mobil listrik bertorsi besar! Bahkan katanya, keduanya bisa menghemat BBM hingga 28 kilometer per liter. Dahsyat!

Lexus LX 600

Lexus

Kehadiran mobil-mobil listrik seakan makin marak dengan rilisan baru Lexus. Kabar menyebutkan jika produk-produk mobil elektrifikasinya siap dipamerkan di GIIAS 2022. 

Lexus siap pamer total semua deretan mobil ramah lingkungan jenis hybrid, PHEV, sampai BEV. Pastinya tiap produk mewah dan berkelas!

BMW X4 M Competition

BMW

Dikenal salah satu pabrikan Eropa yang selalu mengeluarkan produk-produk premium, BMW sepertinya bakal merilis kendaraan listrik premiumnya dengan BMW iX dan BMW i4 di ajang GIIAS 2022.

Baca juga: BMW 530i Touring M Sport Tampil Gagah dan Elegan

BMW iX bertipe SUV dan BMW i4 bertipe sedan. Keduanya dikatakan memiliki performa mumpuni sebagai mobil listrik bertenaga garang! 

Sebagai gambaran, BMW iX ini punya kembaran yakni BMW M60 yang mampu melejit dengan akselerasi 0-100 kilometer per jam dalam tempo 3,8 detik! SUV elektrik ini bahkan memiliki kecepatan maksimal 250 kilometer per jam!

Sementara BMW i4 dikategorikan sebagai sedan sport yang memiliki air suspension baru serta high opening tailgate tinggi sehingga memberikan akses mudah ke bagasi. Jika kursi baris keduanya dilipat, akan memberi ruang ekstra seluas 1.290 liter!

peserta GIIAS 2022

Mitsubishi

Pabrikan Jepang lainnya, Mitsubishi diperkirakan juga meluncurkan ‘anak emas’ mereka yaitu Mitsubishi Expander facelift 2022. 

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Kehadirannya sudah bocor melalui dokumen Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang dipatenkan tanggal 17 Desember 2021 lalu.

Meski belum ada info detail mengenai pembaruan yang dilakukan, harga serta spesifikasinya, namun kuat dugaan momen GIIAS 2022 akan menjadi ajang resmi perkenalan produk anyar tersebut. 

Dari rumor yang beredar, kabarnya akan ada 7 unit varian terbaru dengan tambahan warna dan aksesoris. Sementara harga mobil diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 10 jutaan dari versi sekarang.

peserta GIIAS 2022

Nissan

ATPM lain yang diperkirakan meluncurkan produk baru adalah Nissan dengan produk mobil listriknya, Nissan Sakura dan Nissan Note e-Power. 

Baca juga: Cara Kerja dan Fungsi Shift Lock Pada Mobil Matik

Nissan Sakura sendiri telah diperkenalkan di negaranya pada Mei 2022 kemarin. Desainnya hadir sebagai mobil listrik mungil yang menjadi tren kendaraan ramah lingkungan saat ini. 

Karena desainnya kecil, mobil ini hanya dibekali baterai berkapasitas 20 kWh, dengan tenaga puncak 64 daya kuda pada torsi maksimum 195 Nm.

Jarak tempuh maksimalnya sejauh 180 kilometer saja. Jadi mobil ini sepertinya cocok sebagai mobil dalam kota ya? Di Jepang, harganya sekitar 2,9 juta Yen atau kurang lebih Rp 325 jutaan.

Sementara Nissan Note e-Power bukan mobil baru sebenarnya di Indonesia. Konsepnya pernah dibawa ke dalam negeri untuk dites oleh awak media, beberapa saat yang lalu. 

Baca juga: Mesin Turbo vs Mesin Hybrid, Mana Mobil Paling Irit BBM?

Prediksi peluncurannya kali ini bocor setelah Nissan mendaftarkan hak paten dari Nissan Note e-Power di laman resmi Pangkalan Data Kekayaaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia. 

peserta GIIAS 2022

Honda

Salah satu pabrikan yang dipastikan meluncurkan produk anyarnya adalah Honda dengan Honda WR-V atau Honda ZR-V yang desainnya diturunkan dari SUV konsep Honda SUV RS.

Meski belum dipastikan merk dagang yang akan dipakai, namun diperkirakan mobil baru tersebut hadir dalam lima varian. Bocoran yang beredar mobil dengan kode DG47, tersedia dua varian yakni 1.5 E dan 1.5 RS bertransmisi manual. 

Baca juga: 7 Teknologi Mobil Masa Depan yang Bakal Dihadirkan Toyota

Sementara mobil baru berkode DG48 hadir dalam tiga varian yakni 1.5 E, 1.5 RS, dan 1.5 RS Z dengan transmisi CVT. Nah, jadi makin penasaran kan?

Subaru

Pabrikan lain yang tidak mau ketinggalan mengenalkan produk anyar adalah Subaru dengan produk Subaru BRZ dan Subaru XV. Pada awal Juni lalu, Subaru BRZ yang masuk kategori sedan sport tertangkap kamera digendong di atas sebuah truk.

Sementara Subaru XV adalah mobil SUV kelas entry level. Meski demikian kehadirannya dibekali oleh spesifikasi istimewa dengan mesin boxer. Kabarnya juga sebagai SUV telah dilengkapi dengan penggerak AWD, juga fitur keselamatan EyeSight dan Touring Assist.

peserta GIIAS 2022

Suzuki 

GIIAS 2022 juga sepertinya menjadi ajang pamer Suzuki dengan produknya Suzuki S-Presso. Mobil yang jadi penyegaran dari Suzuki Wagon R ini tertangkap kamera digendong truk di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Selain itu, datanya juga sudah terdaftar di DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual). Mobil hatchback yang mirip dengan saudaranya Suzuki Ignis terdaftar dengan nomor DID20211020609 sejak 25 Maret 2021.

Bagaimana dengan perkiraan spesifikasinya? Suzuki S-Presso sepertinya sudah mengadopsi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta sensor parkir.

Dengan body yang kecil, ada kemungkinan mesinnya tidak sampai 1.200 cc atau mungkin sama dengan mesin Karimun Wagon R. Harganya diperkirakan sekitar Rp 150 jutaan.  

Satu lagi yang diperkirakan meluncur anyar adalah Suzuki Baleno Facelift. Didatangkan langsung dari India mesinnya berkapasitas 1.500 cc, mirip dengan mesin Ertiga di Indonesia. 

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Tenaga yang dihasilkan adalah 103 daya kuda dengan torsi 138 Nm, bertransmisi manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan.

peserta GIIAS 2022

Mazda

Produk anyar juga diperkenalkan Mazda lewat Mazda CX-8 dan Mazda 2 Sedan tanggal 27 Juli kemarin. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menargetkan Mazda CX-8 dan Mazda 2 Sedan akan terjual puluhan unit.

Mazda CX-8 adalah SUV dengan mesin turbo 2.5 berkapasitas angkut 7 penumpang. Sementara Mazda 2 Sedan menggunakan mesin SkyActiv 1.496 cc DOHC dengan menggunakan transmisi SkyActiv Drive 6 percepatan otomatis dengan manual shift mode.

Baca juga: Lexus LX 600 Resmi Meluncur, SUV Mewah Sekaligus Tangguh

Mesin itu mampu memproduksi tenaga puncak 114 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi puncak 149 Nm pada putaran mesin 4.000 RPM. Penasaran dengan tampilan keduanya, langsung sambangi booth-nya  di GIIAS 2022.

Chery

Pabrikan asal China PT Chery Motor Indonesia (CMI) diperkirakan bakal resmikan kehadiran Chery Tiggo 7 Pro sebagai peserta GIIAS 2022. Sebelumnya telah dibawa pada ajang IIMS 2022 namun banderol harganya masih belum diungkap.

Baca juga: Modifikasi SUV Pakai Ban Offroad, Jangan Sembarangan Ya!

Mobil SUV dengan kapasitas 5 penumpang ini menggendong mesin 1.500 cc turbo. Sementara varian CVT dapat menghasilkan tenaga sampai 154 daya kuda pada torsi puncak 230 Nm.

peserta GIIAS 2022

KIA

Pabrikan asal Korsel KIA, diperkirakan bakal membawa deretan mobil listrik mereka di event kali ini. Kabarnya 1 mobil hybrid dan 2 mobil listrik akan muncul perdana. Selain itu, KIA Carens yang sempat dipamerkan di ajang IIMS 2022 juga sepertinya akan dibuka banderol harga resminya!

KIA Carens baru ini diperkirakan hadir dengan pilihan dua mesin yaitu bensin dan diesel, bahkan kabarnya dua jenis mesin itu memiliki teknologi turbo. Mesin bensin punya kapasitas 1.400 cc dengan transmisi dual clutch 7 percepatan.

Baca juga: 5 Tanda Power Steering Rusak dan Cara Memperbaikinya

Mesin dieselnya bervolume 1.500 cc dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Performanya diklaim bisa menghasilkan torsi 250 Nm pada 1.500–2.750 RPM dan tenaga maksimal 115 daya kuda di rotasi 4.000 RPM.

Selain itu KIA Sonet, KIA Seltos, KIA Carnival, KIA Sportage dan KIA Sorento versi hybrid dipastikan meramaikan booth sebagai peserta GIIAS 2022 kali ini.

DFSK

Pabrik mobil asal China ini kabarnya akan meluncurkan mobil listriknya, DFSK Gelora E. Sementara mobil listrik lain yaitu DFSK Fengguang Mini EV dan DFSK Seres juga diperkirakan meramaikan pameran.

MG Motors

Mobil listrik akan semakin ramai dengan kemunculan produk baru besutan MG Motors. Kabarnya, ada dua mobil yang akan diluncurkan mereka di GIIAS nanti. Salah satunya dijamin adalah kendaraan listrik murni.

Porsche

Mobil super Eropa Porsche juga berencana menyiapkan tiga model kendaraan sebagai peserta GIIAS 2022 kali ini. Fokus perhatian akan ditujukan pada Porsche EV Tycan Turbo, Porsche Cayenne Hybrid, dan Porsche 718 Cayman.

Baca juga: Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

Terlepas dari perkiraan lini kendaraan baru tersebut, sepertinya masih banyak pabrikan lain yang meluncurkan mobil anyar di sana. Bagaimana, menarik bukan kehadiran produk-produk baru otomotif tersebut? 

Tunggu apalagi, langsung bersiap dan kosongkan jadwal untuk mengunjungi peserta GIIAS 2022 sekarang juga!